Kamus Istilah Properti

Suasana

istilah properti

Suasana

Suasana adalah hawa atau udara serta keadaan suatu peristiwa. 

Pengertian Suasana 

(Pexels)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, suasana adalah:

  • n hawa; udara: meliputi bumi atau cuaca 
  • n keadaan sekitar sesuatu atau dalam lingkungan sesuatu: — pedusunan berlainan dengan — perkotaan
  • n keadaan suatu peristiwa: politik luar negeri disesuaikan dengan — internasional masa kini
  • n salah satu unsur tekstur pertunjukan teater yang berkaitan dengan penggabungan unsur spektakel, dialog, dan irama permainan

Dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, suasana diartikan sebagai atmosphere atau atmosfer. Sementara itu, menurut KBBI salah satu pengertian atmosfer suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya. 

Dari definisi di atas, maka suasana dapat diartikan sebagai hawa, cuaca, atau suatu peristiwa, keadaan, serta unsur dalam pertunjukan. 

Macam-macam Latar Suasana

(Pexels)

Berikut ini macam-macam latar suasana yang digunakan untuk mengambarkan suatu keadaan, baik di kehidupan nyata atau seni pertunjukan. 

  • Latar suasana senang untuk menggambarkan peristiwa atau kondisi yang bahagia dan ceria.
  • Latar suasana sedih menggambarkan keadaan pelaku yang sedang kesulitan atau sedang sedih.
  • Latar suasana suram menggambarkan kondisi peristiwa yang penuh luka, duka, dan kemurungan. 
  • Latar suasana tengang menggambarkan kemarahan atau perasaan tertekan. 
  • Latar suasana seram menggambarkan kondisi atau peristira yang menakutkan dan mencekam. 

Dalam suatu peristiwa baik nyata maupun cerita, latar suasana biasanya dibarengi dengan latar waktu dan tempat. 

Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Nyaman

(Pexels)

Bila merujuk dari pengertiannya, maka latar suasana juga dapat dihubungkan dengan dekorasi rumah. Pasalnya, dekorasi rumah yang tepat dapat menimbulkan latar suasana atau perasaan yang nyaman dan tenang. 

Sayangnya menciptakan suasan rumah yang nyaman gampang-gampang susah. Walau demikian, kamu harus mengupayakannya supaya lebih betah saat berada di rumah. 

Berikut tips menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menenangkan:

Beri pencahayaan yang memadai 

Pencahayaan merupakan faktor penting untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Selain memengaruh ritme ruang, pencahayaan pun dapat membuat suasana hati lebih tenang. Oleh karena itu, Pins harus mengupayakan agar cahaya dalam ruangan cukup memadai. 

Perlu diketahui bahwa cahaya yang terlalu terang atau kurang berpotensi menimbulkan kekacauan serta kegelisahan. Bahkan tak jarang hal tersebut pun dapat memicu sakit kepala ringan. 

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Pins lakukan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan dalam rumah. Berikut uraiannya: 

  • Gunakan lampu utama dengan dimmer untuk memenuhi kebutuhan cahaya di suatu ruangan. Hal ini perlu dilakukan supaya suasana hati lebih tenang.  
  • Pertimbangkan sinar matahari yang menembus ruangan. Sebab, sinar matahari yang terlalu terang dapat menyilaukan. Untuk mengontrol sinar matahari, Pins dapat memasang gordon atau penyaring cahaya. 
  • Pastikan cahaya di seluruh ruangan merata, agar tidak pusing saat berada di dalamnya. 

Tambahkan tanaman hias

Tanaman hias bisa menjadi ‘obat’ untuk memperbaiki suasana. Untuk itu, coba tambahkan beberapa tanaman hijau di area rumah guna memanjang indera penglihatan.

Namun pastikan untuk memilih tanaman yang aman untuk di dalam ruangan, supaya tidak menimbulkan risiko. Bila memungkinkan, pilih tanaman yang bisa memurnikan udara di dalam rumah, misalnya lidah mertua. 

Gunakan warna yang menenangkan 

Warna rumah memiliki dampak yang cukup krusial terhadap psikologis, emosi, dan kesehatan. Oleh karena itu, pemilih warna dinding harus benar-benar diperhatikan. 

Jika kebingungan, Pins dapat menggunakan warna pastel atau warna netral untuk mengisi ruangan. Kamu dapat memanfaatkan warna putih, abu-abu muda, ataupun coklat muda.

Bila ingin menambahk warna cerah, silakan masukkan ke dalam interior atau dekorasinya saja. Dengan begitu, suasana rumah akan semakin nyaman. 

Tambahkan pengharum ruangan 

Pengharum ruangan dapat membantu menciptakan suasana rumah yang tenang dan damai. 

Kamu dapat menggunakan pengharuma ruangan seperti reed diffuser atau lilin aromaterapi untuk menambah wangi-wanginya. Atau, bisa juga menempatkan bunga segar untuk mengharumkan ruangan. 

Untuk aromanya sendiri, bisa pilih sesuai mood atau selera masing-masing. Jika bosan, jangan ragu untuk mengganti aroma wewangian supaya suasana hari lebih fresh.  

Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan lancar

Satu hal penting yang cukup krusial saat mendekorasi rumah ialah memperhatikan sirkulasi udaranya. 

Sirkulasi udara yang bagus dapat membuat suasana rumah lebih nyaman dan tenang. Sebab, sirkulkasi udara bisa memengaruhi psikologi atau suhu ruangan itu sendiri. 

Pastikan untuk memiliki bukaan di setiap ruangan, sekalipun hanya ventilasi kecil. Hal ini perlu dilakukan supaya ruangan tidak sumpek dan pengap. Terlebih jika kamu memiliki gangguan kesehatan pada paru-paru. 

Jika memungkinkan, kamu juga dapat membeli air purifyer sebagai tindak preventif untuk menyaring udara di dalam rumah. Bila rumah terasa cukup ‘kering’, Pins pun boleh menggunakan humidifier untuk membantu melembapkan udaranya. 

Rapikan ruangan 

Terakhir, pastikan untuk selalu membersihkan dan merapikan ruangan supaya lebih nyaman ditinggali.

Sebaiknya, ruangan dirapikan setiap hari agar tidak ada debu yang berterbangan. Khusunya di area-area seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur. Sebab, keempat ruangan tersebut sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Tidak sulit menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah. Selama kamu dan seluruh anggota bisa bekerja sama, niscaya rumah akan selalu terasa nyaman dan tenang. 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia