Kamus Istilah Properti

Jalusi

istilah properti

Jalusi

Jalusi merupakan panel-panel atau kisi-kisi yang berada di jendela. Jalusi juga bisa diartikan sebagai sekat-sekat pada jendela. Umumnya, pemasangan jalusi bisa secara vertikal atau horizontal. 

Mengenal Pengertian Jalusi 

Apabila kamu pernah melihat sebuah jendela dengan sekat yang berbentuk garis horizontal atau vertikal, maka itulah yang disebut jendela jalusi. Namun jika diartikan secara definisi jalusi sendiri merupakan panel yang ada pada jendela. Umumnya jalusi dibuat dari kayu, besi, plastik atau kaca. 

Fungsi Jalusi

Di dunia interior atau arsitektur, jalusi mempunyai fungsi beragam yang sangat bermanfaat. Berikut ini daftar fungsi jalusi yang perlu kamu ketahui,

Sebagai ventilasi udara di rumah

Apabila kamu ingin membuat ventilasi udara yang efektif dan berfungsi sebagai pelindung rumah, maka kamu bisa menggunakan jalusi. Namun, kamu perlu tahu bahwa jalusi sifatnya statis dan tidak bisa digerakkan secara fleksibel. Berbeda dengan tirai yang bisa digerakkan, jalusi umumnya dibuat menempel pada jendela dan tidak diberikan engsel untuk bergerak. Sebagai tambahan kamu bisa menambah jendela kaca, teralis atau tirai sebagai lapisan yang menutupi jalusi. Tujuannya agar rumah kamu aman di malam hari.

Sirkulasi udara pada pabrik

Pabrik membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar para pegawai di dalamnya bisa bernapas dengan baik. Pabrik cenderung berbentuk area tertutup yang penuh dengan alat-alat berat. Udara di dalam pabrik akan terasa sumpek ketika aliran udara tidak memadai. Menambahkan jalusi pada setiap sisi di dinding pabrik bisa memberikan keuntungan berupa sumber cahaya dan sumber udara yang baik.

Celah untuk cahaya matahari agar masuk ke rumah

Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, jalusi juga bisa memudahkan cahaya matahari agar masuk ke dalam rumah. Apabila kondisi rumah kamu gelap dan memiliki sumber cahaya yang kurang, maka jalusi bisa menjadi alternatif untuk menjadi celah cahaya.

Fungsi estetika 

Selain mempunyai fungsi teknis pada sebuah rumah atau bangunan, jalusi juga bisa memberikan fungsi estetika. Kamu bisa membuat jalusi yang disesuaikan dengan gaya atau desain interior rumah. Kamu bisa menggunakan bahan kayu, logam, besi, plastik atau bahan lain untuk memperindah jalusi di rumah.

Cara Merawat Jalusi

Sebagai bagian dari sebuah bangunan, jalusi pun perlu dibersihkan. Membersihkan jalusi mungkin akan terkesan sulit karena kamu harus bisa masuk ke sela-sela jalusi. Debu-debu dalam rumah biasanya akan masuk dan menempel pada celah tersebut. Nah, untuk membersihkan jalusi dan memastikan jendela jalusi tetap terawat dengan baik, silakan perhatikan tips berikut!

Persiapkan peralatan kebersihan

Untuk memulai membersihkan jalusi, siapkan dulu beberapa peralatan seperti lap kain, sikat kecil, kanebo dan air.

Basahi lap kain dengan air

Sebagai tips, pastikan kamu memperhatikan jarak saat memasang jalusi di rumah. Sela atau jarak yang terlalu sempit akan menyulitkan kamu saat membersihkan celah-celah tersebut. Nah, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membersihkan jalusi adalah mengelap bagian-bagian celah dengan lap kain basah. Pastikan kamu membersihkannya sehingga tidak ada debu yang menempel pada bagian tersebut. 

Gunakan kanebo untuk membersihkan bagian daun jendela

Untuk membersihkan bagian luar atau area yang mudah dicapai, ada baiknya kamu menggunakan kanebo basah supaya debu di sekitar terangkat. Hindari menggunakan koran untuk membersihkan jalusi, karena ini hanya akan menghasilkan sampah. Selain itu membersihkan jalusi dengan koran tidak akan efektif.

Keringkan jalusi

Setelah dibersihkan menggunakan lap basah, pastikan kamu juga menggunakan lap kering. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan sisi jalusi. Jika kamu masih menemukan debu yang menempel pada celah jalusi, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas dengan ujung kepala yang kecil. Ini akan mempermudah kamu dalam membersihkan celah yang sulit dicapai.

Pilih cairan pembersih yang tidak merusak bahan jalusi

Biasanya kamu akan menggunakan sabun atau larutan tambahan untuk membersihkan jalusi. Namun, kamu harus paham bahwa setiap bahan jalusi mempunyai kelemahan masing-masing terhadap zat kimia. Maka dari itu pastikan kamu memilih larutan pembersih yang aman dan tidak merusak bahan jalusi.

Desain Jalusi pada rumah

Beberapa contoh desain jalusi pada rumah yang bisa kamu jadikan referensi tersedia di sini. Yuk disimak bersama,

Jalusi Kayu

(Pinsdaddy.com) 

Contoh desain pertama dari jalusi adalah jalusi kayu. Kamu bisa memanfaatkan bahan kayu sebagai jendela jalusi. Pastikan kayu yang dipilih mempunyai kualitas yang baik seperti kayu jati. Hal ini agar jalusi awet ketika diterpa angin atau terkena air hujan secara terus-menerus. Selain itu membersihkan jalusi dengan bahan kayu juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengelap bagian jendela dengan lap basah. Gunakan larutan kimia yang aman untuk kayu sehingga tidak merusak cat dan jalusi.

Jalusi dari bahan besi 

(Arsitag)

Pada contoh berikut, kamu bisa melihat ada jalusi dengan bahan besi pada pintu di dekat kursi cokelat. Selain itu, ada juga jalusi yang diletakkan di bagian atas pintu. Umumnya peletakkan jalusi bisa di mana saja baik itu di bagian pintu, di atas pintu atau di jendela. Selama fungsi jalusi memberikan akses bagi udara dan cahaya untuk masuk, maka kamu bisa menempatkan jalusi sesuai keinginan kamu. 

Jalusi dengan fungsi ganda

(Selector com)

Ini adalah salah satu jalusi yang mempunyai fungsi ganda, selain berfungsi sebagai sekat, jendela dan sumber udara, jalusi ini juga berfungsi sebagai sumber cahaya di siang hari. Penempatan jalusi di area pojok dekat tangga akan sangat membantu penghuni rumah. Area pojok yang tidak mendapat cahaya biasanya akan gelap, dengan penempatan jalusi di sini maka wilayah tersebut akan lebih terang. 

Bagaimana Pins? Sudah mendapatkan gambaran dan inspirasi untuk membuat jalusi di rumah? Semoga informasi di atas berguna ya. 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Iko

Editor: Febrina