Kamus Istilah Properti

Coworking Space

istilah properti

Coworking Space

Coworking space adalah ruang kerja bersama yang di dalamnya terdapat karyawan dari berbagai perusahaan yang berbeda. 

Apa Itu Coworking Space? 

coworking space
(Gettyimages)

Kantor menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendukung pekerjaan. Selain perkantoran tradisional, muncul coworking space sebagai solusi bagi pemilik perusahaan, karyawan, maupun pekerja lepas yang ingin mencari suasana bekerja yang baru dan menyenangkan.

Coworking space adalah ruang kerja bersama yang di dalamnya terdapat karyawan dari berbagai perusahaan yang berbeda. Kehadiran ruang kerja bersama ini sangat mendukung para startup maupun pekerja digital yang membutuhkan tempat yang fleksibel. 

Secara bahasa, coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti sebuah ruangan yang digunakan untuk bekerja. Konsep coworking space adalah sharing dalam satu ruangan di mana terdapat berbagai perusahaan, individu, maupun komunitas di dalamnya.

Selain ruangan terbuka yang bisa digunakan bersama, di dalamnya terdapat juga ruangan kecil yang dapat disewa jika perusahaan ingin bekerja secara private.  

Ciri dan Kriteria Coworking Space

(Gettyimages)

Di tengah menjamurnya ruang kerja bersama ini, maka mulai banyak pekerja maupun perusahaan yang memilih menyewa co-working space dibandingkan gedung perkantoran. Lalu sebenarnya apa sih yang membedakan ruang kerja ini? 

Terdiri dari Berbagai Perusahaan 

Jika dibandingkan bekerja di lingkungan kantor biasa di mana mayoritas pekerjanya dalam satu organisasi saja, untuk ruang kerja bersama ini Pins bisa menemukan banyak pekerja dari berbagai perusahaan di dalam satu ruangan. 

Desain Open Space 

Ciri khas berikutnya yaitu desain open space tanpa adanya sekat. Coworking space design pun saat ini menjadi hal yang dicari muda-mudi milenial yang serba menggunakan sosial media Instagram lho Pins! 

Dengan tempat yang instagramable para kaum milenial akan sangat senang membagikannya kepada khalayak luas. Hal tersebut bisa menjadi salah satu keuntungan bisnis coworking space itu sendiri.

Fasilitas yang Terbilang Lengkap 

Soal fasilitasnya, ruang kerja bersama ini terbilang lengkap. Jika penyewa gedung maupun ruko hanya akan mendapatkan ruangan kosong, di ruang kerja bersama ini Pins setidaknya akan mendapatkan kursi dan meja. 

Selain itu, ruang kerjanya juga biasanya sudah dilengkapi dengan AC sehingga lebih nyaman dan sejuk sekalipun seharian berada di ruangan.  

Tersedia Internet 

Jaringan internet menjadi hal yang penting bagi para pekerja saat ini. Nah, beberapa ruang kerja bersama ini sudah menyediakan fasilitas internet sesuai paketnya. 

Jadi, tak perlu khawatir soal internet karena Pins sudah mendapatkan di ruang kerja ini. 

Manajemen Profesional 

Meskipun Pins bekerja bersama beberapa perusahaan, coworking space memiliki manajemen yang profesional. Misalnya, layanan resepsionis yang ditempatkan di lobby sehingga untuk menerima surat bisa diterima oleh bagian resepsionis. 

Kemudian, para manajemen juga seringkali menyediakan berbagai fasilitas tambahan untuk para penyewanya. Mulai dari air minum gratis, teh, dan mesin kopi yang bebas digunakan kapanpun.

Keuntungan Coworking Space 

(Gettyimages)

Di Indonesia perkembangan coworking space terus tumbuh ditandai dengan bermunculan ruang kerja bersama di kota-kota besar.  

Tak heran memang, sebab ada banyak keuntungan bagi perusahaan yang memilih berkantor di sini. Yuk, simak keuntungannya:

Solusi dari Mahalnya Biaya Sewa Gedung Perkantoran 

Dibandingkan menyewa ruangan di sebuah gedung perkantoran, biaya sewa coworking space jauh lebih murah. Belum ditambah adanya biaya operasional gedung kantor yang juga tak sedikit yang akan menyulitkan para pebisnis terutama mereka yang baru terjun.

Sehingga ruang kerja bersama ini bisa jadi solusi menarik bagi pebisnis muda maupun mereka yang bekerja secara mandiri seperti freelancer. Meskipun harganya lebih murah, tetapi soal kualitas dan fasilitas tidak kalah menarik dibandingkan perkantoran tradisional. 

Jangka Sewa Pendek  

Pins bisa menyewa ruangan di sini dalam jangka waktu pendek. Bahkan, banyak jasa penyedia ruang kerja ini yang dapat disewakan perhari. Jangka sewa yang pendek, memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan jumlah karyawan dan memenuhi kebutuhan strategi bisnis tanpa terikat dengan komitmen yang berjangka panjang. 

Tak hanya itu, bagi para freelancer yang memerlukan ruang kerja profesional atau sekadar mengadakan pertemuan pun bisa menyewa coworking space dalam jangka waktu tertentu. 

Menciptakan Komunitas Profesional

Tata letak ruang yang lebih bebas memungkinkan karyawan untuk berkomunikasi tatap muka. Para karyawan pun dapat dengan mudah bekerja di lantai bawah dan kemudian pindah ke lantai atas untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan meja atau komputer.

Selain komunikasi antar karyawan, menyewa ruang kerja bersama juga bisa berpeluang bertemu dengan sesama pengusaha lainnya yang memakai area yang sama. Pins bisa menambah relasi, rekan bisnis, klien, maupun teman diskusi.  

Investasi yang Menarik 

Bagi para investor, berinvestasi di coworking space menjadi pilihan menarik. Terlebih jika mengingat mulai bermunculannya pebisnis pemula yang membutuhkan ruang kerja. Tak hanya itu, properti ruang fleksibel juga terbilang tinggi dan stabil.  

Penggunaan ruangan ini pun semakin bertambah dengan banyak perusahaan yang mempertimbangkan ruang kerja bersama sebagai opsi untuk berkantor.

Kekurangan Ruang Kerja Bersama 

(Gettyimages)

Meski menawarkan keuntungan yang lumayan banyak, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Kurang soal privasi karena konsepnya yang open space
  • Bisa saja bertemu dengan kompetitor.
  • Ketika ada konflik pun akan sulit diselesaikan
  • Jika ingin menyewa ruangan yang terpisah biasanya biaya yang harus dikeluarkan lebih besar

Meski begitu melirik bisnis satu ini memang tidak ada habisnya. Semakin berkembangnya zaman, coworking space pun tidak sebatas ruang kerja saja. Bisnis ini, kini mulai merambah menjadi bisnis ruang kerja yang fun dan paling dicari. 

Nah Pins, untuk kamu yang mau mencoba bekerja di coworking space atau mencoba membuat nya sebagai peluang bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.