BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Model Atap Ruko 1 Lantai & Manfaat Memilikinya
0
0

7 Model Atap Ruko 1 Lantai & Manfaat Memilikinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ruko menjadi salah satu properti yang menguntungkan karena bisa dijadikan hunian sekaligus tempat usaha. Ruko ada yang 1 lantai hingga bertingkat-tingkat. Atap ruko 1 lantai juga beragam dan menawarkan sirkulasi udara lebih baik.

Atapnya ada yang landai namun banyak pula yang mirip dengan rumah tapak pada umumnya. Adapun keuntungan mempunyai ruko dan model atap ruko 1 lantai lainnya bisa Pins simak dibawah ini! 

Keuntungan Memiliki Ruko

wanita sedang membaca buku dibawah atap ruko 1 lantai
Pexels

Ruko merupakan investasi yang sangat tergantung pada lokasinya. Bila lokasinya strategis maka semakin banyak keuntungan yang bisa didapat. Adapun keuntungan lainnya adalah : 

Multifungsi

Ruko bisa berfungsi menjadi tempat usaha maupun tempat tinggal. Ruko bertingkat biasanya bagian teratas digunakan sebagai hunian. Sedangkan lantai di bawahnya dijadikan tempat usaha.

Tinggi Peminat

Peminat ruko selalu tinggi apalagi di kawasan padat penduduk. Peluang menyewakannya semakin besar. Pins dapat menggunakan ruko untuk usaha sendiri atau menyewakan kepada orang lain  secara bulanan maupun tahunan.

Mudah Mengenalkan Produk

Lokasi ruko yang strategis mempermudah mengenalkan produk baru ke orang sekitar. Selain itu desain ruko sangat khas sehingga mudah dikenali oleh pembeli.

Properti ini bisa menjadi metode investasi yang menguntungkan. Pins dapat mendulang penghasilan pasif dari kontrak ruko tersebut.

Baca juga :

Pilihan Atap Ruko 1 Lantai

Pins bisa menggunakan model atap ruko ini untuk menciptakan bangunan unik dan estetik. Adapun pilihannya adalah sebagai berikut : 

China Store Dengan Banyak Slot

atap ruko 1 lantai dengan banyak slot dan pedagang
Unsplash

Arsitektur China selalu mengedepankan simetri begitu pula dengan atap rukonya. Penekanan dalam simetrik bagi masyarakat China adalah keseimbangan. Bangunannya memakai konsep kosmologi seperti Fengshui dan Taoisme.

Tingkat kemiringan atapnya lumayan tinggi dengan bentuk tunggal maupun bertumpuk. Pada sudut atap biasa dihiasi dengan patung keramik mitologi China yakni burung hong, macan hingga naga.

Bentuk lengkungan atap yang anggun ini muncul pada dinasti Han yakni 206 SM-220 M. Atapnya tinggi dan lebar bertujuan melindungi tembok khususnya ketika hujan dan berangin.

Atap ruko ada yang tipe hanging hill roof yakni memiliki 2 sisi lurus menggantung atau  hard hill roof yaitu 2 sisi menghadap depan dan belakang langsung. Ruko Tiongkok biasanya memanjang dengan banyak slot tanpa ada pagar.

Ruko Dengan Kanopi

atap ruko 1 lantai dengan kanopi di bagian depan
Pexels

Ruko dengan kanopi sering ditemukan pada atap yang landai. Bagian kanopi hanya untuk bagian depan display agar pelanggan bisa berteduh saat mengantri. Kanopi memiliki banyak model dan pilihan.

Ada yang dibuat permanen dengan rangka baja maupun temporary dari kain biasa. Kanopi dari kain disangga dengan kayu panjang dan mudah diinstalasikan. Panjang pendeknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kanopi permanen umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Jenis kanopi ini bisa menahan guyuran hujan lebih baik. Pins juga bisa memasang plant hanger karena rangkanya sangat kuat.

Toko Dak Beton

bangunan dengan atap ruko 1 lantai di sudut jalan
Pexels

Toko dengan dak beton sering menjadi pilihan. Atap dibangun dari komposisi semen, kayu dan tanah liat. Jenis atap ini cocok untuk semua gaya interior bangunan.

Bagian atap bisa difungsikan pula sebagai rooftop. Pins bisa bersantai di atapnya maupun memakai area ini sebagai tempat menjemur pakaian. Keunggulannya adalah mudah untuk dibersihkan.

Atap beton cocok untuk lokasi yang sering diterpa angin maupun badai. Atap kokoh sehingga tak mudah roboh.

Baca juga :

Container Store

kontainer sebagai atap ruko 1 lantai
Pexels

Kontainer kini sering menjadi pilihan struktur bangunan termasuk ruko. Atap ruko 1 lantai dengan kontainer selain unik memiliki ornamen khas. Bagian dindingnya timbul membentuk garis lurus begitu juga permukaan atap.

Berbeda dengan atap beton yang mengandalkan tulang besi sehingga bagian atas bisa ditambahkan lantai sesuai keinginan. Container store mirip dengan permainan jenga.

Jika ingin menambahkan lantai maka kontainer akan ditumpuk. Ukuran kontainer ada yang 20 feet dan 40 feet.

Trulli Shop

Pexel

Toko ini berada di wilayah selatan Puglia, Italia dengan atap berbentuk kerucut. Konstruksinya tanpa mortir dan menampilkan atap yang terbuat dari batu kapur dicor.

Langit-langitnya tinggi tanpa plafon dengan ruangan yang kecil. Atap kubah seperti ini juga sering ditemukan pada bangunan peribadatan. Tampilannya unik dan mampu menarik perhatian orang yang melintasinya.

Ruko Atap Pelana

Pexels

Atap pelana sangat umum ditemukan di Indonesia dan negara tropis lainnya. Bentuknya dua sisi bidang miring yang bertumpu di garis lurus yang sama. Ujung pertemuannya disebut dengan bumbungan.

Material tapanya biasa memakai rangka baja ringan atau kayu dilengkapi penutup genteng atau bitumen. Biaya pengerjaan mudah dan area dinding mampu dieksplorasi sebagai ventilasi dan pencahayaan.

Baca juga :

Toko Beratap Limas

Freepik

Atap ruko 1 lantai di atas disebut pula sebagai atap perisai. Pembangunanya rumit dengan biaya yang cukup mahal. Resiko kebocoran pada atap perisai lebih kecil daripada memakai atap pelana.

Hal ini karena kemiringan atapnya lebih tinggi dibandingkan atap pelana. Struktur bangunannya juga mampu meminimalisir kerusakan pada bangunan.

Atap ruko 1 lantai tak melulu landai karena banyak pilihan model yang tersedia. Mulai dari dak beton, limas bahkan model kerucut. Desain bangunan juga mampu meningkatkan daya jual ruko itu sendiri.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download