Kamus Istilah Properti

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

istilah properti

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah jenis pinjaman yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan  jaminan.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

KTA
(Jakarta Globe)

Saat ini terdapat jenis layanan pinjaman yang disediakan oleh lembaga keuangan, salah satunya Kredit Tanpa Jaminan (KTA). KTA adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan, baik itu bank maupun fintech, dalam bentuk uang tunai tanpa memberikan jaminan apapun. 

KTA umumnya disediakan untuk berbagai keperluan, baik itu sebagai biaya pendidikan, renovasi rumah, membeli barang elektronik, modal kerja, dan lainnya.  

Walaupun tanpa jaminan, lembaga keuangan tetap bisa menilai kelayakan kredit calon debitur melalui Informasi Debitur (iDeb) dalam SLIK OJK atau dikenal sebagai BI Checking.

Keuntungan Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

(Ringgit Plus)

Ada beberapa alasan yang menjadi keuntungan KTA. Berikut ini beberapa diantaranya:

Lantaran Tanpa Jaminan jadi Prosesnya Lebih Mudah

Kalau Pins ingin mengajukan pinjaman tapi tak ingin menjaminkan aset, seperti rumah atau kendaraan maka KTA adalah jenis yang cocok untukmu. Sebab, Kredit Tanpa Agunan ini bisa diajukan sekalipun Pins tidak memiliki aset yang dapat diagunkan.

Karena itulah, pinjaman tanpa jaminan ini prosesnya jauh lebih mudah dan tidak memerlukan prosedur yang rumit.

Tidak Memerlukan Syarat yang Rumit

Di era berkembangnya teknologi, hanya bermodalkan KTP, Pins bisa mengajukan KTA di berbagai perusahaan financial technology (fintech). Pada perbankan pun, proses mengajukan Kredit Tanpa Agunan juga mudah. Pins hanya harus mengisi formulir serta menyerahkan syarat yang diminta saja.  

Dana Bisa Cair Dalam Waktu Cepat

Hal yang menarik dari Kredit Tanpa Agunan adalah pencairannya yang relatif cepat. Setelah mengajukan pinjaman dan menyerahkan syarat yang diminta, dana pinjaman bisa cair dalam waktu maksimal 24 jam saja, lho! 

Bahkan, kalau Pins mengajukan pinjaman di fintech, dana akan diterima dalam waktu hitungan menit setelah pinjaman disetujui. 

Kekurangan KTA Dibandingkan Jenis Pinjaman Lain

Sayangnya, jenis pinjaman ini memiliki sejumlah kekurangan yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Lantaran tidak adanya jaminan, maka bunga KTA lebih tinggi. Jadi, pastikan Pins sudah memahami dan siap untuk membayarnya, ya!
  • Produk kredit tanpa agunan memiliki limit yang lebih kecil. Di perbankan, pemberian limit KTA biasanya diukur dari limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur.
  • Karena limit yang kecil maka tenor KTA juga ikut dibuat pendek. 
  • Pada beberapa bank diharuskan memiliki kepemilikan kartu kredit selama 1 tahun. 

Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

(The Economic Times)

Lalu, bagaimana cara mengajukan KTA? Berikut ini langkah-langkahnya:

Syarat Umum Pengajuan KTA

Umumnya, masing-masing lembaga pembiayaan memiliki syarat yang sama dalam pengajuan KTA, yaitu sebagai berikut:

  • WNI
  • Umur 21-55 tahun
  • Memiliki pendapatan minimum per bulan sebesar Rp3 juta untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional (untuk pengajuan wilayah Jabodetabek)

Dokumen yang diperlukan 

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KTA adalah sebagai berikut: 

  • Foto kopi KTP suami dan atau Istri
  • Slip gaji terakhir atau Surat Keterangan dari Perusahaan untuk yang memiliki penghasilan tetap (karyawan) 
  • Foto kopi SIUP/SITU/Surat Izin Praktek & Akta Pendirian Perusahaan untuk wiraswasta dan profesional 
  • Rekening bank 
  • Foto kopi kartu kredit & tagihan satu bulan terakhir (Asli) 
  • Foto kopi NPWP pribadi  

Setelah melengkapi persyaratannya, Pins bisa langsung memilih tempat mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Usahakan kamu sudah membaca syarat dan ketentuan pinjaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Tips Ketika Ingin Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

(iMoney)

Kredit Tanpa Agunan harus digunakan sesuai kebutuhan dan secara bijaksana. Nah, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA di bank maupun di fintech, ada beberapa hal yang harus diketahui, antara lain:

Ketahui Bunga dan Biaya Komponen Lain

Masing-masing lembaga pembiayaan memiliki syarat dan ketentuan perhitungan bunga dan biaya yang bervariasi. Selain bunga, biasanya pinjaman memiliki komponen biaya lain yang biasanya ‘tersembunyi’.

Misalnya ada biaya administrasi, biaya service, atau biaya penanganan yang berimbas pada beban total kewajiban peminjam yang jadi lebih besar. 

Pelajari Kontrak Perjanjian

Sebelum mengajukan pengajuan pinjaman, Pins harus mempelajari kontrak perjanjian dengan cermat. Mengingat pinjaman ini tanpa agunan tapi bukan berarti perusahaan tidak bisa mengambil asetmu jika ternyata menunggak, lho! 

Pelajarilah hal ini dengan seksama, terutama pasal yang membahas mengenai konsekuensi saat menunggak KTA. 

Tetap Bisa Masuk Daftar Hitam Jika Menunggak

Walaupun jumlah pinjaman yang diajukan tidaklah besar, tetapi kalau Pins menunggak tetap bisa masuk dalam daftar hitam BI checking atau SLIK, lho. Pins. Ini akan membuat kamu tidak bisa mengambil pinjaman di masa depan lantaran catatan kredit yang buruk.

Bisa Didatangi Debt Collector

Masih terkait dengan menunggak, jika Pins tak memiliki iktikad baik atau tidak mampu membayar cicilan dalam kurun waktu tertentu, maka bank berhak melakukan proses penagihan. Penagihan ini bisa dialihkan kepada pihak ketiga dan mereka bisa mendatangi alamat rumah atau tempat kerjamu. 

Jadi, pastikan kalau Pins tidak bisa membayar cicilan, sampaikan dan minta keringanan waktu agar tidak didatangi secara langsung.

Bijaklah dalam Menggunakan KTA

Meskipun cara pengajuannya yang mudah, bukan berarti kita bisa menggunakannya sesuka hati, ya, Pins. Sebagai produk perbankan, KTA adalah menjadi solusi keuangan dengan cepat yang harus digunakan dengan bijak dan sesuaikan dana pinjaman dibutuhkan.

Usahakan kemampuan Pins dalam melunasi hutang tidak berbanding terbalik dengan kebutuhan yang dimiliki sehingga tidak akan menambah beban keuangan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.