BlogPemilik PropertiDesain HunianDaftar dan Jenis Ukuran Triplek
0
0

Daftar dan Jenis Ukuran Triplek

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 27, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Triplek menjadi salah satu bahan yang diminati karena ringan dan tidak perlu usaha ekstra untuk membawanya. Tetapi yang perlu kita ketahui, jenis ukuran triplek dan ketebalannya juga menjadi faktor penting dalam membuat kebutuhan rumah.

Aplikasi Pinhome juga tak kalah penting daripada memahami jenis ukuran triplek. Fitur PinValue membantumu menemukan sewa apartemen di Mampang Prapatan, rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa dan sebagainya.

Standar Ukuran Triplek di Indonesia

Source : Harga Web

Perlu diketahui bahwa material untuk membangun sebuah rumah sangat banyak. Mulai dari pondasi rumah itu sendiri, rangka, kayu, lantai, menghitung kebutuhan batu bata dan masih banyak lagi.

Semua material tersebut mempunyai perannya masing-masing dalam pembangunan sebuah rumah. Termasuk jenis-jenis triplek beserta ukurannya yang sering digunakan pada saat melakukan pembangunan.

Untuk ukuran triplek sendiri sebenarnya standar yaitu 2440 mm x 1120 mm. Yang membedakan adalah ketebalan dari masing-masing jenis triplek. Jenis kayu di Indonesia memang bervariasi, sekarang yang terpenting hanya melihat kualitas yang dipilih untuk membuat kebutuhan rumah.

Baca juga: Cara Memasang Plafon Triplek

Harga dan Jenis-Jenis Triplek

Harga triplek juga tergantung dari jenis serta ukuran dari material tersebut. Berikut beberapa jenis-jenis triplek yang sering digunakan saat membangun rumah:

1. Triplek Melamin

jenis jenis triplek beserta ukurannya
Source : Made In China

Triplek melamin atau biasa disebut dengan decorative plywood merupakan jenis ukuran triplek yang mengandung bahan melaminto (mengkilapkan). Bahan tersebut merupakan bahan yang digunakan untuk mempercantik kayu dan sejenisnya.

Ukuran triplek melamin ini bervariasi dan sangat mulus. Untuk Pins yang sedang memperindah sebuah ruangan agar terlihat lebih menarik, ukuran triplek melamin yang beragam dapat Pins pilih.

Mulai dari besar, sedang dan kecil. Harga triplek melamin pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 450.000. Ingat ya Pins, semua tergantung kebutuhan dan ukuran triplek melamin sendiri.

Baca juga:

2. MDF

Source : Tisera

Selanjutnya adalah triplek jenis MDF. Medium Density Fiberboard merupakan jenis triplek yang digunakan untuk pembangunan.

Bahannya cenderung padat karena merupakan perpaduan bahan antara triplek softwood dan triplek hardwood. Berikut terlampir kisaran harga dari ukuran papan triplek jenis MDF.

Triplek MDFHarga (Rp)
9 mm100.000
15 mm155.000
18 mm180.000

3. Triplek Meranti

jenis jenis triplek beserta ukurannya
Source : Arsiteki

Triplek meranti atau biasa disebut dengan blockboard, merupakan salah satu triplek terkuat karena terbuat dari tiga lapisan serat kayu. Mayoritas kayu akasia ini membuat jenis ukuran triplek meranti menjadi kuat.

Tetapi Pins, kayu yang diklaim kuat ini ada kelemahannya, yaitu arah seratnya yang sulit untuk dipotong. Ukuran triplek Meranti pun sama seperti ukuran papan triplek standar lainnya yang ada di Indonesia  2400 mm x 1120 mm dengan harga sebagai berikut:

Meranti 122 x 244 cmHarga (Rp)
3 mm45.000
4 mm58.000
8 mm87.000
9 mm95.000
12 mm152.000
15 mm182.000
18 mm226.000

4. Partikel Blok

Source : Pengadaan

Pins, sebelumnya sudah dibahas untuk papan triplek terkuat, kini kita mengenal jenis lainnya dari papan triplek. Yaitu papan triplek partikel blok.

Jenis ukuran papan triplek satu ini di klaim cukup lemah. Untuk kualitasnya dapat dikatakan paling rendah. Hal tersebut dikarenakan jenis ukuran triplek biasa ini terbuat dari serbuk kayu dan rentan sekali dengan air.

Biasanya digunakan untuk membuat furniture dan interior rumah. Untuk jenis ukuran triplek partikel blok pun sama dengan triplek lainnya. Harganya sendiri mulai dari Rp145.000 ke atas tergantung ketebalannya.

5. Plywood WPC

jenis jenis triplek beserta ukurannya
Source : Indonetwork

Selanjutnya WPC (Wood Plastic Composite) yaitu salah satu jenis ukuran papan triplek yang mempunyai ketahanan terhadap air sangat baik. Selain itu ketahanan terhadap benturannya juga cukup diperhitungkan.

Tidak heran jenis ukuran triplek ini sering dipakai di area kamar mandi. Harganya untuk jenis plywood Abasia antara lain adalah:

Abasia 122 x 244 cmHarga (Rp)
4 mm52.000
6 mm82.000
8 mm87.000
9 mm124.000
12 mm155.000
15 mm176.000
16 mm167.500

6. Multiplek

Source : Bisnis

Untuk jenis papan triplek satu ini, dibuat dari lapisan kayu yang sudah di tekan atau press dengan mesin berkekuatan tinggi. Hal tersebut membuat triplek ini rapat dan solid.

Seperti halnya wajah Pins, kayu juga mempunyai pori-pori. Semakin rapat pori-pori dalam kayu semakin kuat kayu ini bertahan. Harganya dapat disimak pada tabel di bawah ini:

Sengon 122 x 244 cmHarga (Rp)
4 mm41.000
6 mm52.000
8 mm82.000
9 mm94.000
12 mm123.000
15 mm153.000
16 mm165.500

7. Teakblock

Source : Kumparan

Terakhir ada teakblock. Jenis ukuran triplek satu ini dapat dikatakan mempunyai lembaran yang cukup kuat.

Dengan memiliki lapisan tersendiri, teakblock mempunyai harga yang cukup tinggi. Teakblock sendiri biasa digunakan sebagai pelapis papan kayu karena ketahanannya terhadap benturan dan juga air. Harganya sendiri bisa disimak dalam tabel yang ada di bawah ini:

Sengon 122 x 244 cmHarga (Rp)
TM3 x 763.000
TM4 x 878.000
Silver 4x 893.000

Setelah mengenal jenis ukuran triplek diatas, Pins pasti semakin lebih paham bukan? Mana triplek yang baik untuk membuat furniture, mana yang biasa dipakai di kamar mandi dan triplek terbaik untuk membangun rumah.

Yang terpenting Pins tidak perlu khawatir akan ukuran papan triplek biasa yang digunakan mayoritas masyarakat Indonesia. Karena ukuran standar Indonesia sudah tertera diatas.

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download