BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko, Penting!
0
0

6 Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko, Penting!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 20, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
rumah tokotop-right-banner

Ruko menjadi salah satu bangunan komersil yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena bentuknya yang multifungsi, bangunanya bisa digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus toko untuk area usaha. Ada beberapa pertimbangan saat mendesain rumah toko yang sebaiknya diperhatikan.

Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai model bangunan oleh jasa desain rumah toko. Tetapi tidak sedikit orang yang ingin untuk membangun ruko sendiri. Alasan terbanyak yang digunakan adalah karena mereka ingin mendesain sendiri ruko tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Baca Juga: 

Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko

Membangun ruko sendiri bukanlah suatu hal yang mudah dan murah. Tidak hanya masalah biaya, membangun ruko sendiri juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut beberapa pertimbangan saat mendesain rumah toko ekonomis.

1. Membuat Perencanaan Pembangunan

pertimbangan saat mendesain rumah toko
Source : Pexels

Rencanakanlah pembangunan ruko, mulai dari dana, ukuran bangunan, sampai dengan target waktu pembangunan. Rencana ini nantinya akan berfungsi sebagai pengendali kemungkinan apabila terjadi penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Bila implementasi pembangunan ruko melenceng dari rencana, maka akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: 

2. Menggunakan Desain Tipe Minimalis

mendesain rumah toko ekonomis
Source : Pexels

Buatlah ruko dengan desain fungsional seperti desain minimalis. Ruko dengan desain tipe minimalis yang dikembangkan oleh jasa desain rumah saat ini tengah menjadi trend. Desain ruko seperti ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, tetapi tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan bentuk desainnya yang minimalis, ruko bertipe ini juga hemat ruang sehingga tidak banyak menghabiskan bahan bangunan.ubah

Desain minimalis menawarkan berbagai keuntungan, termasuk penghematan biaya pembangunan dan efisiensi dalam penggunaan bahan. Gaya ini juga memberikan kesan modern dan mewah, selain itu hemat ruang dan mudah untuk dibersihkan. Kelebihan lainnya adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan perubahan desain sesuai kebutuhan dengan lebih mudah.

3. Menentukan Bentuk Bangunan

mendesain rumah toko ekonomis
Source : Pexels

Bentuk bangunan juga berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Ruko yang berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah untuk dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan ruko yang berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Pada umumnya, untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan yang tidak terpakai.

Saat memilih bentuk bangunan, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pertama, perhatikan kemudahan dan biaya pembangunan untuk memastikan proyek bisa berjalan lancar.

Kedua, pertimbangkan kebutuhan ruang dan bagaimana ruangan itu akan disusun. Ketiga, jangan lupakan soal estetika dan desain karena ini menentukan tampilan akhir bangunan. Keempat, fikirkan tentang fungsionalitas, terutama jika bangunan itu untuk keperluan khusus seperti ruko. Terakhir, bagi yang menganggap penting, pertimbangan feng shui rumah juga bisa masuk dalam daftar untuk membawa keberuntungan.

Baca Juga: 

4. Melakukan Riset Harga Bahan Bangunan

riset bahan bangunan
Source : Pexels

Harga bahan bangunan yang semakin tinggi menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan secara matang. Supaya kebutuhan dana untuk bahan bangunan dapat diperkirakan, maka lakukan riset tentang harganya.

Hal itu karena di setiap toko tidak selalu menjual barang dengan harga yang sama. Sehingga kita bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada beberapa saran yang dapat diikuti untuk mendapatkan harga bahan bangunan yang optimal. Pertama, untuk mendapatkan gambaran harga yang beragam, lakukan perbandingan harga antara beberapa toko bangunan. Kedua, untuk memulai perundingan, cari informasi harga pasar untuk bahan bangunan yang ingin Kamu beli.

Ketiga, kualitas dan merek bahan bangunan yang digunakan sangat berpengaruh pada ketahanan proyek dan tampilan akhir. Keempat, jangan ragu untuk menanyakan apakah ada promosi atau diskon yang dapat ditawarkan saat membeli sesuatu. Terakhir, jika memungkinkan, beli banyak bahan bangunan untuk mendapatkan harga grosir yang pasti lebih murah.

5. Selektif Memilih Juru Bangunan

tentukan juru bangunan
Source : Pexels

Membangun ruko sendiri kita membutuhkan kontraktor atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif dalam memilih tenaga kerja terbaik.

Pilihlah tukang yang benar-benar ahli pada bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal itu sangat penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi dari proses pembangunan ruko.

Baca Juga: 

6. Membuat Ruangan Multifungsi

mendesain rumah toko ekonomis
Source : Pexels

Ruko yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, sehingga membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk menghemat, maka buatlah ruangan yang multifungsi.

Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain ruko tipe minimalis. Tidak membutuhkan banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan material bangunan.

Baca Juga: 

Source Feature Image: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download