Kamus Istilah Properti

Ceiling

istilah properti

Ceiling

Ceiling adalah plafon atau langit-langit rumah. 

Apa Itu Ceiling?

(Architectural Digest)

Ceiling adalah plafon atau langit-langit rumah. Bagian ini juga disebut sebagai pagu, palas-palas, panggar, atau para-para.

Ceiling terdapat di dalam ruangan berupa permukaan interior yang menutupi lantai struktur atap di atas. Fungsi utamanya sebagai penutup rangka atap.

Langit-langit memiliki beragam desain yang selain menjadi batas juga bisa mempercantik ruangan. 

Bahkan, pada bangunan bersejarah, langit-langit sering menjadi ciri khas sebuah bangunan. Langit-langit memiliki dekorasi unik seperti lukisan fresko, ubin mosaik dan lainnya 

Jenis-jenis Ceiling Berdasarkan Modelnya

Ceiling atau plafon rumah memiliki dua variasi macam yang berbeda yaitu up ceiling dan drop ceiling. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Up Ceiling

(Beddo Design Concept)

Model plafon up ceiling adalah variasi bentuk plafon yang sebagian besar permukaannya terangkat keatas. Pins akan menemukan jenis ini di berbagai rumah dengan tema-tema minimalis. 

Jenis up ceiling ini memang diaplikasikan untuk mendapatkan ruangan yang terkesan lebih lega. Selain itu bentuknya pun dapat dibuat lebih menarik dengan menambahkan unsur pencahayaan baik langsung maupun tidak langsung. 

Pins bisa menambahkan LED Strips atau lampu halogen yang ditanam. Pencahayaan pada up ceiling dapat disembunyikan pada permukaan yang lebih rendah sehingga cahaya yang memantul dan lebih indah. 

Drop Ceiling

Variasi drop ceiling adalah plafon gantung berfungsi untuk mempercantik ruangan. Fungsi lainnya sebagai pembatas atau partisi antar satu ruang dengan ruang lainnya.

Selain itu, model drop ceiling juga mampu memberi aksen dalam hal pencahayaan dengan menggunakan indirect lighting. Ini akan menimbulkan cahaya yang muncul dari dalam drop ceiling. Drop ceiling memiliki bentuk yang beragam seperti kotak, meliuk-liuk, hingga ukiran.

Fungsi Langit-langit dalam Suatu Ruangan 

(Beddo Design Concept)

Dalam sebuah rumah, ceiling menjadi salah satu elemen yang cukup penting. Ada beberapa fungsi langit-langit pada sebuah ruangan, berikut ini diantaranya:

  • Menjadi pembatas antara ruang atap dan ruang aktivitas di bawahnya.
  • Menahan kotoran dari bidang atap melalui celah-celah genteng. 
  • Mengurangi panas dari sinar matahari melalui bidang atap. 
  • Menjadikan ruangan lebih rapi sehingga sisa-sia konstruksi dan penutup atap, kabel-kabel, pipa mechanical, hingga kelistrikan tidak terlihat. 

Selain fungsi umum di atas, beberapa jenis langit-langit juga memiliki fungsi khusus. Misalnya pada ruangan rapat dan auditorium biasanya menggunakan plafon akustik. Fungsinya, langit-langit akustik mampu meredam suara secara maksimal.

Ide Ceiling di Rumah 

Saat ini ada banyak pilihan ragam ceiling atau langit-langit rumah yang bisa Pins terapkan di rumahmu. Mulai dari simple hingga yang unik. 

Kalau Pins sedang mencari ide ceiling untuk hunian, ini beberapa inspirasinya. 

Indirect Lighting Ceiling

(Beautiful Homes)

Model satu ini sangat populer digunakan di hunian bertema minimalis. Selain di rumah, ceiling dengan lampu tanam telah banyak digunakan di perkantoran. 

Lampu tanam yang diletakkan pada plafon akan membuat tampilan plafon lebih modern. Selain itu biasanya lampu tanam ini dibuat lebih dari satu, sehingga cahaya pada ruangan akan lebih terang.

Wood Ceiling

(9wood)

Jika biasanya susunan kayu digunakan sebagai partisi atau pintu pada rumah-rumah minimalis modern, ternyata susunan kayu juga bisa digunakan sebagai plafon lho! 

Ceiling kayu akan membuat tampilan rumah Pins menjadi minimalis modern dan mewah. Warna kayu pada plafon juga akan membuat tampilan rumah menjadi lebih warm. 

Pins bisa menggunakan kayu sungguhan atau PVC plafon untuk membuat aksen kayu pada langit-langit rumah. 

Industrial Ceiling

(Houzz)

Jika rumah Pins mengadaptasi gaya industrial, jenis ceiling ini bisa digunakan. Plafon bergaya industrial merupakan plafon yang diberikan unsur beton, besi atau kayu yang dipadukan dengan warna putih, hitam atau abu-abu pada bagian dinding. 

Sentuhan industrial pada plafon tentu akan membuat tampilan rumah menjadi semakin modern. Jangan lupa tambahkan lampu gantung yang juga bergaya industrial juga akan menambah nilai estetika pada rumah.

Asymmetrical Ceiling

(Home Stratosphere)

Garis asimetris pada plafon akan membuat tampilan plafon lebih artistik sehingga menambahkan nilai estetika pada rumah.  Model plafon yang satu ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau karena bisa dibuat sendiri menggunakan cat tembok. 

Pins bisa menggunakan cat dengan warna metalic seperti emas, silver atau warna solid seperti hitam untuk membuat garis pada plafon.

Glass Roof Ceiling

(Glass Roof UK)

Plafon kaca sering digunakan pada ruangan-ruangan tertentu di dalam rumah seperti ruang makan, dapur, ruang tamu, hingga kamar.

Plafon kaca ini akan memberikan akses cahaya matahari masuk lebih banyak ke dalam ruangan. Sehingga, ruangan jadi lebih hemat listrik karena pencahayaannya sudah terpenuhi secara langsung. Selain itu dengan plafon kaca ini, tampilan rumah juga akan menjadi lebih modern.

Mirror Ceiling 

(Pinterest)

Biasanya plafon cermin digunakan pada tempat-tempat olahraga seperti ruang senam. Namun model plafon ini juga bisa Pins gunakan di rumah lho! Pins bisa menggunakan plafon kaca pada ruang-ruang tertentu. 

Dengan plafon cermin, tentu akan membuat ruangan terasa lebih luas karena pantulan bayangan yang dihasilkan oleh cermin. Selain itu, dengan menggunakan plafon cermin tampilan rumah menjadi lebih modern.

Itulah informasi tentang ceiling dan berbagai inspirasi model plafon rumah minimalis terbaru yang bisa Pins aplikasikan di rumah. Jangan lupa untuk mencari informasi seputar istilah properti di Pinhome, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia