Kamus Istilah Properti

Cerobong Asap

istilah properti

Cerobong Asap

Cerobong asap adalah saluran vertikal yang dipasang pada sebuah bangunan dan diposisikan di atas perapian sebagai tempat buangan gas atau asap.

Apa Itu Cerobong Asap?

(Gettyimages)

Cerobong asap adalah saluran vertikal yang dipasang pada sebuah bangunan dan diposisikan di atas perapian sebagai tempat buangan gas atau asap. Dalam bahasa Inggris, cerobongdisebut dengan chimney.

Struktur chimney berupa pipa ventilasi yang bekerja layaknya sebuah terowongan. Asap, panas, atau gas buang yang tidak diinginkan dari kompor atau perapian, akan ditransfer ke tempat terbuka tanpa menyebarkan atau melepaskannya di dalam area dalam rumah.

Penggunaan chimney ini identik dengan interior rumah di wilayah dengan empat musim. Tetapi saat ini, di Indonesia pun sudah banyak ditemukan rumah-rumah yang memiliki cerobong asap di dalamnya. 

Desainnya pun semakin berkembangnya, bahkan demi memaksimalkan ruangan saat ini cerobong sudah bisa ditanam.

Fungsi Cerobong Asap

Fungsi utama cerobong asap adalah untuk mengontrol asap ketika api dinyalakan sehingga tidak akan memenuhi ruangan. Cerobong juga memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga rumah tetap hangat dan juga memastikan bahwa perapian berfungsi dengan baik.

Untuk itulah, ketika memasang chimney, sangatlah penting untuk memakai bahan yang sangat tahan lama dan berkualitas.

Selain itu, chimney juga dapat membuat udara di dalam rumah tetap segar karena asap tidak akan menyebar di dalam rumah. Suasana memasak pun akan lebih nyaman tanpa gangguan asap dan aroma dari masakan.

Lebih dari itu, cerobong pun memiliki fungsi dari segi arsitektur dan estetika. Sebuah rumah yang memiliki chimney di dalamnya akan tampak lebih indah dan terlihat lebih lengkap. 

Agar dari sisi estetika dapat berfungsi, tembok yang dibangun harus disesuaikan dengan desain cerobong yang akan ditempelkan. Apalagi mengingat sifat cerobong yang permanen  dan hanya bisa digunakan pada satu sisi ruangan. 

Penempatan chimney mesti menyesuaikan dengan lokasi kompor dan alat masak lain yang mengepulkan asap ke langit-langit rumah. 

Cara Kerja Cerobong Asap

(Bob Vila)

Melihat tampilannya, mungkin banyak orang sering bertanya-tanya dengan takjub tentang bagaimana sebenarnya cerobong ini bekerja.  

Seperti disebutkan sebelumnya, cerobong pada dasarnya akan membantu menghilangkan semua asap dan gas dengan cara melepaskannya ke udara. Setiap perapian membutuhkan cerobong karena harus ada saluran keluar untuk perpindahan panas, gas, dan asap. 

Aliran udara menjadi hal penting agar cerobong asap dapat berfungsi dengan baik. Pergerakan udara dan asap ke atas yang terjadi di dalam cerobong asap disebut ‘draft’. Hal ini terjadi karena gas yang dipanaskan kurang padat daripada gas yang dingin, sehingga asap yang lebih ringan ini naik dan keluar dari cerobong asap .

Ada empat faktor utama yang mempengaruhi draft cerobong, antara lain tinggi cerobong, tekanan udara, pipa cerobong, dan penghalang.  

Setiap chimney yang berfungsi dengan baik dan dibangun dengan benar akan terdiri dari draft kuat yang memungkinkan tarikan asap dan gas keluar ke atmosfer melalui cerobong asap.

Jenis Cerobong Asap

Ada berbagai jenis chimney yang bisa Pins temukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikut ini diantaranya:

Masonry Chimneys

(GettyImages)

Masonry Chimneys adalah tipe standar cerobong yang terbuat dari batu bata, semen, mortar, balok atau batu. Jenis ini biasanya disertai dengan perapian batu yang merupakan dinding berlekuk sederhana di mana Pins membuat api di atas kayu.

Semua panas dan asap mengalir ke atas melalui saluran seperti terowongan ke atap dan kemudian keluar ke atmosfer. Kelebihan cerobong jenis ini adalah seringkali batu bata yang digunakan dalam konstruksinya memiliki kemampuan untuk menyerap panas. 

Tentu saja ini akan sangat berguna, terutama selama musim dingin karena sebagian dari panas yang diserap menyebar ke ruangan lain dan membuatnya tetap hangat.

Selain itu, perapian cerobong ini memiliki nilai estetika yang dapat membuat ruangan terlihat lebih indah dan elegan. 

Material batu untuk cerobong pun cenderung lebih tahan lama selama Pins memastikan perawatan yang tepat, pembersihan rutin, dan penggunaan aksesori yang tepat.  

Metal Chimneys

(Gettyimages)

Jenis ini dibangun menggunakan baja tahan karat. Kebanyakan dari penghuni rumah sangat menyukai tampilan dari cerobong asap ini. Berbagai jenis ventilasi logam yang digunakan dalam cerobong asap jenis ini biasanya dicirikan oleh jenis bahan bakar yang dikeluarkannya

Dalam cerobong logam, terdapat isolasi antara dinding sehingga memberikan dapat menghilangkan panas dengan sangat baik. 

Kelemahan dari cerobong asap ini adalah tidak ‘fleksibel’ seperti cerobong batu. Mereka umumnya terbatas pada sudut 15 dan 30 derajat..

Dibandingkan masonry chimney, cerobong ini membutuhkan lebih banyak ruang karena ukurannya lebih besar sehingga kurang cocok bagi rumah mungil. Dari segi harga pun mungkin lebih mahal. 

Prefabricated Chimneys

(Shutterstock)

Jenis selanjutnya termasuk modern dan kontemporer yang akan sering Pins temukan di sebagian besar rumah saat ini. Prefabricated chimney adalah cerobong yang dibuat dari lembaran logam yang diproduksi oleh pabrik sebelum dikirim ke gedung atau rumah.

Desain chimney buatan pabrik ini terbilang trendi dan dilengkapi dengan perapian yang dirancang cukup inovatif juga. Pins juga dapat memilih dari berbagai bahan yang berbeda untuk digunakan dalam konstruksi cerobong dan perapian.

Namun, satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memasang jenis ini adalah perapiannya tidak cocok untuk semua jenis chimney

Dengan kata lain, perapian prefabrikasi hanya bekerja dengan baik dengan cerobong asap tertentu.

Kemudian, prefabricated chimneys juga tidak terlalu tahan lama sekalipun dengan perawatan dan pembersihan rutin. Ada empat jenis utama cerobong asap buatan pabrik yang dapat dipilih untuk dipasang di rumah, diantaranya:

  • Air-Cooled Chimneys: chimney dengan pendingin udara dengan cara kerja menyerap sejumlah besar panas yang naik melalui cerobong asap. Jenis ini tidak disarankan untuk digunakan jika Pins tinggal di tempat yang cuacanya dingin hampir sepanjang tahun.  
  • Cerobong Berdinding Ganda, atau disebut cerobong berinsulasi massal karena dibuat dengan menggunakan lapisan logam kembar atau ganda seperti baja tahan karat. Bahan insulasi biasanya ditempatkan di antara dua lapisan logam sehingga pertukaran panas melalui logam berkurang secara signifikan.
  • Air-Insulated Chimneys yang sangat mirip dengan cerobong berpendingin udara, kecuali bahwa tujuan udara di sini bukan untuk bergerak untuk mendinginkan atau membuang panas tetapi untuk bertindak sebagai isolator. Jadi, cerobong berinsulasi udara terutama dibuat dan dibangun untuk meminimalkan pergerakan udara di antara beberapa lapisan logam atau baja tahan karat.
  • Cerobong kombinasi, memanfaatkan fitur dari berbagai jenis cerobong asap lainnya. 

Fireplace Insert Chimneys

(Shutterstock)

Jenis cerobong asap ini berupa perapian yang menggunakan sisipan perapian yang biasanya merupakan jenis tungku kayu khusus. Tipe satu ini dirancang khusus untuk dapat dipasang dengan sempurna di perapian batu terbuka. 

Kompor terhubung langsung ke bagian atas cerobong dengan bantuan sistem liner stainless steel. Sisipan ini biasanya dimasukkan ke dalam perapian batu yang ada dan selanjutnya dihubungkan ke cerobong yang mengarah ke luar.

Freestanding Stove Chimneys

(Shutterstock)

Jenis chimney selanjutnya berbentuk kompor yang berdiri bebas dimasukkan atau dipasang ke dalam cerobong yang dibuat khusus.

Cerobong jenis ini dapat berupa pasangan bata atau salah satu dari cerobong asap logam yang dibuat pabrik. Sebelum digunakna, nantinya chimneys ini akan diuji kemampuannya untuk digunakan dengan peralatan pembakaran kayu.

Cerobong Tungku Pembakaran Kayu

(Shutterstock)

Terakhir adalah jenis cerobong yang paling kuno dan biasa digunakan selama tahun 1800-an. Seperti namanya, cerobong ini akan membakar kayu untuk panas. 

Terdiri dari pipa kompor yang memanjang dari dasar cerobong. Berbeda dengan masonry chimney, cerobong ini tidak memiliki pipa kompor langsung melalui atap.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.