Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • 7 Jenis Ukuran Triplek yang Biasa Digunakan untuk Kebutuhan Rumah

Tips Properti

7 Jenis Ukuran Triplek yang Biasa Digunakan untuk Kebutuhan Rumah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 8 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Perlu diketahui bahwa material untuk membangun sebuah rumah sangat banyak. Mulai dari pondasi rumah itu sendiri, rangka, kayu, lantai, batu bata dan masih banyak lagi. Semua material tersebut mempunyai perannya masing-masing dalam pembangunan sebuah rumah. Dalam rangka pemikiran keterbatasan dalam hal waktu dan dana, banyak dari para konsumen memilih material yang lebih hemat dan lebih cepat pemasangannya. Seperti triplek.

Triplek sendiri menjadi salah satu bahan yang diminati karena ringan dan tidak perlu usaha ekstra untuk membawanya. Selain itu karena bahannya yang cenderung lentur, triplek dapat dibentuk dengan mudah sesuai kebutuhan. Tetapi yang perlu kita ketahui, ukuran triplek dan ketebalan triplek juga menjadi faktor penting lho dalam membuat kebutuhan rumah. Nah Pins, mari kita lihat apa saja jenis-jenis ukuran triplek yang dapat digunakan untuk membangun rumah.

Jenis-Jenis Triplek Beserta Ukurannya

Standar Ukuran Triplek di Indonesia

Untuk ukuran triplek sendiri sebenarnya standar yaitu 2440 mm x 1120 mm. Yang membedakan adalah ketebalan dari masing-masing jenis triplek. Jenis kayu di Indonesia memang bervariasi, sekarang yang terpenting hanya melihat kualitas yang dipilih untuk membuat kebutuhan rumah. Terlampir tabel ukuran triplek biasa berdasarkan jenis ketebalannya :

(Pengadaan Web)

Jenis-Jenis Triplek

(Harga Web)

Triplek Melamin

Triplek melamin atau biasa disebut dengan decorative plywood merupakan jenis ukuran triplek yang mengandung bahan melaminto (mengkilapkan). Bahan tersebut merupakan bahan yang digunakan untuk mempercantik kayu dan sejenisnya. Ukuran triplek melamin ini bervariasi dan sangat mulus. Untuk Pins yang sedang memperindah sebuah ruangan agar terlihat lebih menarik, ukuran triplek melamin yang beragam dapat Pins pilih. Mulai dari besar, sedang dan kecil. Harga triplek melamin pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 450.000. Ingat ya Pins, semua tergantung kebutuhan dan ukuran triplek melamin sendiri.

MDF

(Dekoruma)

Selanjutnya adalah triplek jenis MDF. Medium Density Fibreboard merupakan jenis triplek yang digunakan untuk pembangunan. Bahannya cenderung padat karena merupakan perpaduan bahan antara triplek softwood dan triplek hardwood. Berikut terlampir kisaran harga dari ukuran papan triplek jenis MDF.

Triplek Meranti

Triplek meranti atau biasa disebut dengan blockboard, merupakan salah satu triplek terkuat karena terbuat dari tiga lapisan serat kayu. Mayoritas kayu akasia ini membuat jenis ukuran triplek meranti menjadi kuat. Tetapi Pins, kayu yang diklaim kuat ini ada kelemahannya, yaitu arah seratnya yang sulit untuk dipotong. Ukuran triplek Meranti pun sama seperti ukuran papan triplek standar lainnya yang ada di Indonesia  2400 mm x 1120 mm.

Partikel Blok

Pins, sebelumnya sudah dibahas untuk papan triplek terkuat, kini kita mengenal jenis lainnya dari papan triplek. Yaitu papan triplek partikel blok. Jenis ukuran papan triplek satu ini di klaim cukup lemah. Untuk kualitasnya dapat dikatakan paling rendah. Hal tersebut dikarenakan jenis ukuran triplek biasa ini terbuat dari serbuk kayu dan rentan sekali dengan air. Biasanya digunakan untuk membuat furniture dan interior rumah. Untuk jenis ukuran triplek partikel blok pun sama dengan triplek lainnya.

Plywood WPC

Selanjutnya WPC (Wood Plastic Composite) yaitu salah satu jenis ukuran papan triplek yang mempunyai ketahanan terhadap air sangat baik. Selain itu ketahanan terhadap benturannya juga cukup diperhitungkan. Tidak heran jenis ukuran triplek ini sering dipakai di area kamar mandi.

Multiplek

Untuk jenis papan triplek satu ini, dibuat dari lapisan kayu yang sudah di tekan atau press dengan mesin berkekuatan tinggi. Hal tersebut membuat triplek ini rapat dan solid. Seperti halnya wajah Pins, kayu juga mempunyai pori-pori. Semakin rapat pori-pori dalam kayu semakin kuat kayu ini bertahan.

Teakblock

Terakhir ada teakblock. Jenis ukuran triplek satu ini dapat dikatakan mempunyai lembaran yang cukup kuat. Dengan memiliki lapisan tersendiri, teakblock mempunyai harga yang cukup tinggi. Teakblock sendiri biasa digunakan sebagai pelapis papan kayu karena ketahanannya terhadap benturan dan juga air.

Setelah mengenal jenis ukuran triplek diatas, Pins pasti semakin lebih paham bukan? Mana triplek yang baik untuk membuat furniture, mana yang biasa dipakai di kamar mandi dan triplek terbaik untuk membangun rumah. Yang terpenting Pins tidak perlu khawatir akan ukuran papan triplek biasa yang digunakan mayoritas masyarakat Indonesia. Karena ukuran standar Indonesia sudah tertera diatas. Langsung yuk buat rumah impianmu sekarang!


Untuk kalian yang sedang mencari atau ingin memiliki rumah dengan nyaman, kalian bisa langsung berkunjung ke web atau aplikasi Pinhome di telepon genggam kalian. Dengan fitur yang ramah, kalian akan dengan sangat mudah menemukan rumah impian kalian.

Hanya di Pinhome yang memberikan kemudahan kalian dalam mencari properti. Pinhome – PINtar Jual Beli Sewa Properti.

Tags :

Bagikan Artikel