Kamus Istilah Properti

Arm Chair

istilah properti

Arm Chair

Arm chair adalah kursi berlengan yang biasanya berlapis kain, dengan penyangga samping sehingga bisa untuk meletakan lengan.

Apa Itu Arm Chair?

arm chair
(BBP Indonesia)

Jika diterjemahkan, arm chair berarti kursi berlengan. Sesuai namanya, memang arm chair adalah kursi berlengan yang biasanya berlapis kain, dengan penyangga samping sehingga bisa untuk meletakan lengan. 

Selain memiliki sandaran untuk lengan, armchair juga memiliki sandaran punggung. Tak heran kalau jenis kursi ini juga dikenal sebagai kursi santai. 

Pins dapat memilih bentuk dan model kursi berlengan ini dalam variasi yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga: Upholstery Adalah?

Jenis Arm Chair Berdasarkan Fungsinya

(Bonaldo)

Penggunaan arm chair juga bisa ditemukan di mana pun, mulai dari kursi untuk kerja, di ruang tamu, hingga di area mana pun sebagai kursi santai.

Yuk, simak beberapa jenis armchair sesuai dengan fungsinya berikut ini:

Arm Chair untuk Kursi Santai

Nama lain arm chair adalah kursi santai karena memang fungsi yang paling umum yaitu untuk bersantai seorang diri sambil bersandar. Untuk memenuhi fungsi satu ini, Pins bisa memilih berbagai macam model maupun warna sesuai keinginan.

Bahkan, tersedia variasi model yang dapat disesuaikan dengan tema ruangan di mana arm chair akan diletakan. Begitupun dengan bahan, tersedia dalam material kulit, linen, beludru, hingga rotan.

Armchair untuk Kursi Kerja

Sesuai fungsinya, jenis arm chair satu ini digunakan sebagai kursi kerja atau kursi di kantor-kantor. Kesan kursi kerja ini bisa menciptakan suasana formal dan kesan profesional. 

Selain itu, bentuknya juga minimalis dengan warna yang umumnya netral, solid, dan profesional seperti hitam dan warna-warna gelap. Bahan yang digunakan biasanya kulit.

Armchair untuk Kursi Tamu

Untuk jenis ini, Pins sering menemukannya di ruang tamu untuk melengkapi keberadaan sofa ruangan. Saat ini beberapa furnitur menyediakan sofa set dengan armchair .

Tetapi Pins juga bisa membelinya secara terpisah. Jika demikian, maka pastikan antara sofa dan armchair memiliki warna yang senada.  

Arm Chair untuk Kursi Baca

Fungsi yang terakhir untuk mendukung kegiatan membaca. Untuk menunjang fungsi ini, arm chair akan memiliki bantalan duduk yang tebal sehingga bisa lebih nyaman walaupun dipakai selama berjam-jam lamanya. 

Selain itu, Pins juga bisa menyesuaikan tinggi sandaran tangan pada arm chair, jangan terlalu tinggi tetapi tidak juga terlalu rendah. Jadi, lengan bisa bersandar pada posisi yang tepat ketika memegang dan membaca buku.

Tips Ketika Ingin Membeli Armchair

arm chair
(Burrow)

Sama seperti memilih jenis kursi lainnya, memilih arm chair juga sebaiknya tidak sembarangan. Yuk, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membelinya: 

Sesuaikan dengan Fungsi Penggunaannya

Menentukan untuk apa menggunakan arm chair sangatlah penting karena Pins dapat menyesuaikan dengan bentuk dan spesifikasi kursi yang akan dipiilih. Misalnya, tujuan penggunaan untuk kursi kerja, maka pilih bentuk formal dengan warna yang solid.

Tetapi jika tujuannya diletakan di ruang santai, maka tak ada salahnya Pins memilih warna yang colorful sehingga terlihat lebih menyenangkan.

Perhatikan Kualitas Arm Chair

Kualitas menjadi pertimbangan yang sangat penting saat memilih kursi berlengan karena melibatkan investasi yang cukup besar. Ada beberapa hal yang mendukung kualitas sebuah armchair, antara lain:

  • Rangka: seperti rangka besi dan rangka kayu. Pastikan memilih kursi dengan kualitas rangka yang baik.
  • Bahan: pilih bahan dengan kualitas yang sangat baik mudah dirawat dan akan bertahan lebih lama. Misalnya, kulit full-hide yang tahan lama lebih baik daripada kulit split.
  • Bantalan: pilih kursi berlengan dengan busa daya tahan dan memori tinggi dibandingkan dengan bantalan konvensional. 
  • Dudukan kursi: harus terasa empuk dan mampu menahan berat tubuh saat digunakan.
  • Tinggi armchair: pastikan kaki tegak lurus dengan lantai, dengan ketinggian sesuai dengan tinggi badan. 

Pilih Ukuran yang Sesuai

Demi mendukung kenyamanan selama digunakan, pastikan Pins sudah memperhitungkan berapa ukuran armchair yang ideal untukmu, ya! Hal ini bisa dengan memikirikan di mana lokasi akan diletakkan serta tinggi badanmu. 

Perhatikan juga proporsinya dengan furnitur lain yang ada di ruangan tersebut. Sebab, jika ukurannya ternyata terlalu besar dan tidak seimbang dengan ukuran furnitur lainnya, maka hanya akan mempersempit ruangan.

Tentukan Warna

Tips berikutnya Pins bisa mempertimbangkan warna yang akan digunakan. Lagi-lagi pemilihan warna ini bisa disesuaikan dengan fungsinya. Usahakan, apapun fungsi yang dipilih, armchair tetap harus senada dengan warna ruangan keseluruhan serta furnitur yang ada di sekitarnya, ya!

Begitupun jika kamu memilih untuk memiliki dua kursi berlengan, tidak harus memiliki warna atau desain yang sama, tetapi pastikan saja keduanya ditata dengan baik 

Ragam Model Arm Chair

Saat ini Pins bisa memilih berbagai model armchair sesuai dengan keinginan. Sebagimana melansir dari Home Designing, berikut ini beberapa pilihan model arm chair yang dapat Pins pilih:

Kursi Berlengan dengan Rumbai

model arm chair
(Amazon)

Model kursi satu ini memberikan kesan mewah yang dapat disesuaikan dengan berbagai gaya interior yang berbeda. Bentuknya yang minimalis diperkaya dengan trim nailhead dan kancing rumbai, menambahkan lapisan dengan pola jahitan berlian. 

Kenyamanan dan fungsionalitas dari strukturnya, diperkuat dengan desain lengan tuksedo. Tertarik meletakannya di ruang tamu, Pins? 

Arm Chair dengan Aksen Transisi yang Anggun

(Amazon)

Berbahan beludru, model arm chair satu ini tampak menampilkan kesan anggun. Bentuknya yang mungil diangkat dengan garis ramping dan kaki emas. 

Jika Pins ingin memberikan patina bergaya ke studio atau ruangan kecil, aksen ini akan menjadi pilihan yang tepat. Keunggulannya hemat ruang, mungil, menawan, praktis, dan mudah dipasang. 

Kursi Beludru Kontemporer  

(Amazon)

Kursi modern satu ini berwarna burgundy dengan bahan beludru. Tak hanya anggun, tetapi indah sangat cocok untuk hasil akhir nailhead yang lembut. 

Garis yang agak tegas dan tenang menekankan sifat dominannya sambil membuatnya tetap berkelas. Hasil akhirnya adalah kursi berlengan kontemporer untuk ruangan favoritmu.

Kursi Berlengan Gaya Abad Pertengahan dengan Kaki Kayu

model arm chair
(Amazon)

Jika Pins mencari kursi kayu alami yang eklektik, dan menawan, maka armchair satu ini adalah bagian yang layak dipertimbangkan. 

Bingkai kayu disusun agar sesuai dengan standar interior modern. Kursi berlengan yang nyaman tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap cantik.

Arm Chair Ala Kursi Pijat  

(Amazon)

Model satu ini sangat mendukung suasana bersantai dengan desain khas ala kursi pijat.  Tampilannya polos dengan bahan kain yang nyaman.  

Pins bisa meregangkan badan di kursi ini ketika membutuhkan suasana untuk bersantai. Dukungan punggung yang ergonomis menjamin kenyamanan bahkan setelah berjam-jam digunakan.

Kain Linen Kursi Modern Dengan Kaki Kayu

model arm chair
(Amazon)

Kombinasi linen dan kayu memberikan nuansa organik tertentu yang melembutkan setiap desain modern. Bentuk kursi yang sedikit tidak proporsional ini merupakan perpaduan sempurna antara minimalis, praktis, dan elegan. 

Kursi ini dapat dengan mudah masuk ke sebagian besar interior kontemporer atau modern, tetapi tidak akan keluar dari tempatnya dalam desain eklektik.

Kursi Berlengan Putih Modern yang Elegan

(Amazon)

Warna putih hampir tidak pernah gagal untuk menciptakan nuansa elegan pada suatu barang. Hal inilah yang dapat Pins temukan pada model arm chair ini. 

Pins bisa duduk dan menikmati kenyamanannya sekaligus mengagumi daya tariknya. Bentuk keseluruhannya terstruktur sehingga tidak membosankan. Kursi berlengan modern ini pasti akan meningkatkan tampilan hunian secara keseluruhan. 

Apakah kamu tertarik memilikinya, Pins?


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.