Kamus Istilah Properti

Bean Bag

istilah properti

Bean Bag

Bean bag adalah bantalan besar berisi styrofoam untuk kursi santai yang mampu mengikuti bentuk tubuh saat digunakan.

Apa Itu Bean Bag?

bean bag
(Bangun Rumah Jogja)

Bean bag pertama merupakan kantung besar yang berisi butiran kacang kering. Jenis kursi ini pertama kali dirancang oleh perusahaan Italia bernama Zanotta oleh Piero Gatti, Cesare Paolini, dan Franco Teodoro pada tahun 1969. Namun, saat ini bean bag merupakan salah satu jenis kursi untuk bersantai. 

Secara arti, bean bag adalah bantalan besar berisi styrofoam tanpa rangka yang memiliki berbagai bentuk, seperti bulat, segitiga, hingga persegi, dengan pilihan material yang beragam. 

Selain styrofoam, biji isian bean bag juga beragam seperti bead beans, polystyrene beads, hingga dakron.

Kursi santai ini sekarang banyak ditemukan di rumah, di perkantoran, hingga tempat nongkrong anak muda. Hal ini karena bean bag dikenal karena nyaman, empuk, dan fleksibel karena bisa dengan mudah dipindahkan dari ruangan satu ke ruangan lainnya. 

Seiring berkembangnya zaman, saat ini Pins bisa menemukan berbagai bentuk bean bag seperti pear atau tear drop, karung bulat, sofa, hingga karung bulat mirip drum. Tak hanya itu, Pins juga bisa melakukan custom bean bag sesuai dengan keinginan. 

Pins bisa menempatkan kursi santai ini di berbagai area, baik indoor maupun outdoor, seperti di ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, halaman belakang, hingga teras rumah. 

Jenis-jenis Material untuk Bean Bag

bean bag
(Bramble Furniture)

Kursi santai satu ini memiliki ragam jenis yang dibedakan berdasarkan materialnya. Masing-masing jenis material untuk sarung bean bag ini memiliki keunggulan tersendiri.

Apa saja jenisnya? 

Nylon

Sarung yang berbahan nilon memiliki keunggulan yaitu ringan, kuat, dan bersifat elastis mengikuti bentuk tubuh ketika diduduki. Bahan nilon juga cocok digunakan untuk area outdoor karena lebih tahan air dan kotoran.

Cara membersihkannya juga mudah yaitu dengan menyikat menggunakan sikat gigi berbulu halus yang telah dibasahi menggunakan air sabun di area yang kotor.  

Suede

Material suede populer dipakai sebagai sarung. Memiliki kelebihan yang nyaman, tahan lama, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah rusak merupakan alasannya. Pins bisa membersihkan sarung berbahan suede memakai sikat karet suede. 

Jika tidak ada, Pins juga cukup memanfaatkan handuk lembut yang sudah dibasahi oleh air pada bagian yang kotor. Lalu, sikat seluruh permukaan suede dengan sikat sisir khusus suede dengan gerakan memutar.

Cotton

Karakteristik sarung kursi santai ini berbahan katun yaitu tidak elastis dan keras tetapi tidak akan melar mengikuti berat badan. Hal ini membuatnya lebih nyaman dan tidak mudah pegal.

Adapun terkait cara membersihkan sarung dari katun ini cukup dengan melepaskan lapisan luarnya lalu mencucinya di mesin cui. Selain itu, kalau mau lebih aman, bisa dibersihkan dengan kain yang sudah dibasahi oleh sabun batang. Usahakan agar Pins tidak memakai detergen biasa karena bahan kimianya terlalu keras untuk sarung katun ini. 

Vinyl

Sarung berbahan vinyl memiliki tampilan yang kaku dan mengkilat. Vinyl sendiri merupakan jenis dan tipe plastik yang dibuat dari etilena yang biasa ditemukan dalam minyak mentah dan klorin yang biasa ditemukan dalam garam biasa. 

Dibandingkan jenis lainnya, cara membersihkan sarung dari vinyl memang lebih susah. Pins membutuhkan adonan dari soda kue dan air hangat. Kemudian, adonan itu bisa dioleskan pada bagian yang kotor menggunakan sikat dengan sikat gigi bulu lembut.  

Kriteria Bean Bag yang Baik

bean bag
(Pasar Grosir Indonesia)

Kalau Pins ingin membeli bean bag, maka perhatikan beberapa kriteria bean bag yang baik agar tidak salah pilih, berikut ini: 

  • Pilih ukuran bean bag yang sesuai dengan di mana kursi ini diletakkan. Misalnya, ukuran besar dengan panjang dan lebar lebih dari 60 cm di ruang tamu sebagai pengganti sofa. Atau ukuran kecil berbentuk persegi berukuran 30 cm sebagai sandaran.  
  • Bentuk kubus atau bundar yang memiliki sandaran lebih disarankan karena akan makin nyaman diduduki. 
  • Bentuk memanjang disarankan jika Pins ingin memakainya untuk tidur. 
  • Pilih isian butiran yang berdiameter sekitar 2-5 mm memiliki elastisitas yang tinggi dan terasa padat jika Pins ingin memakainya sebagai tempat duduk.
  • Kalau mau lebih empuk, pilih produk dengan isi berdiameter 1 mm atau kurang sehingga teksturnya lembut saat disentuh dan fleksibel digunakan dalam berbagai posisi. 
  • Pilih bahan sarung sesuai dengan fungsi dan lokasi kursi santai ini akan ditempatkan. Misalnya, jenis katun dan suede cocok untuk indoor, sedang vinyl dan nilon cocok untuk area outdoor.     
  • Pastikan jahitan dan resleting sudah rapi dan kuat.

Cara Merawat Bean Bag Agar Awet

bean bag
(Idn Times)

Sebaik apapun jenisnya, tentu akan tetap rusak jika tidak dirawat dengan baik. Terlebih tidak seperti kursi pada umumnya, bean bag tidak memiliki ruang penyangga kaki sehingga rentan kotor. 

Yuk, simak panduan merawat kursi santai ini biar tetap awet berikut ini: 

Rutin Dibersihkan 

Sama seperti perabotan lain di dalam rumah, Pins juga harus membersihkan kursi santai ini dengan teratur dan serutin mungkin. Terkait kapan waktunya, tergantung pada penggunaan dan lingkungannya. 

Misalnya, bagi Pins yang meletakkannya di luar ruangan, tentu harus lebih sering membersihkannya dibanding menyimpannya di dalam ruangan. Lalu, kalau memiliki hewan peliharaan, kebersihanya harus lebih ekstra.  

Baca dengan Cermat Cara Membersihkannya di Label Perawatan 

Jika Pins membeli bean bag pada merk terpercaya, biasanya di dalamnya terdapat label yang berisi tata cara pembersihannya. Pastikan kamu sudah membaca dengan cermat petunjuk, termasuk petunjuk suhu air dan pengeringannya. 

Sebagai gambaran, berikut cara membersihkannya secara umum: 

  • Lepaskan sarung kain dari bean bag secara perlahan agar isiannya tidak bocor. Jika isiannya bocor, masukkan ke dalam kantung dan ganti dengan yang baru.
  • Hilangkan noda dengan cara menyikatnya menggunakan jari atau sikat berbulu lembut yang sudah diberikan sabun batang atau pembersih berbasis enzim. Pastikan sudah bersih dari noda. 
  • Masukkan ke dalam mesin cuci setidaknya selama 15 menit atau sesuai petunjuk. 
  • Keringkan sesuai petunjuk perawatan untuk pengeringan yang tertera pada label. Pins juga bisa menjemurnya dengan cara diangin-anginkan atau meletakkan di tempat yang teduh untuk mencegah penyusutan akibat panas berlebih saat pengering. 
  • Pasang kembali sarung ke dalam isiannya. 

Masukkan ke dalam Ruangan Jika Tidak Digunakan 

Jika Pins meletakannya di luar ruangan, sebaiknya kursi santai ini tetap dimasukan ke dalam ruangan ketika sudah tidak digunakan. Sebaik apapun kualitasnya, sebenarnya bean bag tidak didesain untuk tahan hujan ataupun cuaca.

Ketika terpaksa kehujanan, cepat cuci dan keringkan agar terbebas dari jamur dan bau karena terlalu sering berada di tempat yang lembab. 

Terakhir, jangan menaruh di tempat yang basah ataupun permukaan yang kasar maupun terkena matahari secara langsung karena warnanya akan memudar. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.