Kamus Istilah Properti

Lounge

istilah properti

Lounge

Lounge adalah ruangan yang digunakan untuk menunggu oleh penumpang maskapai di kelas bisnis dan eksekutif. Namun dalam konteks lain, lounge dapat diartikan sebagai area di hotel berbintang untuk bersantai yang lengkap dengan menu makanan mewah.

Apa itu Lounge?

Lounge (lounj) merupakan istilah yang digunakan untuk tempat menunggu namun lengkap dengan menu makanan. Berbeda dengan ruang tunggu di rumah sakit yang hanya difungsikan untuk menunggu dan mengantre, sebuah lounge mengutamakan aspek kenyamanan dan eksklusif. 

Di bandara, untuk mendapatkan fasilitas lounge atau ruang tunggu eksklusif, kamu harus menjadi customer dengan kelas bisnis dan eksklusif. Hal ini sebagai fasilitas tambahan yang kamu bisa nikmati karena sudah membeli tiket di dua kelas tersebut dari sebuah maskapai penerbangan. 

Sementara di hotel berbintang, lounge tetap difungsikan sebagai ruang tunggu. Namun dikombinasikan dengan konsep dine in, di mana tamu atau konsumen bisa melaksanakan makan atau sekadar ngemil cantik di area tersebut. Umumnya, untuk bisa masuk ke lounge di sebuah hotel, kamu harus mengenakan dress code rapi yang sudah ditentukan pihak hotel.

Perbedaan desain interior Lounge di setiap lokasi

Meski fungsi dan tujuan dari sebuah lounge sama, namun ternyata setiap lounge mempunyai desain interior yang beda. Pasalnya tidak ada aturan baku untuk mendesain sebuah lounge. Intinya sebuah lounge harus nyaman untuk ditempati oleh tamu. Umumnya, setiap lounge mempunyai kursi dan meja, namun untuk warna cat atau penempatan ornamen ditentukan oleh setiap pemilik lounge itu sendiri. Berikut ini beberapa referensi desain interior lounge di lokasi berbeda.

Cloud Lounge Jakarta

(Kumparan)

Pertama adalah desain interior untuk salah satu lounge di Jakarta. Lokasinya berada di The Plaza Menteng Jakarta. Di sini kamu bisa berkumpul bersama teman untuk makan dan minum. Cloud lounge memberikan opsi dine in atau makan di tempat serta takeaway atau dibawa pulang. Jika dilihat dari segi interior, lounge ini menggunakan warna hitam dan cokelat. Dominasi warna gelap dan nuansa hangat membuat lounge ini nyaman untuk berkumpul bersama rekan dalam waktu lama. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan penampakan kota Jakarta dari balik jendela besar yang terpampang. 

Lounge Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

(Travel Kompas)

Lounge kedua sebagai contoh adalah milik bandara Soekarno Hatta di terminal 2. Jika sebelumnya Cloud lounge terletak di pusat kota dan berfungsi sebagai restoran untuk berkumpul dengan rekan, lounge pada bandara Soetta mempunyai fungsi berbeda. Lounge di terminal 2 ini difungsikan untuk menunggu pesawat lepas landas (take off). Secara desain interior, lounge ini didominasi dengan warna cerah. Cukup berbeda dengan cloud lounge di atas yang didominasi warna gelap. Namun, di lounge bandara Soetta juga diletakkan kursi dan meja untuk digunakan oleh penumpang yang menunggu pesawat. 

Cascade Lounge Hotel Mulia

(Zomato)

Contoh lounge lain adalah Cascade lounge hotel mulia. Ini adalah salah satu contoh lounge yang berada di sebuah hotel. Di lounge hotel mulia, kamu bisa memesan minuman dan makanan. Fungsi dari lounge hotel mulia adalah untuk area menunggu tamu atau untuk melakukan pertemuan singkat. Secara tampilan, lounge ini cukup fancy dengan penggunaan warna cokelat, orange, hitam dan gold. Perpaduan warna-warna tersebut membuat tampilan ruangan lounge ini menjadi hangat dan bagi orang yang sedang menanti kedatangan partner atau tamu, tidak akan merasa terlalu lama menunggu.

Peacock Lounge Jakarta

(Restaurants by Accor) 

Ini adalah salah satu contoh lounge lain di Jakarta, yaitu Peacock Lounge di Hotel Fairmount. Lokasinya di Senayan dekat dengan stadion Gelora Bung Karno (GBK). Lokasinya di pusat kota dan dekat dengan business district, membuat Peacock mudah didatangi. Desain interior Peacock lounge menggunakan dominasi warna putih. Tampilannya terlihat minimalis modern dengan penggunaan kursi yang nyaman. Pencahayaan di lounge ini pun cukup bagus karena berasal dari jendela dan juga tambahan lampu. Lounge ini bisa digunakan untuk sekadar menunggu tamu atau menjadi tempat untuk berkumpul.

Etika saat berada di Lounge

Di manapun kamu berada etika selalu menjadi hal penting untuk dipegang. Ketika di lounge pun ada etika yang harus kamu pegang. Hal ini mengingat lounge bukanlah tempat umum yang bisa diakses semua orang. Untuk bisa masuk ke lounge paling tidak kamu harus menggunakan dress code tertentu. Nah, berikut ini etika yang harus kamu lakukan saat berada di lounge bandara maupun lounge hotel.

Etika saat di lounge bandara

Ketika kamu berada di lounge bandara, pastikan kamu menerapkan hal ini,

  • Tidak membuat gaduh, artinya jangan membuat kondisi di dalam lounge menjadi bising karena kamu. Entah itu suara handphone, suara video atau film yang sedang kamu tonton, atau bahkan suara kamu berdebat dengan orang lain di telepon. Hindari hal ini karena lounge adalah area istirahat yang digunakan oleh para penumpang pesawat lain.
  • Jangan menguasai satu area besar sendirian. Apabila kamu bepergian sendiri, usahakan memilih area yang private atau menggunakan satu atau dua kursi saja. Jangan memilih kursi lebar yang diperuntukkan bagi rombongan. Hal ini karena lounge bandara adalah fasilitas umum yang perlu kamu bagi dengan orang lain. Biarkanlah rombongan keluarga besar yang menduduki kursi yang luas. Kursi-kursi di lounge tentu sudah diatur sesuai dengan jumlah rombongan penumpang.
  • Lounge di bandara berfungsi untuk menunggu pesawat berangkat, kamu disarankan untuk datang ke bandara lebih awal sehingga bisa menikmati fasilitas lounge.

Etika saat di lounge hotel

Berbeda dengan lounge bandara, lounge hotel memang difungsikan untuk menunggu tamu atau partner bisnis kamu. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut,

  • Hindari membuat gaduh dengan obrolan yang kamu lakukan dengan rekan.
  • Gunakan dress code yang memang sudah ditentukan oleh pihak manajemen lounge. Jangan sekali-kali kamu menggunakan kaos oblong dan celana pendek serta sandal jepit, karena kamu pun harus menghargai manajemen yang sudah menyediakan ruangan lounge tersebut. 
  • Jangan mengganggu privasi orang lain dengan meminta foto. Biasanya ketika berkumpul dengan rekan, kamu ingin difoto bukan? Nah, jangan minta tolong tamu lain yang tidak kamu kenal untuk mengambil grup foto kamu. Ini akan sangat mengganggu ya.

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai lounge. Semoga bermanfaat bagi kamu ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.