10 Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ November 21, 2022 ∙ 6 menit membaca

Desain rumah toko atau ruko saat ini mulai berkembang dan permintaannya semakin tinggi. Kebutuhan yang semakin mendesak membuat Pins memfungsikan rumah sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha.

Jika Pins ingin membuat ruko penting untuk membuat desain rumah toko yang fungsional dan efisien. Sehingga rumah toko Pins tidak hanya nyaman untuk ditinggali namun bisa digunakan sebagai tempat usaha dengan baik.

Pinhome telah membuat 10 inspirasi desain rumah toko yang fungsional dan efisien untuk Pins jadikan referensi.

Baca Juga: Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko

Desain Rumah Toko dengan Rooftop

Jika Pins ingin menjadi rumah sekaligus tempat untuk membuat usaha coffee shop, maka mencontek desain ini sangat cocok. Rumah dibuat dengan dua lantai dimana bisa dijadikan tempat untuk tinggal.

Hanya rooftop yang digunakan untuk tempat usaha coffee shop. Pins bisa membuat meja bar untuk tempat membuat minuman. Sedangkan tamu bisa menggunakan meja yang langsung menghadap ke luar. Pins bisa membuat tangga untuk naik ke bagian rooftop pada bagian samping rumah. Sehingga pengunjung yang datang tidak mengganggu aktivitas di dalam rumah.

Desain Rumah Toko Bertumbuh

Membuat desain bertumbuh saat ini sedang digandrungi apalagi di daerah perkotaan. Polusi udara yang tinggi membuat rumah tumbuh sangat diperlukan agar lingkungan dan udara menjadi segar.

Pins juga bisa membuat rumah tumbuh dengan menempatkan tanaman hijau pada bagian luar rumah. Setiap balkon bisa Pins tempat tanaman hijau dan pohon. Tidak lupa bagian rooftop juga bisa ditempatkan tanaman hijau karena memiliki space yang paling luas.

Desain Rumah Toko Modern

Jika Pins menyukai desain modern, Pins bisa menjadikan desain ini sebagai referensi. Desain rumah dibuat sangat minimalis tanpa terlalu banyak aksen. Desain ini sangat cocok untuk dijadikan sebuah kantor agency atau yang bertemakan kreatif.

Bagian bawah bisa Pins jadikan tempat parkir sehingga klien yang datang tidak akan terganggu karena masalah parkir. Sedangkan bagian atas bisa dijadikan kantor secara full.

Desain Rumah Toko 3 Lantai

Jika Pins ingin membuka butik, maka desain ini sangat cocok. Rumah toko dibuat menarik dengan campuran aksen kayu dan dinding. Balkon juga dibuat menggunakan kaca sehingga desain rumah toko menjadi jauh lebih menarik.

Ada beberapa pilihan yang bisa Pins terapkan pada hunian. Pins bisa membuat lantai ketiga menjadi semi outdoor untuk tempat bersantai keluarga.

Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Dengan Tanaman Hijau

Desain Rumah Toko Lembut

Menerapkan konsep lembut pada hunian akan memberikan rasa nyaman pada penghuninya. Desain ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Pins bisa membuat taman kecil untuk memberikan lahan bermain anak sekaligus memberikan kesegaran pada rumah.

Desain Rumah Toko Berjajar

Jika Pins memiliki ruko yang berjajar atau bersebelahan dengan ruko milik orang lain. Pins bisa membuat rumah toko yang penuh warna. Menggunakan warna cerah akan membuat rumah toko menjadi lebih ceria dan menarik perhatian.

Desain Rumah Toko Kayu

Ruko biasanya menggunakan bahan material semen dengan desain yang monoton. Pins bisa menggunakan material kayu untuk membuat rumah toko menjadi jauh lebih menarik. Terutama jika Pins ingin membuat ruko untuk usaha distro. Desain ini akan sangat cocok karena ruko terlihat jauh lebih menarik.

Desain Rumah Toko Cozy

Dibandingkan untuk usaha, rumah toko ini lebih cocok untuk ditinggali. Pins bisa membuat rumah toko menjadi cozy dengan menggunakan campuran aksen kayu dan semen. Tidak lupa gunakan lampu berwarna kuning agar rumah terasa jauh lebih hangat dan menenangkan.

Baca juga: Inspirasi Desain Toko Minimalis Sederhana untuk Usaha Kecilmu

Desain Rumah Toko Kontainer

Menggunakan kontainer saat ini sedang menjadi tren terutama untuk usaha. Menggunakan bahan kontainer juga cocok jika Pins aplikasikan pada rumah toko. Kombinasikan lantai 1 yang menggunakan semen dan lantai dua menggunakan kontainer.

Hal ini akan membuat rumah toko menjadi menarik namun juga memiliki daya tahan yang kuat. Desain ini sangat cocok untuk Pins yang ingin membuka usaha dengan target pasar anak muda.

Desain Rumah Toko Eropa

Pins akan menjumpai desain ini di Eropa. Perpaduan batu bata yang menjadi dinding rumah akan membuatnya semakin natural. Sedangkan aksen kayu akan membuat rumah menjadi jauh lebih menarik. Pins bisa membuat carport semi outdoor untuk menghemat space pada rumah.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Kamar Tidur Hitam Elegan dan Nyaman

4 Tips Mendesain Rumah Toko Yang Fungsional

Memiliki usaha yang mandiri di rumah merupakan cita-cita sebagian besar orang. Dengan memiliki usaha yang dapat diatur dari rumah, maka otomatis kita tidak perlu bersusah payah pergi ke kantor setiap pagi, karena semuanya sudah dapat dipantau dari rumah. 

Hal tersebut yang mendasari menjamurnya ruko dengan berbagai model yang dikreasikan oleh jasa desain rumah dan toko. Rumah toko merupakan sebuah bangunan yang menggabungkan fungsi bisnis dan juga tempat tinggal sekaligus di dalamnya. Berikut beberapa tips mendesain rumah toko yang fungsional, antara lain.

Baca Juga: Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko

Analisis Lokasi Ruko dan Lingkungan di Sekitarnya

Karena bangunan ruko akan difungsikan sebagai area komersial, maka lokasi turut menentukan kesuksesan toko. Sebelumnya kita analisis apakah lokasi sudah sesuai dengan target market, sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Contohnya apabila sebuah ruko menjajakan produk fashion wanita seperti pakaian, peralatan make up, pernak – pernik dan lain sebagainya, maka akan lebih laku jika berlokasi di dekat kawasan kampus, perkantoran atau kawasan pabrik yang mayoritas pekerjanya adalah wanita.

Bangunan Ruko Sebaiknya Lebih dari Satu Lantai

Bangunan ruko memang kebanyakan dibangun dengan jumlah lantai yang lebih dari satu, bisa ruko 2 lantai ataupun ruko 3 lantai. Hal itu dimaksudkan supaya area di lantai bawah dapat difungsikan sebagai area toko, sementara lantai atasnya bisa menjadi sebuah hunian. Sehingga pengunjung toko tidak akan merasa risi untuk keluar masuk area toko tanpa mengganggu privasi dari pemiliknya.

Mengaplikasikan Desain Minimalis, Kompak dan Multifungsi

Ruko biasanya mengandung unsur bisnis dan komersial, maka kebanyakan ruko yang dijumpai di perkotaan adalah ruko dengan desain minimalis. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan ruang yang ada, sehingga lebih dapat digunakan untuk menjual barang dagangan atau untuk menyimpan stok barang. Selain itu, usahakan juga setiap sudut ruko menjadi multifungsi, terutama untuk bagian ruko yang digunakan sebagai tempat tinggal. Sebuah ruang keluarga dapat difungsikan sekaligus sebagai ruang makan dan ruang untuk menonton TV.

Optimalisasikan Pencahayaan dalam Ruko

Konsumen biasanya akan enggan untuk datang ke ruko yang terlihat kusam, gelap dan juga minim dengan pencahayaan dan sebaliknya ruko yang bersih, terang dan terlihat luas justru menarik minat pengunjung. Oleh karena itu lengkapi toko dengan barang dagangan secukupnya, jangan menaruh terlalu banyak barang sehingga membuat pengunjung tidak nyaman. Selain itu, pasang beberapa pencahayaan yang cukup optimal dan mampu untuk membuat suasana ruko lebih terang dan lebih hidup.

Itulah 10 desain rumah toko beserta tips membuatnya menjadi efisien dan fungsional. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 21 Desain Plavon PVC Kamar Tidur


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Antasariu Place dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia