Pinhome

Uncategorized

Tips Melakukan Kredit Rumah Tanpa Uang Muka

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejak dahulu hingga kini rumah menjadi kebutuhan primer. Dahulu, mendapatkan sebuah rumah impian dianggap mudah bagi sebagian orang, namun saat ini karena kondisi perekonomian Indonesia yang semakin menurun, mendapatkan sebuah rumah untuk berteduh sangatlah sulit. Maka tidak heran jika banyak orang yang sudah puluhan tahun mengontrak rumah tapi tidak bisa membeli rumah. Masalah ini tidak lain disebabkan karena setiap akan membeli rumah, masyarakat akan terkendala dengan uang muka yang cukup besar yang biasanya berkisar sekitar 10% dari harga rumah.

Lalu apakah ada cara melakukan kredit rumah tanpa DP atau uang muka? Hal ini sepertinya mustahil untuk dilakukan apalagi pada saat sekarang ini dimana uang menjadi salah satu komponen utama penopang sendi kehidupan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kredit rumah tanpa uang muka. Berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Membeli rumah di Developer Property Syariah

Berbeda dengan developer property non-syariah yang menjadikan profit sebagai tujuan utama bisnis, developer property syariah biasanya lebih memberikan kemudahan kepada calon pembeli dengan menawarkan rumah tanpa uang muka. Prinsip yang diterapkan oleh para developer property syariah adalah melakukan transaksi jual-beli rumah dengan menjamin ketenangan dan ketentraman calom pembeli. Selain tanpa uang muka, developer property syariah biasanya tidak akan memberi bunga, sanksi atau denda ketika memberikan kredit perumahan kepada calon pembeli. Bahkan, pihak mereka tidak akan melakukan penyitaan ketika terjadi masalah di kemudian hari terkait dengan pembayaran kredit rumah.

Sebelum membeli rumah, akan diadakan akad jual beli yang didasari oleh saling percaya dan saling ridho antara penjual dan pembeli. Kepercayaan yang diberikan oleh developer property syariah berupa bukti tentang catatan keuangan yang baik dari calon pembeli sehingga pihak developer bisa percaya. Setelah itu, barulah kredit perumahan tanpa uang muka bisa diajukan dan disetujui.

Saat ini, para developer property syariah telah banyak membuka cabang di berbagai kota besar yang ada di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Malang, Bogor, dan lain sebagainya. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kredit rumah tanpa DP, datang saja ke kantor developer tersebut.

2. Manfaatkan kesempatan dari persaingan para developer

Saat ini, developer perumahan sedang menjamur dimana-mana. Mereka saling berlomba-lomba dan bersaing untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya, mereka tidak akan segan-segan untuk memasang harga promo besar-besaran agar produk perumahan mereka menarik minat pembeli. Promo tersebut bisa berupa kredit rumah dengan pembayaran sistem kredit tanpa uang muka.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sistem kredit yang memakai sistem bunga bank. Apabila pihak developer menerapkan sistem bunga bank, maka cobalah mempertimbangkan kembali untuk memilih developer tersebut sebab bunga bank pasti akan memberikan masalah di kemudian hari.

3. Cari rekanan yang kaya

Selain tips di atas, cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kredit rumah tanpa uang muka adalah memanfaatkan kekuatan relasi. Biasanya, setiap orang memiliki kerabat atau relasi yang kaya raya yang memiliki usaha property perumahan. Cobalah untuk mengajukan pembelian rumah kepada mereka, siapa tahu mereka akan memberikan kredit rumah tanpa uang muka.

Tags :

Bagikan Artikel