Kamus Istilah Properti

Kuldesak

istilah properti

Kuldesak

Kuldesak adalah posisi tanah atau rumah yang berada di ujung jalan buntu.

Apa Itu Kuldesak? 

kuldesak
(Shutterstock)

Istilah kuldesak telah menginspirasi penggunaannya sebagai metafora dalam sastra dan budaya. Kata kuldesak alias cul-de-sac, di Indonesia lebih populer disebut sebagai jalan buntu. 

Kata ini berasal dari bahasa Perancis yaitu cul-de-sac yang berarti tanah kosong di jalan buntu. Ciri tanah ini yaitu adanya bagian depan yang cenderung sempit, tetapi melebar pada bagian sisi belakang.

Sejumlah kuldesak tidak memberikan jalan kecuali untuk pergi ke dalam dan ke luar. Meski begitu, beberapa kuldesak memungkinkan sepeda, pejalan kaki atau non-otomotif lainnya untuk melewati jalan penghubung atau jalan setapak.

Dalam perencanaan kota dan lalu lintas cul-de-sac mendefinisikan jalan lokal yang dibuat untuk membatasi arus lalu lintas di wilayah pemukiman. Terutama yang memiliki fungsi akses untuk properti atau residensi daripada fungsi transportasi untuk kendaraan. 

Sejarah Kuldesak

kuldesak
(Shutterstock)

Cul-de-sac pertama kali dihadirkan dalam perencanaan perumahan selama puncak zaman Athena dan Romawi sebagai sarana pertahanan diri yang dapat menjebak penjajah asing yang tidak terbiasa dengan wilayah tersebut. 

Kurangnya jalan raya akan dapat memusingkan penduduk, yang mungkin menjelaskan mengapa Inggris melarang pembangunan jalan buntu pada tahun 1875.

Namun pada tahun 1906, Inggris kembali melegalkan jalan buntu sebagai bagian dari Undang-Undang Pinggiran Kota Hampstead Garden. Penyebabnya karena banyak peneliti yang melihat bahwa pembangunan kuldesak memiliki manfaat bagi keluarga dan anak-anak sehingga lebih aman. 

Keuntungan Memilih Kuldesak

(Shutterstock)

Memiliki rumah di area kuldesak memiliki sejumlah keuntungan, terutama dari segi keamanannya. Berikut ini beberapa penjelasan terkait keuntungannya:

Memberikan Ketenangan  

Tinggal di cul de sac nyatanya menawarkan ketenangan dan kedamaian karena tidak adanya lalu lalang kendaraan. Hanya sedikit kemungkinan Pins akan terganggu oleh suara tetangga yang berisik karena orang-orang hanya memasuki jalan buntu jika mereka tinggal di sana atau hendak  mengunjungi seseorang.  

Pins akan merasakan manfaatnya jika tinggal bersama bayi atau sedang menjalani work from home.  

Aman Bermain Anak-anak 

Lantaran minimnya lalu lalang orang dan kendaraan serta karena memiliki lebih sedikit mobil di jalan maka tingkat keselamatan meningkat. Mobil cenderung melaju lebih lambat karena tujuan mereka biasanya dekat.  

Ini berarti anak-anak dapat bermain di luar dan mengendarai sepeda mereka dengan lebih bebas. Dan jika Pins adalah pemilik hewan peliharaan dari kucing pengembara, maka mereka dapat bersantai mengetahui bahwa ada lebih sedikit bahaya di sekitarnya.

Lingkungan yang Baik 

Karena sifatnya yang aman dan tenang, tinggal di cul de sac dapat menciptakan rasa kebersamaan dan kedekatan antar keluarga.  

Anak-anak cul de sac cenderung bermain di halaman depan satu sama lain sehingga mengarahkan pada ikatan di antara orang tua.  

Minimnya Tingkat Kejahatan

Bagian depan kavling yang sempit, terbilang sangat baik serta hanya memiliki satu akses jalan masuk yang tidak dilalui oleh sembarang orang. Terlebih kalau lingkungannya yang baik dan punya rasa kekeluargaan maka penghuni lebih cenderung saling menjaga rumah dari sudut pandang keamanan. 

Setiap orang asing bisa terdeteksi dengan cepat. Tanpa jalan raya, pencuri dipastikan akan sulit masuk.

Kualitas Udara Lebih Baik 

Mengingat sedikitnya kendaraan yang lewat, maka kemungkinan besar rumah di area ini lebih bebas polusi sehingga memiliki kualitas udara yang lebih baik. 

Alhasil, rumah di jalan buntu juga bisa memberikan sirkulasi udara yang baik dan posisinya yang mudah mendapatkan akses cahaya alami dan udara dari berbagai arah.

Nilai Investasi yang Menarik

Karena manfaat yang tercantum di atas, beberapa orang bersedia membayar lebih untuk rumah di cul de sac

Terlebih biasanya rumah kuldesak umumnya memiliki sisa lahan yang dapat dikelola sesuai keinginan. Hal ini menjadikan rumah ini memiliki harga jualnya yang lebih tinggi.

Kekurangan Rumah Kuldesak

(Shutterstock)

Di sisi kelebihannya yang banyak, ada beberapa kekurangan rumah di jalan buntu yang harus Pins pertimbangkan, antara lain:

  • Rumah cul de sac memiliki area depan yang sempit dan terbatas sehingga lebih sulit jika ingin parkir di depan rumah.
  • Pintu masuk yang sempit. 
  • Dalam feng shui, rumah di ujung jalan buntu memiliki energi alam dianggap menjadi stagnan dan tidak bisa bertahan lama. Dampaknya akan kurang dari segi rezeki. 

Tips Tinggal di Jalan Buntu

Shutterstock
(Shutterstock)

Meski begitu Pins tinggal di rumah cul de sac tetap memiliki pilihan menarik. Untuk mengatasi kekurangan yang disebutkan di atas, Pins bisa mengakalinya dengan hal-hal berikut. 

Posisi Pintu Masuk Utama 

Sebelum membangun, Pins juga perlu mempertimbangkan posisi pintu masuk utama untuk membedakan mana bagian depan dan mana bagian belakang.  

Tidak masalah jika hanya ingin membuat satu fasad di salah satu sisi, hal ini akan mempermudah dalam pembagian ruang.  

Buat Area Hijau 

Membangun taman hijau di bagian belakang dan depan rumah merupakan ide menarik buat Pins yang tinggal di area ini. Untuk menghalau energi negatif, buatlah air mancur di area tersebut.

Bisa juga dengan membuat dua teras yaitu pada bagian depan dan samping rumah. namun salah satu sisi tetap di desain sebagai tampak muka rumah, hal ini bertujuan agar tamu tidak bingung mau pilih pintu yang mana.

Penggunaan Lahan 

Hindari menggunakan semua tanah untuk bangunan. Hal ini untuk menyiapkan lahan bermain anak-anak, dan kita juga perlu menjaga lingkungan dengan membuat taman di halaman rumah.

Lebih bagus lagi jika ditambahkan lobang biopori agar bisa menjadi tempat resapan air ke bawah tanah. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.