BlogPemilik PropertiDesain HunianIde Dapur Romantis Ala Scandinavia Untuk Pasangan Baru
0
0

Ide Dapur Romantis Ala Scandinavia Untuk Pasangan Baru

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Konsep Scandinavian terkenal dekat dengan alam, lapang, fungsional dan minimalis. Interior Scandinavia juga cocok untuk dapur dengan lahan terbatas seperti tipe 2×3 meter. Dapur romantis bisa mudah tercipta dari gaya ini dan tetap terlihat estetik.

Interior Scandinavian juga praktis dan sederhana namun tetap mengedepankan kekinian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan dapur romantis seperti dibawah ini !

Apa Itu Interior Scandinavia?

Desain Scandinavian terinspirasi dari alam Eropa Utara yang sering disebut dengan Nordik. Negara kawasan Nordik meliputi Denmark, Greenland, Finlandia, Swedia, Islandia, Norwegian dan lainnya.

Ciri khas dari desain ini diantaranya memanfaatkan furniture sederhana tetapi fungsional. Model perabotnya cenderung ramping serta memakai warna pastel misalnya coklat muda, abu-abu maupun putih.

Nuansa terang pada interiornya tidak hanya didapat dari warna dinding yang terang saja. Gaya ini juga memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah.

Walaupun dekorasi lebih minim tetapi Scandinavian menghadirkan elemen kain. Misalnya saja pada pemakaian karpet, taplak maupun tirai yang memiliki motif mencolok. Tidak lupa tambahan dekorasi natural seperti tanaman indoor yang menambahkan kesan asri. 

Coba bayangkan bila ciri khas gaya ini diimplementasikan pada dapurmu? Pasti terlihat estetik dan betah berlama-lama di dapur walaupun tidak sedang memasak.

Baca juga:

Ide Dapur Romantis Ala Scandinavian

Dapur berisi banyak sekali peralatan seperti panci, teflon, alat makan dan lainnya. Jika penataannya tidak tepat maka akan jelas terlihat berantakan. 

Apalagi jika lahan terbatas umumnya ruang makan menjadi satu dengan dapur romantis ini. Interior Scandinavian bisa sebagai solusi untuk ruang minimalis namun tetap bergaya kekinian.

Kitchen Island dan Kursi Bar

dapur romantis dengan kitchen island
Source : Pexels

Kitchen island merupakan kabinet penyimpanan yang desainnya senada dengan dapur. Kitchen island juga dilengkapi kursi-kursi sebagai meja bar kecil.

Rumah dengan ukuran kecil bisa menjadikannya sebagai pengganti ruang makan. Posisinya berada di tengah-tengah sehingga bisa diakses dari segala sisi.

Ada 5 jenis kitchen island yang tersedia diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kitchen island dilengkapi dengan lemari penyimpanan. Cirinya lemari penyimpanan tambahan berada di bagian bawah sehingga tidak ada barang disimpan di atas meja
  2. Ada pula yang modelnya menyatu dengan empat masak. Bagian kompor bahkan dilengkapi cooker hood sebagai tambahan ventilasi
  3. Jenis kitchen dengan meja bertingkap memiliki berbagai fungsi. Model meja dapur ini memiliki dua buah tingkat. Bagian bawah untuk makanan dan bagian atas sebagai tempat menyuguhkan makanan
  4. Meja makan kitchen island tidak terlalu besar. Ada yang digabung bersama dengan countertop agar bisa memasak sekaligus dijadikan tempat menyuguhkan makanan
  5. Ada pula jenis beroda dan portabel sehingga bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya

Lampu Gantung

dapur romantis dengan lampu gantung
Source : Pexels

Pencahayaan penting dalam desain Scandinavia sehingga orang Nordik umumnya akan memakai lampu gantung yang rendah. Tujuannya agar pencahayaan lebih terpancar jelas.

Pins bisa memilih lampu gantung dengan bahan metal. Bentuk lampu gantung bisa kubah, kerucut, silinder atau linear. Interior Scandinavia juga membawa kesan rustic yang bisa ditonjolkan lewat lampu gantung.

Pilih saja lampu gantung elektrik yang cocok untuk semua gaya interior. Sesuaikan ukuran lampu gantung yang digunakan dengan ruangan. Jika ruangannya kecil maka pilih lampu gantung besar dengan desain minimalis.

Palet Putih

dapur romantis dengan palet putih
Source : Pexels

Seperti ciri khas Scandinavia mengunggulkan warna terang. Kebanyakan orang Scandinavian akan memilih warna putih sebagai cat dinding yang mendominasi.

Palet warna terang mengesankan suasana sejuk dan ketenangan. Palet putih bisa pula diterapkan pada perabotan dapur romantis ini. Misalnya saja pada kitchen island dan meja barnya.

Bila tak begitu suka dengan warna putih sebenarnya bisa pula diganti warna yang sedikit lebih gelap. Misalnya saja warna hijau hutan yang lumayan ngetren karena serupa dengan dedaunan hijau tua.

Apabila memakai warna tersebut maka cat perabotannya memiliki warna yang lebih terang. Contohnya saja warna abu-abu atau coklat muda bisa menjadi pilihan alternatif. 

Baca juga:

Tanaman Hias

tanaman dalam dapur romantis
Source : Shutterstock

Tidak lupa ada tambahan tanaman hias walaupun berada di dapur. Fungsi tanaman hias ini selain menambah keasrian ruangan juga menyaring udara.

Apalagi setelah memasak, bau makanan bisa memenuhi dapur dan ruangan di dekatnya. Kehadiran tanaman ini bisa membersihkan udara kotor dan ruangan terasa lebih segar. 

Pins bisa menambahkan sirih gading, aloe vera, sukulen, rosemary, spider plant dan lainnya. Tanaman indoor umumnya tidak membutuhkan banyak perawatan seperti tak perlu menyiram setiap hari maupun kebutuhan cahaya yang tinggi.

Lantai Kayu

dapur romantis berlantai kayu
Source : Pexels

Desain Scandinavia mengunggulkan unsur alam seperti pemakaian lantai kayu. Keunggulan lantai kayu sendiri memberikan kesan hangat. Selain itu mudah dibersihkan dan sifatnya non alergen.

Lantai ini juga tahan lama bahkan hingga 50 tahunan. Durabilitas kayu kuat namun terkesan natural dan mampu menciptakan nuansa dapur romantis bagi pasangan baru. Lantai kayu juga cocok untuk semua jenis interior termasuk untuk dapur yang penuh peralatan.

Jendela Relatif Besar

dapur romantis dengan jendela besar
Source : Pexels

Untuk sirkulasi udara dan pencahayaan gunakan jendela yang relatif besar. Posisi jendela bisa di atas wastafel.  Dari posisi ini bisa terlihat jelas pemandangan di sekitar rumah.

Pins dapat pula meletakannya di posisi kabinet atas dapur. Cahaya yang masuk ke area dapur akan jauh lebih maksimal.

Apabila area dapur cenderung luas bisa menempatkan jendela mengelilingi sisi dapur. Cahaya matahari bisa masuk leluasa dan udara mengalir lebih baik.

Bagaimana tertarik untuk membuat dapur romantis ala Scandinavia diatas ?

Baca juga: 

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download