Kamus Istilah Properti

Cluster

istilah properti

Cluster

Apa itu Cluster?

Cluster adalah sekelompok rumah yang dibangun di dalam satu lingkungan dengan komposisi yang harmonis tanpa ada pagar yang memisahkan antar halaman rumah. Pada sebuah cluster hanya terdapat banyak rumah, mulai dari puluhan hingga ratusan. Setiap rumah pada cluster biasanya tidak memiliki pagar, hanya tembok beton untuk membatasi antara satu rumah dan lainnya.

Ciri- Ciri Cluster Rumah

Cluster rumah mempunyai beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan perumahan jenis lain, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Desain Rumah pada Sebuah Cluster Kembar Satu dan Lainnya

Bangunan rumah yang berada dalam sebuah cluster akan dibangun dengan tipe serta desain yang sama persis. Dalam sebuah perumahan, developer bisa membangun beberapa kelompok cluster. Setiap cluster punya desain masing-masing. Biasanya perbedaannya berada pada luas rumah atau tampilan depan rumah.

  1. Pintu Masuk Menuju Cluster Terbatas

Pada sebuah cluster rumah, biasanya pintu masuknya terbatas. Pintu masuk yang tersedia hanya satu atau dua. Pintu gerbang utama ini selalu diawasi selama 24 jam oleh petugas keamanan. Sehingga setiap tamu yang datang dapat diketahui oleh petugas tersebut. Keamanan di dalam cluster pun menjadi lebih aman.

  1. Punya Banyak Jumlah Unit

Jumlah unit pada sebuah cluster banyak, bisa puluhan bahkan ratusan. Proses membangun perumahan cluster dilakukan secara bertahap. Step-by-step mulai dari cluster satu hingga cluster lainnya.

  1. Terdapat Berbagai Fasilitas

Sebagai penghuni cluster, banyak fasilitas di dalam yang dapat dimanfaatkan. Developer dari sebuah cluster memberikan berbagai fasilitas yang nantinya diharapkan bisa digunakan bersama-sama oleh seluruh penghuni cluster. Fasilitas umum pada cluster yang tersedia seperti taman bermain, jogging track, tempat beribadah dan ruang terbuka hijau.

Keuntungan Tinggal di Rumah Cluster

  • Keamanan Terjamin

Sistem keamanan pada sebuah cluster rumah tak perlu diragukan lagi. Terdapat petugas keamanan yang akan 24 jam menjaga lingkungan rumah. Setiap orang yang hendak masuk ke cluster didata terlebih dahulu. Selain itu, petugas security juga akan menanyakan tujuan dari tamu tersebut. Walaupun umumnya rumah cluster tidak dilengkapi dengan paga, tetap sistem keamanan pasti terjamin.

  • Dapat Lebih Mudah Bersosialisasi dengan Tetangga 

Rumah cluster pada umumnya tidak memiliki pagar di depannya. Maka dari itu Pins bisa lebih mudah dalam bersosialisasi dengan tetangga. Saat keluar rumah, Pins langsung dapat melihat aktifitas tetangga yang sedang berada di depan rumah dan menyapanya. Dengan bertetangga ini, keakraban dan nilai kekeluargaan di daerah sekitar cluster semakin meningkat.

  • Nilai Investasi Tinggi

Perumahan cluster mostly berlokasi pada tempat strategis yang bisa diakses dengan mudah. Contohnya dekat dengan stasiun kereta api, MRT, LRT atau jalan besar. Plus pasti dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni. Maka dari itu nilai jual rumah cluster akan meningkat pesat dari tahun ke tahun. Kemudian bisa Pins jadikan sumber investasi dengan nilai yang tinggi.

  • Fasilitas Lengkap

Setiap cluster pasti dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang menguntungkan bagi penghuni. Fasilitas tersebut dibangun khusus untuk dipakai bersama-sama oleh penghuni pada cluster. Dengan adanya fasilitas ini Pins sebagai penghuni akan semakin nyaman dan betah tinggal di cluster.

Tips Memilih Rumah di Sebuah Cluster

Membeli rumah bukanlah hal kecil, semua tindakan dan proses harus dipikirkan matang-matang. Mencari rumah apalagi cluster memang susah susah gampang. Maka dari itu, ada nih beberapa tips yang mungkin berguna bagi Pins yang hendak membeli rumah cluster, di antaranya:

  • Cari Tahu Tentang Pengembang atau Developer-nya

Nama pengembang atau developer suatu perumahan cluster yang sudah Pins incar harus dicari tahu terlebih dahulu. Telusuri dengan baik dan seksama bagaimana track record dari developer tersebut. Pins bisa mendapatkan informasi seperti ini melalui kerabat maupun internet. Namun, bila mencari informasi melalui internet Pins harus lebih berhati-hati. Jangan sampai termakan berita hoax. Dengan mencari tahu informasi mengenai pengembang, maka Pins akan mendapatkan gambaran apakah pengembang ini bertanggung jawab atau tidak terhadap pembangunan cluster.

  • Perhatikan Lokasi serta Tipe Rumah

Biasanya pada lembar brosur ataupun website resmi pasti dicantumkan lokasi cluster dengan keterangan ‘hanya 10 menit ke pintu tol’. Namun ada baiknya jika Pins melakukan survey secara langsung ke lokasi untuk memastikan apakah informasi yang dicantumkan sesuai apa tidak.

Kemudian, saat survey langsung Pins juga bisa melihat desain setiap tipe rumah. Tipe rumah dalam sebuah cluster berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan juga desain. Pilihlah yang paling sesuai dengan selera agar tidak melakukan renovasi terlalu banyak.

Itulah informasi detail mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan cluster. Semoga bermanfaat ya!