Kamus Istilah Properti

Foyer

istilah properti

Foyer

Foyer adalah sebuah ruang atau area yang menjadi perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah seperti ruang tamu, atau teras dengan ruang keluarga. Biasanya, foyer terdapat di rumah-rumah yang berukuran luas.

Apa Itu Foyer?

(redlotusletter.com)

Foyer adalah sebuah ruang atau area yang menjadi perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah seperti ruang tamu, atau teras dengan ruang keluarga. Biasanya, area perantara terdapat di rumah-rumah yang berukuran luas.

Foyer juga dapat diartikan sebagai ruang transisi di dalam rumah, yang berada antara muka dengan dalam rumah.

Selain itu, area perantara juga banyak digunakan sebagai pengganti ruang tamu. Apalagi saat ini banyak hunian menengah ke atas di Indonesia yang mulai menghilangkan area ruang tamu. Hal ini karena saat ini orang-orang yang berkunjung ke rumah biasanya adalah saudara atau teman dekat.

Sehingga tak masalah jika diajak ke ruang yang lebih privat dan kasual seperti ruang keluarga.  Berkaitan dengan itu, ruang tamu dianggap kurang berguna lalu diubah untuk area perantara, kemudian memperluas ruang keluarga. 

Fungsi Foyer dalam Sebuah Bangunan

(homedesignlover.com)

Di dalam sebuah rumah, area perantara memiliki banyak manfaat. Berikut ini fungsi area perantara: 

Ruang Penerima 

Fungsi area perantara yang utama adalah sebagai ruang penerima tamu. Jika tamu terdekat diterima di ruang keluarga, maka tamu yang tidak terlalu dekat dan hanya datang dalam waktu singkat akan diterima di ruangan ini. 

Misalnya pengantar barang, sales, atau petugas RT. Jadi, tidak ada salahnya meletakkan beberapa kursi di area perantara untuk mereka.

Ruang Peralihan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, saat ini beberapa rumah mulai menghilangkan ruang tamu sebagai bagian rumah. Adapun fungsi ruang tamu digantikan dengan ruang keluarga.

Nah, di sinilah fungsi area perantara sebagai peralihan dari luar rumah ke ruang keluarga. 

Penjaga Privasi

Fungsi foyer selanjutnya juga sebagai penjaga sebagai. Hal ini karena area perantara akan membatasi penglihatan orang ke dalam rumah secara langsung sekalipun pintu depan terbuka dengan lebar. Bahkan orang yang bertamu di area perantara juga tidak akan bisa melihat penghuni di area rumah lainnya. 

Melalui fungsinya ini, para penghuni akan lebih nyaman melakukan aktivitas di dalam rumah tanpa dilihat oleh orang asing.

Penambah Estetika

Kehadiran area perantara juga dapat menambah estetika hunian tersebut. Pins bisa menempatkan beberapa pajangan atau aksesoris cantik di area ini. 

Jika Pins memiliki sisa lahan memadai, tak ada salahnya menjadikannya sebagai area perantara. 

Sebagai Tempat Penyimpanan

Tak hanya fungsi di atas, area perantara juga memiliki fungsi khusus lainnya. Misalnya di negara dengan musim dingin, area perantara akan berfungsi sebagai airlock alias penghambat agar udara dingin dari luar tidak langsung menerobos ke area dalam rumah. 

Foyer juga banyak difungsikan sebagai ruang tempat meninggalkan jaket, jas hujan, payung, kunci mobil, dan topi.  

Tips Mendesain Foyer Rumah agar Tampil Cantik 

(Pinterest)

Mengaplikasikan area perantara di rumah sederhana dengan gaya Indonesia memang tidak akan mudah. Namun, Pins tetap bisa memiliki area ini jika menginginkannya.

Yuk, simak tips mendesain area perantara rumah berikut ini. 

Tentukan Posisi Foyer

Berdasarkan pengertian foyer, maka letaknya memang berada di bagian depan setelah pintu utama, Namun, untuk rumah tinggal, terlebih yang berukuran mungil, posisi area perantara bisa lebih fleksibel, tidak harus ada di depan rumah. 

Foyer tidak harus berbentuk ruang, sekadar area semi-terbuka juga sudah cukup apalagi mengingat fungsi area perantara yang berupa area publik.

Adapun area yang dapat dijadikan area perantara misalnya di dekat pintu samping atau pintu belakang, dekat balkon di lantai 2, atau di antara ruang-ruang utama, seperti ruang keluarga atau ruang tamu.

Menetapkan Fungsi Foyer 

Setelah menentukan di mana area perantara berada, selanjutnya Pins bisa menentukan tujuan membuat area foyer di rumah. 

Misalnya, jika fungsinya sebagai penambah estetika, maka isilah area ini dengan barang koleksi, vas bunga, bingkai foto, dan lain-lain. 

Tetapi jika ingin menjadikan area perantara sebagai ruang tamu atau sebagai tempat penyimpanan, Pins bisa menambahkan furnitur pendukung seperti hanger atau meja dan kursi. 

Pilih Furnitur yang Tepat 

Tak hanya menambahkan furnitur sesuai fungsi foyer, Pins juga dapat menambahkan cermin di atas meja panjang. Mengingat letak foyer yang pada umumnya berada di depan, cermin ini juga berfungsi untuk mengecek penampilan Pins sebelum bepergian ke luar.

Yang harus diingat, foyer umumnya berukuran kecil, sehingga pastikan Anda tidak menggunakan furnitur yang berukuran terlalu besar layaknya ruang tamu. Sebaiknya, gunakan furnitur sederhana, yang penting cukup untuk menyambut tamu secara sementara.

Tambahkan Partisi 

Lantaran tujuan utama foyer sebagai ruang pemisah area publik dan privat, maka kehadiran partisi menjadi hal yang penting. Partisi ini bisa masif seperti pintu, dinding, rak pajangan, kaca, dan jalusi kayu.

Tak hanya berupa barang, partisi juga dapat berupa perbedaan ketinggian lantai, perbedaan warna dengan ruang yang ada di sebelahnya, permainan level drop ceiling, atau perbedaan material penutup lantai.  

Menyesuaikan Interior Foyer dengan Bagian Rumah Lainnya

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah menyesuaikan desain foyer dengan area rumah lainnya. Tujuannya agar suasananya menjadi serasi dengan bagian rumah lainnya. 

Upaya membuat tampilan area foyer yang serasi bisa diwujudkan melalui warna dinding yang seragam atau penggunaan furnitur yang nuansanya sama dengan ruangan lainnya. Sehingga tema interior rumah pin menjadi lebih jelas dan serasi dari bagian depan hingga belakang rumah.


Kontributor: Linda

Editor: Iko