Kamus Istilah Properti

Eksterior

istilah properti

Eksterior

Eksterior adalah bagian dari bangunan yang berbatasan dengan lingkungan sekitar.

Apa Itu Eksterior? 

(bergerpaint.com)

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian exterior adalah bagian luar (rumah, gedung, dan sebagainya). Ini berarti, exterior adalah bagian dari bangunan yang berbatasan dengan lingkungan sekitar. 

Berbeda dengan interior yang mencakup semua yang ada di dalam rumah Anda, seperti kamar tidur, dapur dan kamar mandi, pada exterior memperhatikan berbagai hal di luar ruangan seperti desain taman, kanopi, hingga teras. 

Desain eksterior tidak hanya mencakup seperti apa struktur arsitekturnya tetapi juga furniture, lantai, cat, hingga dekorasi yang cocok untuk penggunaan di luar ruangan. 

Elemen Desain Eksterior

(babenews)

Desain exterior adalah karya seni arsitektur sebuah bangunan untuk bagian terluar dari bangunan tersebut. Eksterior ini terdiri dari beberapa unsur-unsur atau elemen pembentuknya yang terdiri bagian-bagian yang berhubungan dengan luar ruangan terutama yang berbatasan dengan lingkungan sekitar. 

Berikut ini tiga unsur exterior dan bagiannya:

Elemen Arsitektur 

Desain eksterior berfungsi sebagai pendukung konsep dari bangunan sehingga harus menampilkan estetika dan meningkatkan nilai pada bangunan tersebut. 

Salah satu elemen pembentuk eksterior yang mendukung fungsi ini adalah bagian arsitektur. Adapun beberapa elemen arsitektur pada desain exterior adalah:

  • Jendela
  • Pintu
  • Dinding
  • Atap
  • Tangga
  • Kolom
  • dan sebagainya.

Konstruksi 

Elemen eksterior selanjutnya yaitu konstruksi. Sebuah desain exterior tidak dapat dipisahkan dari ruang-ruang bagian dalam, karena memiliki pengaruh langsung terhadap interior Anda. 

Elemen ini yang menjadi penyatu antara interior dengan exterior. Contoh dari bagian kontruksi exterior adalah pintu gerbang, garasi, hingga kanopi. 

Landscape

Pada sebuah exterior, landscape menjadi aspek penting untuk menciptakan atmosfer dan identitas sesuai yang Pins inginkan. Misalnya desain eksterior lebih tertutup dan privat jika Anda tinggal di lingkungan yang padat dan ramai.

Bagian dari landscape ini diantaranya penerangan luar, kolam, dan taman.  

Tips Desain Eksterior untuk Ciptakan Rumah Idaman

(inspirationist.net)

Selain interior, desain eksterior juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Sebuah eksterior ruangan tak jarang membuat orang lain merasa takjub. 

Nah, buat Pins yang membutuhkan ide desain exterior yang cantik, yuk simak dulu tipsnya berikut ini.

Jumlah Jendela yang Cukup 

Salah satu elemen penting dalam exterior adalah jendela. Peran jendela sangatlah penting yaitu untuk sirkulasi cahaya dan udara dari dalam dan luar bangunan. Melalui jendela, jalur keluar udara kotor dari rumah dapat digantikan dengan masuknya udara bersih ke dalam rumah. 

Untuk itu, pastikan ketika mendesain ruangan, setiap ruangan, baik itu ruang tamu, kamar, hingga dapur, memiliki jendela dengan bukaan yang cukup. Agar rumah lebih sehat, usahakan ketika merancang jendela rumah agar bisa terkena cahaya matahari secara langsung, ya, Pins!

Pilih Atap yang Tepat 

Atap tidak hanya sebagai pelengkap bangunan. Untuk itu, penting untuk Anda memilih material atap yang memiliki durabilitas tinggi, yakni tahan lama, tahan air, dan tahan terhadap sengatan sinar matahari.

Pilihlah material yang paling kuat menopang keseluruhan bangunan dan tahan terhadap kondisi cuaca di lingkungan sekitar.  

Pins bisa memilih berbagai material atap berkualitas dengan variasi harga yang berbeda-beda tentunya, mulai dari atap keramik, beton, atap galvalum, atap spandek hingga seng. 

Gunakan Material yang Ramah Lingkungan 

Agar rumah tetap sejuk, Pins bisa menggunakan material yang ramah lingkungan. Tak hanya pada bagian exterior, penggunaan material ramah lingkungan berlaku pada semua elemen rumah. 

Pada bagian exterior lain seperti atap, hindari penggunaan material asbes yang berpotensi menimbulkan masalah penyakit dan menggantinya dengan atap exterior ramah lingkungan dengan formulasi baja ringan yang jauh lebih kukuh dan aman terhadap lingkungan.

Lengkapi dengan Area Hijau 

Apapun tema hunian Anda, pastikan untuk tetap mengadakan area hijau dengan menghadirkan tanaman, ya, Pins. Keberadaan tanaman dapat memberikan kesegaran bagi penghuni rumah sehingga hunian jadi lebih sejuk.  

Namun, jika area eksterior hunian tidak terlalu luas, Anda bisa membuat taman vertikal pada dinding, serta menyimpan pot mini berisi kaktus. Selain cantik, kaktus berperan sebagai pengusir bakteri alami, lho!   

Gunakan Cat Khusus Eksterior

Secara fungsionalis, cat digunakan untuk melindungi dan memperindah permukaan dinding rumah. Untuk area luar, sebaiknya Pins menggunakan cat khusus exterior. Cat ini akan berfungsi untuk melindungi tembok dari cuaca. 

Jika dibandingkan dengan cat interior, cat exterior ini cenderung lebih tahan terhadap sinar UV, anti jamur, sulit pudar dan juga tidak mudah menggelembung. Tipe cat ini sendiri dibutuhkan di luar ruangan karena cat ini akan langsung terkena sinar matahari dan hujan sehingga dapat membuat dinding menjadi lebih mudah retak 

Anda bisa memilih cat eksterior berbahan dasar air atau cat eksterior yang berbahan dasar minyak. Untuk cat eksterior berbahan dasar air biasanya lebih murah jika ditinjau dari segi biaya dan memiliki daya lengket yang kuat di dinding. Sementara cat eksterior berbahan dasar minyak, biasanya akan memberikan kesan mengkilap pada dinding rumah, mudah dicuci dan juga tidak mudah keropos.


Kontributor: Linda

Editor: Iko