Kamus Istilah Properti

Club House

istilah properti

Club House

Club house adalah fasilitas modern seperti aktivitas olahraga dan rekreasi yang bisa dimanfaatkan oleh anggota klub pada sebuah apartemen atau komplek perumahan.

Apa itu Club House? 

club house
(Pexels)

Club house adalah fasilitas modern seperti aktivitas olahraga dan rekreasi yang bisa dimanfaatkan oleh anggota klub pada sebuah apartemen atau komplek perumahan.

Seluruh fasilitas yang terdapat di area club house ini dapat dinikmati oleh para penghuni dengan membayar iuran service charge setiap bulannya. Biasanya biaya ini sudah termasuk dalam iuran bulanan komplek. 

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perumahan dan apartemen yang memberikan fasilitas club house sebagai daya tarik dan memberikan kenyamanan para penghuninya.  

Jika sebelumnya clubhouse adalah fasilitas yang disediakan untuk rumah mewah dan apartemen kelas atas, tetapi secara bertahap club house menjadi fasilitas yang lebih umum. 

Fungsi dan Kelebihan Club House

club house
(Pexels)

Fungsi utama club house adalah sebagai tempat yang digunakan untuk berkumpul penghuni yang memiliki ketertarikan atau dalam kepentingan yang sama. 

Di samping itu, ada beberapa fungsi dan keuntungan adanya club house dalam sebuah area perumahan dan apartemen, yaitu sebagai berikut. 

Memudahkan Sosialisasi Penghuni 

Club house menyediakan fasilitas yang menjadi area berkumpul dan terjadinya berbagai aktivitas. Maka dari itu, hadirnya club house menjadi cara yang tepat untuk menjalin komunikasi dan sosialisasi antarpenghuni. 

Melalui club house, Pins bisa lebih mudah berkenalan dengan penghuni lainnya tanpa harus keluar dari area perumahan.  

Jadi Tujuan Rekreasi 

Fungsi lain dari club house adalah menjadi tujuan rekreasi. Terlebih di dalam club house, Pins bisa menemukan banyak zona permainan seperti kolam renang pribadi, bar, hingga gym. 

Bahkan, bagi yang sudah memiliki anak, club house juga menyediakan area bermain anak-anak dengan wahana yang cukup lengkap.  

Arena ini juga dipastikan sebagai zona aman untuk anak-anak karena ada area khusus anak-anak di mana mereka dapat dikirim sementara orang tua melakukan kegiatan rekreasi.

Mendorong Kehidupan Komunitas  

Club house bisa jadi tempat asyik untuk berkumpul dengan berbagai kesamaan. Di sini, anak-anak bisa bermain bersama, lansia bisa bertemu dan mengobrol, para orang tua bisa saling sharing, hingga para penggemar buku bisa bertukar pendapat.

Tak heran, kalau banyak penghuni menciptakan komunitas sendiri karena pertemuan mereka di club house. 

Mendukung Gaya Hidup Modern 

Sejatinya club house dibuat untuk melengkapi fasilitas perumahan sebagai tujuan untuk memenuhi gaya hidup yang sejalan dengan konsep kawasan modern dan mewah. 

Bagi seorang investor, memiliki clubhouse di dalam kompleks apartemen berperan penting dalam meningkatkan nilai properti. Cluster yang memiliki club house pribadi pasti memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena citranya yang mewah dan elegan. 

Fasilitas yang Terdapat pada Club House  

club house
(Unsplash)

Sebenarnya, masing-masing club house menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Namun, sebagai gambaran, berikut ini fasilitas yang biasanya terdapat pada sebuah club house: 

Kolam Renang  

Dengan membayar iuran bulanan, Anda bisa kapan saja memakai fasilitas kolam renang yang ada di club house. Apalagi jika Anda memiliki banyak anak yang senang berenang.

Nah, Pins bisa memanfaatkan kolam renang yang ada di club house jika ingin melepas penat dan berekreasi. 

Gym

Pusat kebugaran yang modern dengan fasilitas peralatan olahraga yang mutakhir dan nyaman juga merupakan fasilitas umum yang ada di club house. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk tetap sehat dan bugar dalam kehidupan kota. 

Dengan fasilitas gym yang ada di club house, Anda tidak perlu lagi melakukan pembayaran bulanan keanggotaan gym di tempat lainnya. Pins juga tak perlu lagi menempuh perjalanan jauh karena areanya masih berada di kawasan perumahan.  

Ruang Serbaguna

Kebanyakan clubhouse memiliki area khusus di mana penghuninya dapat mengadakan pesta, acara, dan pertemuan. Jenis ruangannya bisa indoor maupun outdoor yang digunakan untuk gathering dan berbagai acara sosial.

Dengan menggunakan ruang serbaguna ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menghabiskan waktu dengan sesama penghuni. Ruangan ini juga jadi tujuannya yang tepat jika Anda baru saja pindah dan ingin mengenal tetangga Anda. 

Arena Bermain Anak

Bagi Pins yang memiliki buah hati dan ingin mengajak mereka berkreasi tanpa harus keluar area perumahan, maka club house bisa jadi tujuan yang tepat. 

Hampir semua club house di komplek perumahan dan apartemen memiliki sarana bermain anak yang lengkap. Di sini Anda bisa mempertemukan si Kecil dengan anak-anak lain dari lingkungan sekitar. 

Fasilitas Rekreasi 

Area ini dibuat sebagai tempat bersenang-senang para penghuni. Misalnya bar, tempat bowling, hingga teater pribadi. 

Bahkan, sejumlah club house menyediakan berbagai kegiatan yang dapat disediakan, antara lain permainan papan, tenis meja, dan biliar.  

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia