Kamus Istilah Properti

Lobby

istilah properti

Lobby

Lobby adalah tempat utama yang dapat didatangi orang pada sebuah bangunan atau gedung.

Apa Itu Lobby?

lobby
(World Trade Business)

Lobby mengacu pada ruangan utama di dalam bangunan yang menjadi tujuan pertama ketika orang datang ke bangunan tersebut. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lobi adalah ruang teras di dekat pintu masuk hotel (bioskop dan sebagainya), yang dilengkapi dengan perangkat meja kursi, yang berfungsi sebagai ruang duduk atau ruang tunggu.

Jika dilihat dari asal katanya, lobby berasal dari bahasa Latin yaitu ‘lobium’, yang berarti berjalan tertutup, atau serambi. Sebuah lobi juga merujuk padai ruang depan, ruang tunggu atau foyer. Istilah ini sudah digunakan sejak tahun 1640 sebagai ruangan masuk yang besar dalam gedung umum.

Selain itu, lobi juga dapat digunakan khusus untuk menyebut besar ruang yang berdekatan dengan ruang legislatif di mana ‘melobi’ dapat memiliki arti mengambil tempat atau berusaha mempengaruhi anggota legislatif.

Dalam Arsitektur, lobby adalah ruang peralihan yang umumnya menghubungkan pintu masuk gedung, terutama di hotel, apartemen, dan gedung perkantoran dengen ruang-ruang di dalamnya. 

Pada berbagai jenis bangunan, lobby adalah ruang utama yang menjadi tempat tujuan para tamu atau pengunjung agar bisa memperoleh akses sebelum memasuki ruangan lainnya. Misalnya, lobby hotel menjadi tempat para tamu untuk memperoleh kunci kamar.  

Maka dari itulah, biasanya lobi ditemukan di dekat pintu masuk ke gedung. Lobi gedung sering berfungsi sebagai “wajah publik” dari interior bangunan yang akan memberikan kesan pertama.

Fungsi Lobby pada Sebuah Bangunan

lobby
(Pinterest)

Lobi memiliki berbagai fungsi, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Menjadi pintu masuk yang digunakan untuk menyambut dan mengarahkan tamu atau pengunjung.
  • Titik untuk mengontrol akses masuk.
  • Ruang terakhir yang dilihat tamu sebelum meninggalkan gedung.
  • Menjadi ruang tunggu, misalnya pada hotel atau apartemen. Sehingga area ini sering ditambahkan sejumlah furnitur seperti kursi atau sofa yang nyaman, dan meja.
  • Desain dan fungsi lobi kantor saat ini telah berkembang menjadi ruang serba guna. Banyak perusahaan menggunakan lobi sebagai tempat bersosialisasi, membuat rencana, dan mempersiapkan hari kerja. 
  • Tempat yang digunakan public relation untuk membina hubungan baik dan membangun relasi dengan klien.
  • Tempat dari segala informasi dan layanan yang dibutuhkan para tamu dan pengunjung.
  • Menciptakan kesan pertama saat memasuki bangunan sehingga desain dan kenyamanannya harus diperhatikan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Lobby

design lobby
(Architectural Record)

Tata letak desain lobi adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan, mengingat area ini akan menciptakan kesan pertama pada bangunan secara keseluruhan. Lobby yang baik haruslah memperhatikan ruang sirkulasi dan perkiraan jumlah orang yang akan menggunakan lobi pada waktu tertentu.

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menyusun tata letak dan desain lobby:

Lantai Lobby

Pada bagian lantainya, sebaiknya Pins memasang ubin dibandingkan karpet. Hal ini karena lantai ubin paling mudah dirawat dan dijaga kebersihannya daripada karpet. Soal desainnya, saat ini ada banyak pilihan desain, warna, tekstur, dan motif lantai yang bisa disesuaikan tema bangunan. 

Lalu, penggunaan karpet tetap diperlukan pada tempat menyimpan furnitur seperti sofa dan meja. Pilih warna permadani atau motif yang selaras dengan warna dinding dan furnitur. Jangan lupa tempatkan keset dengan motif dan warna senada untuk menciptakan kesan yang baik.

Perawatan Dinding

Beralih pada bagian dinding, Pins bisa memilih mengecat dinding atau menambahkan wallpaper. Keduanya memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri. Desainnya pun beragam serta bisa menyesuaikan dengan konsep ruangan.

Sebagai perbandingan, berikut ini sejumlah kelebihan dan kekurangan cat dan wallpaper:

  • Dinding yang dicat mudah dicuci.
  • Cat lebih murah daripada wallpaper.
  • Pins dapat mengubah warna cat lebih mudah daripada mengganti wallpaper.
  • Wallpaper lebih tahan lama daripada cat. Bahkan, ada yang mampu bertahan hingga 15 tahun atau lebih.
  • Wallpaper menambah kedalaman dan kecanggihan pada desain lobi, serta memiliki daya tarik yang mewah.
  • Wallpaper mengisolasi dinding dan menyerap suara.

Tak hanya itu, Pins juga bisa melukis dan menambahkan mural pada bagian dinding, terutama jika ingin menyampaikan budaya daerah setempat . 

Warna Terbaik untuk Lobby  

Pins ingin menciptakan lobi yang nyaman? Pilih warna yang hangat, santai, dan ciptakan suasana ramah di dalamnya.. Pilihan warna yang paling populer adalah warna netral, seperti krem, abu-abu, dan putih.

Sebagai acuan, ini sejumlah kombinasi warna menghadirkan suasana ramah yang nyaman ke lobi.

  • Kuning mentega dan krem: Kombinasi ini memberikan dekorasi lobi yang cerah dan hangat. Pins bisa menggunakan dinding kuning atau krem ​​atau kombinasi dengan lis dinding. 
  • Biru dan cokelat: Warna yang bergolak, biru menjadi lebih hangat bila dipadukan dengan cokelat. Kombinasi warna ini adalah pilihan tepat untuk lobi yang dirancang untuk suasana yang menenangkan.
  • Hijau dan krem: Warna alam, hijau memiliki efek psikologis yang menenangkan yang membuat orang merasa nyaman.

Pencahayaan Sangat Penting

Pins akan membutuhkan lebih dari satu jenis pencahayaan untuk lobi. Untuk pencahayaan, Pins menambahkan lampu plafon yang tersembunyi, caranya tempatkan sakelar dengan pengatur waktu ini. Hal ini memungkinkan pencahayaan dapat diredupkan selama siang hari.

Tempatkan juga lampu meja, jika ada furnitur di lobi di setiap ujung meja. Kemudian lampu down-lighting memberikan pencahayaan langsung ke area tempat duduk. Atur juga pengelolaan pencahayaan alami dengan menambahkan jendela dan bukaan yang cukup. 

Gaya Perabotan

Sebagian besar lobi memiliki setidaknya sepasang kursi sebagai ruang tunggu. Pilih furnitur untuk mencerminkan gaya bangunan. Jika ruangan cukup luas, buat pengelompokan dengan sofa dan dua kursi dari arus lalu lintas utama masuk dan keluar gedung.

Kemudian, Pins dapat menambahkan perabotan lain untuk memberikan lobi desain yang lengkap. Beberapa elemen yang bisa ditambahkan di lobi seperti tanaman pot, pohon, rangkaian bunga, hingga lukisan atau gambar besar. Untuk memberikan kesan luas pada lobi secara visual dan menarik lebih banyak cahaya ke dalam ruangan, Pins bisa menambahkan cermin besar. 

Ide Desain Lobby untuk Kesan Pertama yang Baik

Sebagai gambaran, yuk simak beberapa ide desain lobi pada bangunan berikut ini:

Papan Petunjuk pada Lobi yang Memudahkan Navigasi

(iGuzzini)

Lobi yang indah tidak ada gunanya jika tidak berfungsi. Nah, layout lobby ini membuat pengunjung tidak akan kesulitan menavigasi. Miliki papan petunjuk yang mengarahkan pengunjung ke meja resepsionis. Sediakan ruang yang cukup untuk akses penyandang disabilitas.

Pastikan lift, kamar mandi, dan tujuan umum lainnya ditandai dengan jelas. Pertahankan garis yang jelas untuk pergerakan antara pintu masuk, meja resepsionis, lift, dan tujuan penting lainnya. 

Branding yang Kuat 

(The Optimus Consultant Group)

Selain kenyamanan dan kepraktisan, lobi harus mencerminkan merek dan nilai-nilai intinya. Maka, banyak perusahaan yang menampilkan citra merek misalnya, logo, foto, dan papan nama. Tak hanya itu, dekorasi serta palet warna harus sesuai dengan estetika merek. 

Pins dapat melihat contoh desain lobby kantor Amazon ini. Area ini dibuat dengan pesan merk yang kuat melalui logo dan warna yang seleras.  

Ruang Sosialisasi Bagi Para Pengunjung

(Restaurants by Accord)

Nah, jika Pins juga ingin menerapkan fungsi lobi sebagai ruang untuk bersosialisasi, maka ide ini bisa dicontek. Bahkan ini juga bisa menjadi ruang acara. Biasanya, konsep lobi seperti ini banyak ditemukan pada coworking space.

Tambahkan alunan musik, aneka camilan, dan mesin kopi untuk menambah keintiman pada ruangan lobi ini. 

Kesan Homey Memberikan Kenyamanan

lobby
(Arch Daily)

Suasana santai ruang tamu bisa dihadirkan pada lobi. Konsep ini akan menciptakan kesan yang hangat dan nyaman. Tempatkan sofa yang nyaman dan tempat duduk lounge yang berdekatan untuk suasana yang bersahabat. 

Kemudian, sertakan elemen desain biofilik seperti tanaman dan cahaya alami akan meningkatkan lobi menjadi ruang yang lebih sehat.

Hijau Alami Ciptakan Area yang Lebih Sehat

(Pinterest)

Desain interior yang dekat dengan alam kini sedang banyak diangkat oleh beberapa lobby kantor. Pins bisa menambahkan berbagai unsur hijau yang menjadikannya tampak sehat dan ramah lingkungan. 

Tanaman berdaun yang dijadikan dekorasi utama membuat ruangan tampak sejuk dan teduh. Supaya tampilannya semakin hidup, Pins bisa bermain warna cerah pada sofa, kursi, meja, dan berbagai dekorasi lainnya.

Lobby Industrialis

industrial lobby
(Pinterest)

Konsep interior dengan tema industrialis sudah banyak diterapkan pada berbagai lobby di seluruh dunia. Tampilannya yang indah dengan warna abu serta tekstur semen pada dinding dan lantai menciptakan kesan yang unik.  

Selain unik, siapapun yang berada di lobby ini akan merasa senang dan nyaman, terlebih jika ditambah dengan keramahan para pekerja di dalam bangunannya.  


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.