Pinhome

4 Jenis Cat Dinding Rumah dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 1 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Cat dinding akan membuat suasana rumah menjadi lebih menarik dan berwarna. Cat dinding yang berwarna cerah akan membantu menambah semangat dan suasana hati lebih ceria. Namun, jika cat dinding di rumah tidak pernah diganti, tentu akan membuat para penghuninya merasa bosan.

Gantilah cat dinding di rumah agar rumah terlihat baru, bersih dan nyaman untuk dilihat. Sebelum mengganti cat rumah, pastikan tipe cat yang dipilih sesuai dengan ruangan di rumahmu. Pahamilah beberapa jenis cat dinding agar sesuai dengan keinginan dan cocok diaplikasikan di rumah.

Baca juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah Untuk Pemula

Jenis Cat Dinding Rumah

jenis cat dinding

Berikut ini ada 4 jenis cat dinding yang dapat kamu pilih untuk mengecat rumah.

Matte atau Doff

Penggunaan cat dinding matte atau doff ini jika di cat pada dinding rumah akan meresap dan sangat menempel, tetapi cat tersebut akan memberikan efek kilap pada permukaan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena cat ini tetap terlihat lembut. Cat dinding dengan tipe matte sangat tahan lama terhadap cuaca dan teriknya sinar matahari. Sehingga akan cocok bila digunakan pada dinding luar rumah. Selain itu, cat ini juga dapat diaplikasikan di dalam rumah, karena memiliki efek yang lembut.

Baca juga: Yakin Mau Cat Rumah Sendiri? Cari Tahu Dulu Jenis dan Harga Cat Tembok

Eggshell

Cat dinding eggshell cenderung bertekstur tetapi tetap halus. Cat tipe ini memiliki tampilan yang mirip dengan kulit telur, sehingga akan mudah untuk dibersihkan pada bagian permukaanya. Cat eggshell juga juga tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Kamu dapat menggunakan cat tipe eggshell ini pada dinding ruang tamu atau di ruang keluarga.

Baca juga: Tips Menata Rumah Mungil dan Sempit Agar Terlihat Luas

Satin

Cat tipe satin memiliki tampilan cat yang terlihat mewah. Berbeda dengan cat tipe matte yang sangat menempel pada dinding, cat tipe satin tidak terlalu menempel di dinding. Jika menyentuh dinding yang menggunakan cat tipe satin, tanganmu akan terasa lembut.

Cat tipe satin sering digunakan pada ruang galeri dan resto, karena cat satin memiliki warna yang teduh dan tidak memantulkan cahaya. Selain galeri dan ressto, cat ini cocok juga digunakan pada kamar tidur dan ruang tamu karena mudah sekali untuk dibersihkan.

Baca Juga: Penyebab Dinding Tembok Retak

Glossy

Cat tipe glossy memiliki dua jenis, yaitu high gloss dan semi gloss. High gloss memiliki kecenderungan untuk memantulkan cahaya, sehingga akan terlihat lebih berkilau. Penggunaanya cocok untuk eksterior yang sering terpapar sinar. Sedangkan semi gloss memiliki tingkat kilap yang cenderung lebih rendah. Gunakan tipe ini pada ruangan yang mudah terkena noda.

Demikian empat tipe cat dinding yang dapat menjadi referensimu. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel