Kamus Istilah Properti

Nilai Properti

istilah properti

Nilai Properti

Nilai properti adalah suatu proses penentuan nilai, baik nilai pasar, nilai investasi, nilai asuransi atau jenis nilai lainnya terhadap sebuah properti. 

Apa itu Nilai Properti? 

Nilai properti adalah suatu proses penentuan nilai, baik nilai pasar, nilai investasi, nilai asuransi atau jenis nilai lainnya terhadap sebuah properti. 

Kegiatan penilaian properti ini dilakukan oleh penilai properti oleh bank atau melalui pihak ketiga. Tugas seorang penilai properti akan melakukan perhitungan terhadap transaksi jual beli, pengajuan pinjaman ke Bank, Asuransi dan valuasi perusahaan dengan memperhatikan standar penilaian yang diberikan oleh asosiasi penilai profesional. 

Tujuannya untuk mengecek data yang sebenarnya antara dokumen pengajuan kredit yang diajukan dengan fakta yang ada di lapangan.

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Properti 

nilai properti
(Shutterstock)

Lokasi

Tentu Pins sudah sangat tahu kalau lokasi sangat mempengaruhi nilai sebuah properti. Harga tanah atau rumah tengah kota akan lebih mahal daripada di pinggiran kota.

Selain letaknya, kestrategisan sebuah properti juga akan mempengaruhi nilainya. Sebuah hunian yang dekat dengan jalan utama, pusat perbelanjaan, taman, sekolah, dan rumah sakit, tentu akan lebih mahal dibandingkan yang jauh dari seluruh fasilitas tersebut. 

Usia dan Model bangunan

Faktor yang mempengaruhi nilai property salah satunya adalah model dan usia bangunan. Bangunan yang dibangun dengan model baru, lebih banyak disukai oleh dibandingkan bangunan model lama.

Hal tersebut juga berlaku pada usia bangunan, semakin tua usianya, maka semakin sedikit juga peminat properti, sehingga mempengaruhi nilainya. Maka, kedua hal tadi tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

Faktor Ekonomi Wilayah 

Faktor ekonomi ini ditunjukkan dengan hubungan permintaan dan penawaran dengan kemampuan ekonomi suatu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya di kawasan tersebut. 

Harga properti umumnya mengikuti harga di pasarnya. Jika dalam suatu wilayah tertentu, harga properti cenderung naik, maka harga properti di wilayah tersebut turut naik. 

Karakteristik Penduduk 

Penduduk juga menentukan nilai properti sebuah kawasan. Faktor ini meliputi jumlah penduduk, jumlah keluarga, tingkat pendidikan, tingkat kejahatan dan lain-lain. 

Faktor ini membentuk pola penggunaan tanah pada suatu wilayah. Misalnya, harga wilayah di kawasan yang dikenal rawan kejahatan akan lebih rendah dibanding kawasan yang aman angka kriminalnya lebih rendah. 

Cara Menghitung Nilai Properti

1. Berdasarkan NJOP

Metode penilaian properti pertama diukur berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Cara ini termasuk paling mudah dalam menentukan harga properti wajar karena biasa menjadi patokan yang diakui pemerintah.

Nilai NJOP juga mempengaruhi besaran Pajak atas Bumi dan Bangunan (PBB). Di kota besar, biasanya nilai NJOP hanya sekitar 25% – 50% dari nilai asli property tersebut.

Sebagai contoh:

Pins akan mau menjual rumah dengan data sebagai berikut:

  • Luas Tanah: 70 m2
  • Luas Bangunan: 36 m2
  • NJOP tanah: Rp2.500.000 
  • NJOP bangnan: Rp2.500.000 

Maka total harga tanah adalah: 70 x Rp2.500.000 = Rp175.000.000.

Total harga harga bangunan: 36 x Rp2.500.000 = Rp90.000.000.

Maka patokan untuk nilai jual rumah tersebut yaitu: Rp175.000.00 + Rp90.000.000 = Rp265.000.000. 

2. Rata-rata Harga Sewa

Umumnya harga sewa sebuah properti sebesar 3-5% dari harga seharusnya. 

Misalnya, harga sewa sebuah rumah adalah Rp20 juta per tahun, maka harga pasaran rumah tersebut sekitar Rp300 juta hingga Rp500 juta. 

3. Tingkat kapitalisasi (capitalization rate atau cap rate)

Investor menggunakan tingkat kapitalisasi untuk menetapkan harga pembelian, sedangkan pihak penilai (appraisal) menggunakannya untuk menentukan nilai pasar.

Rumus cap rate diperoleh yaitu:

Tingkat kapitalisasi (cap rate) = Penghasilan Operasional Bersih : Harga Pembelian

Tips Mengetahui Nilai Properti

nilai properti
(Shutterstock)

Ketahui Harga Per Meter 

Pins bisa menentukan berapa nilai property berdasarkan ukuran properti yang dimiliki dengan cara memeriksa harga properti yang serupa dan berada di area yang sama.

Ini merupakan cara paling mudah karena Pins tak perlu repot-repot menghitungnya.  

Cari Perbandingan

Manfaatkan internet untuk membandingkan nilai property yang Pins miliki dengan property serupa. Memang harga akan akan bervariasi, tetapi Pins bisa mencari tahu penyebabnya sendiri. 

Terkadang property dipasarkan dengan nilai lebih tinggi karena pemiliknya mungkin tidak terburu-buru untuk menjualnya.  

Nilai Properti Bisa Ditingkatkan

Nilai properti (appraisal) adalah sesuatu yang bisa Pins tingkatkan. Agar nilai appraisal rumah menjadi lebih tinggi, cara paling mudahnya dengan melakukan renovasi.

Sebenarnya tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran, cukup memolesnya sedikit agar rumah terlihat lebih rapi dan cantik.  

Bertanya Pada Agen Properti

Pengetahuan seorang agen properti profesional mengenai nilai property di sebuah wilayah tertentu sangatlah tinggi. Mereka pasti tahu persis bagaimana kondisi pasar properti di Indonesia.

Gunakanlah keahlian mereka untuk memberi penilaian terhadap properti yang Pins miliki. Temui beberapa agen untuk menghitung rata-ratanya. Jika satu agen memberikan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan agen lainnya, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka bagaimana mereka mendapatkan angka tersebut.