Kamus Istilah Properti

Pengajuan

istilah properti

Pengajuan

Pengajuan adalah proses, perbuatan mengajukan; pengusulan; pengedepanana. (KBBI)

Apa itu Pengajuan Properti?

pengajuan
sumber: Alamy

Istilah pengajuan juga terdapat pada bidang properti lho. Pengajuan dalam dunia properti biasanya berhubungan dengan keuangan atau jenis properti itu sendiri. Beberapa contohnya adalah pengajuan KPR, pengajuan KPA, pengajuan pinjaman, pengajuan jenis unit properti dan lain sebagainya.


Jenis Pengajuan dalam Properti

Pengajuan 2
sumber: Alamy

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam dunia properti ada berbagai jenis pengajuan. Yuk kita bahas dengan lebih detail jenis-jenis pengajuan dalam properti tersebut.

  • Pengajuan KPR

Pengajuan yang paling sering dilakukan adalah pengajuan KPR. Mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dilakukan untuk meringankan seseorang dalam membayar besarnya biasa membeli rumah. Mengajukan KPR biasanya dilakukan ke bank-bank. Pengajuan ini bisa diterima ataupun ditolak.

  • Pengajuan KPA

Hampir sama dengan pengajuan KPR, namun pengajuan KPA adalah untuk pemilikan properti dalam bentuk apartemen. Pengajuan ini sifatnya juga bisa diterima atau ditolak oleh bank yang Pins tuju untuk pembiayaan.

  • Pengajuan Pinjaman

Untuk membeli sebuah properti, awalnya pasti memerlukan DP atau down payment. Namun, tidak semua orang mempunyai tabungan yang cukup dalam memenuhi dp tersebut. Maka dari itu, ada beberapa perusahaan atau bank yang memberikan pinjaman uang. Sebelum itu, Pins harus mengajukan pinjaman terlebih dahulu. Besarnya jumlah pinjaman biasanya tergantung dari status orang tersebut di mata OJK dan besarnya gaji sang pemohon.

  • Pengajuan Jenis Unit Properti

Saat membeli rumah, apartemen atau properti lainnya. Biasanya Pins bisa memilih properti nomor berapa yang ingin ditempati. Namun sebelumnya Pins harus mengajukan jenis unit properti yang diinginkan kepada developer atau pihak yang berkaitan.

Itulah informasi mengenai pengajuan, khususnya pengajuan dalam dunia properti yang harus Pins ketahui. Semoga informasi di atas berguna ya, Pins!