Pinhome

Tips Properti

6 Pertimbangan Penting Saat Mendesain Rumah Toko Ekonomis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ruko menjadi salah satu bangunan komersil yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena bentuknya yang multifungsi, bangunanya bisa digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus toko untuk area usaha.

Pinhome – Ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan sebelum mendesain rumah toko supaya lebih ekonomis.

6 Pertimbangan Penting Saat Mendesain Rumah Toko Ekonomis

Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai model bangunan oleh jasa desain rumah ruko. Tetapi tidak sedikit orang yang ingin untuk membangun ruko sendiri. Alasan terbanyak yang digunakan adalah karena mereka ingin mendesain sendiri ruko tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Membangun ruko sendiri bukanlah suatu hal yang mudah dan murah. Tidak hanya masalah biaya, membangun ruko sendiri juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut beberapa pertimbangan saat mendesain rumah toko ekonomis, antara lain :

Membuat perencanaan pembangunan

Rencanakanlah pembangunan ruko kita, mulai dari dana, ukuran bangunan sampai dengan target waktu pembangunan. Rencana ini nantinya akan berfungsi sebagai pengendali kemungkinan apabila terjadi penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Bila implementasi pembangunan ruko melenceng dari rencana, maka akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

Menggunakan desain tipe minimalis

Ruko dengan desain tipe minimalis yang dikembangkan oleh jasa desain rumah ruko saat ini tengah menjadi trend. Desain ruko seperti ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, tetapi tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan bentuk desainnya yang minimalis, ruko bertipe ini juga hemat ruang sehingga tidak banyak menghabiskan bahan bangunan.

Menentukan bentuk bangunan

Bentuk bangunan jiga berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Ruko yang berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah untuk dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan ruko yang berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Pada umumnya, untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan yang tidak terpakai.

Melakukan riset harga bahan bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin tinggi menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan secara matang. Supaya kebutuhan dana untuk bahan bangunan dapat diperkirakan, maka lakukan riset tentang harganya. Hal itu karena di setiap toko tidak selalu menjual barang dengan harga yang sama. Sehingga kita bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Selektif memilih juru bangunan

Membangun ruko sendiri kita membutuhkan kontraktor atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif dalam memilih tenaga kerja terbaik. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli pada bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal itu sangat penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi dari proses pembangunan ruko.

Membuat ruangan multifungsi

Ruko yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, sehingga membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk menghemat, maka buatlah ruangan yang multifungsi. Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain ruko tipe minimalis. Tidak membutuhkan banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan material bangunan.

Itulah beberapa pertimbangan mendesain rumah toko ekonomis menurut jasa desain rumah toko. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel