BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Cafe Sederhana dan Cozy di Ruko Kecil
0
0

15 Desain Cafe Sederhana dan Cozy di Ruko Kecil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 18, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain cafe sederhana di ruko kecil menjadi salah satu tren yang tengah populer di kalangan pengusaha kafe dan restoran. Konsep desain yang simpel dan menarik ini bisa membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. Terlebih lagi, desain ini tak lekang oleh waktu dan mudah dijual kembali, terutama di layanan Titip Jual Sewa

Salah satu kunci dari desain cafe di ruko adalah memilih material bahan bangunan yang tepat. Pins juga wajib mempertimbangkan penataan ruang yang efisien. Hal ini terlihat jelas dalam pemilihan bahan bangunan seperti rumah Grand Sharon Residence maupun di Bogor Park Residence.

Tidak hanya itu, penempatan furniture yang efisien dan teratur bisa menciptakan kesan luas pada ruangan yang relatif kecil. Contohnya, kamu bisa melihat rumah seken yang ada di Tangerang Selatan yang dekat dengan SMA 4 Tangerang maupun rumah di Jagakarsa sebagai referensi. 

Rekomendasi Desain Cafe Sederhana di Ruko Kecil

Desain cafe sederhana di ruko kecil cenderung menghemat biaya renovasi dan memberikan nilai estetika yang baik bagi bisnis Pins. Lantas, apa saja rekomendasi desain cafe yang bisa kamu coba di ruko? Simak daftarnya di sini, yuk!

1. Desain Minimalis

desain cafe sederhana di ruko
Source : Softer Volumes

Salah satu desain cafe yang paling banyak disukai dan bisa diterapkan di dalam ruko adalah desain minimalis. Pins bisa mulai dengan memilih warna-warna netral untuk menciptakan tampilan yang bersih dan simpel. 

Setelah itu, letakkan perabotan yang sederhana dan fungsional, serta hindari pemakaian furniture yang terlalu besar. Kamu bisa menggunakan pencahayaan yang cukup dan pastikan menjaga kerapian interior agar ruko tidak tampak sempit. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

2. Memakai Konsep Warna Konsisten

Source : Pexels

Tidak hanya minimalis, Pins bisa memanfaatkan konsep warna yang konsisten untuk desain cafe sederhana di ruko kecil. Kamu bisa mencoba satu atau dua warna dominan dan gunakan warna tersebut secara konsisten pada elemen interior. Misalnya, dinding, furniture minimalis, dan aksesoris. 

Pastikan untuk tidak memakai warna yang mencolok atau cerah. Pasalnya, hal ini justru bisa mempersempit ruangan ruko yang sudah kecil. Bila sudah, evaluasi kembali konsep warna yang sudah dibuat dan perbaiki jika diperlukan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan tampilan yang konsisten dan menarik di dalam ruko. 

3. Desain Monokromatik

Source : Dezeen

Desain monokromatik merupakan desain yang menggunakan satu warna atau beberapa warna yang sejenis. Pilihan desain ini menghasilkan tampilan yang elegan dan minimalis di dalam ruko kecil. 

Pins bisa menggunakan warna-warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Ini bisa menciptakan tampilan yang lebih bersih dan luas pada ruangan yang terbatas. Selain itu, pemilihan satu warna yang dominan membuat desain interior lebih teratur dan tidak ramai. Alhasil, ruangan tampak lebih lapan dan nyaman untuk dikunjungi. 

4. Desain Industri

desain cafe sederhana di ruko
Source : Attitude Interior Design Magazine

Desain cafe sederhana lainnya yang cocok di dalam ruko adalah desain industri. Pins bisa memilih material, seperti beton, besi, dan kayu untuk menghasilkan tampilan yang maskulin dan unik di dalam ruko kecil. 

Desain ini juga cocok untuk ruko dengan plafon tinggi sehingga memberikan kesan industri yang kuat. Penggunaan material yang kasar dan ekspos pada elemen interior seperti pipa-pipa dan beton polos dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas. 

Baca juga: 6 Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko, Penting!

5. Desain Cafe Hijau

Source : ArchDaily

Bagi Pins yang senang dengan tumbuhan indoor bisa mencoba konsep cafe hijau. Konsep ini berfokus pada pemakaian elemen tumbuhan dan dinding vertical garden. Hal tersebut bisa memberikan tampilan natural dan segar di dalam ruko kecil. 

Desain ini juga cocok untuk cafe yang memiliki tema yang mengusung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Penggunaan tumbuhan juga dapat memberikan kesan yang menenangkan dan membuat pelanggan merasa lebih rileks. Bahkan, tanaman tertentu bisa bantu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan, lho

6. Desain Vintage

desain cafe sederhana di ruko
Source : Pinterest

Jika ingin menciptakan suasana seperti cafe-cafe yang jadul atau lama, Pins bisa kok memanfaatkan desain vintage di dalam ruko. Desain cafe sederhana di ruko satu ini bisa ditampilkan melalui penggunaan furniture dengan detail tertentu. 

Contohnya, kaki-kaki perabotan berbentuk kerucut atau aksesoris seperti lampu gantung dan cermin yang klasik. Pilihan perabotan ini bisa menciptakan nuansa yang hangat dan ramah. 

7. Desain Skandinavia

Source : ArtStation

Salah satu ciri khas dari desain skandinavia yang bisa Pins manfaatkan untuk cafe di dalam ruko adalah elemen-elemen minimalis dan furniture yang simpel. Desain ini cocok untuk cafe yang mempunyai tema sederhana dan ingin membuat para pengunjung betah. Desain cafe Skandinavia juga cocok untuk para pelanggan yang menyukai selera estetika yang modern, nih

8. Desain Modern

desain cafe sederhana di ruko
Source : Arch20

Desain modern dengan penggunaan material yang terbaru dan furniture yang minimalis dapat menciptakan tampilan yang futuristik dan canggih. Gunakan warna-warna metalik dan furniture dengan desain yang sederhana namun elegan di dalam ruko kecil.

Baca juga: 7 Model Atap Ruko 1 Lantai & Manfaat Memilikinya

9. Desain Boho

Source : Decorilla

Jika ingin mengusung tema gaya hidup bebas dan estetik, cobalah desain boho untuk cafe sederhana di dalam ruko kecil milik Pins. Desain satu ini menggunakan elemen bohemian, misalnya dekorasi etnik, warna cerah, dan perabotan vintage. 

Pemilihan warna-warna cerah dan dekorasi etnik dapat memberikan kesan yang hangat dan ramah. Desain cafe boho juga cocok untuk para pelanggan yang menyukai suasana yang kreatif dan bersemangat. 

10. Konsep Cafe Pantai

Source : Pinterest

Desain cafe sederhana lainnya yang nyaman di ruko kecil adalah menggunakan konsep cafe pantai. Pins bisa memilih warna-warna terang, seperti biru dan hijau, untuk menghasilkan tampilan yang segar dan ceria. 

Kamu bisa menambahkan dekorasi-dekorasi, seperti keranjang atau papan seluncur. Ini untuk menambah kesan khas pantai yang kuat di dalam ruangan. 

11. Desain Retro

Source : Dress Your Home

Pins juga bisa memanfaatkan elemen-elemen vintage, seperti lampu neon, wallpaper retro, dan perabotan klasik untuk menciptakan desain cafe retro. Desain ini juga cocok digunakan di dalam ruko karena memberikan konsep cafe yang tenang dan menarik bagi pelanggan. 

12. Konsep Cafe Buku

Source : Kompasiana

Sudah bukan rahasia lagi bila cafe kerap dijadikan sebagai tempat untuk bekerja maupun belajar. Jika ingin menambah kenyamanan pelanggan yang mencari ketenangan tersebut, cobalah konsep cafe buku. 

Pins bisa memakai elemen-elemen seperti rak buku, meja, dan kursi yang nyaman sebagai pendukung. Ini juga dapat menambah kesan tempat yang nyaman bagi pengunjung yang ingin menikmati hari sembari membaca maupun belajar. 

Baca juga: 15 Desain Cafe Outdoor di Jakarta yang Minimalis dengan Suasana Cozy

13. Desain Rustic

desain cafe sederhana di ruko
Source : Pinterest

Desain cafe sederhana di dalam ruko kecil juga bisa terwujud melalui desain rustic. Pasalnya, pemakaian elemen-elemen kayu alami, batu bata, dan dekorasi vintage dapat menciptakan tampilan yang hangat dan alami di dalam ruko kecil.

Penggunaan elemen-elemen kayu alami dan batu bata juga dapat memberikan kesan yang natural dan terkesan hangat bagi para pelanggan. Hal tersebut mungkin bisa membuat pelanggan merasa lebih santai dalam menghabiskan waktu di cafe.

14. Konsep Cafe Kontemporer

Source : Arch20

Konsep desain kontemporer ternyata juga cocok untuk desain cafe di dalam ruko. Ini karena desain kontemporer memakai elemen-elemen modern seperti kaca, stainless steel, dan perpaduan warna yang minimalis. Alhasil, cafe di dalam ruko terlihat lebih elegan dan stylish

15. Desain Shabby Chic

Source : Pinterest

Jika ingin menciptakan suasana romantis dalam cafe, Pins bisa mencoba desain shabby chic. Desain cafe sederhana di ruko kecil ini memakai elemen vintage, dekorasi bunga, dan warna-warna pastel untuk menciptakan tampilan romantis dan feminin. 

Setelah melihat aneka desain cafe sederhana di ruko kecil di atas, apakah kamu sudah menemukan mana yang paling mewakili gaya interiormu? Dengan beberapa trik desain sederhana, Pins bisa menciptakan kafe yang nyaman dan menarik di dalam ruko.

Baca juga: 9 Inspirasi Atap Cafe Unik & Dekorasinya

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download