Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 10, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins sedang berencana untuk merenovasi rumah? Salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan adalah berapa estimasi biaya renovasi rumah hingga selesai. Anggaran biaya untuk merenovasi rumah tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan Pins! Membuat estimasi biaya yang tepat tentu dapat membantu untuk menekan anggaran renovasi.

Menghitung estimasi biaya renovasi rumah bisa dilakukan dengan beberapa langkah, seperti membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), hingga pembuatan denah sementara. Yuk, simak cara untuk membuat kisaran biaya renovasi rumah dan tipsnya berikut ini!

Baca juga:

Cara Membuat Estimasi Biaya Renovasi Rumah

(Calgary Homes)

Untuk Pins yang sedang berencana merenovasi rumah, cobalah untuk menggunakan beberapa cara membuat estimasi biayanya berikut ini:

Membuat Data Existing Rumah

Membuat data existing rumah atau kondisi rumah sebelum direnovasi merupakan salah satu hal yang penting Pins! Secara keseluruhan existing data adalah membuat sketsa gambar rumah lama, kondisi bangunan serta bagian-bagian bangunan yang mengalami kerusakan dan akan diperbaiki.

Dari data tersebut maka kita bisa memperkirakan bagian mana yang akan dibongkar, diganti atau dibiarkan begitu saja. Semakin bagus dan lengkap data existing rumah maka perhitungan bisa semakin mendekati kebenaran.

Membuat Desain Gambar Rumah Sementara

Setelah membuat data existing, Pins perlu membuat desain rumah baru baik untuk sementara ataupun permanen. Dari sini akan dapat terlihat bagian rumah mana yang akan dibongkar atau tidak dibongkar namun hanya perlu dilakukan perbaikan saja.

Desain yang telah dibuat sebelumnya dapat digunakan sebagai acuan menghitung biaya RAB dan mengurus IMB. Bahan tersebut juga bisa digunakan untuk pedoman pelaksanaan pembangunan berdasarkan anggaran yang telah disiapkan sebelumnya.

Membuat Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB)

Langkah selanjutnya adalah menghitung rencana anggaran biaya bangunan untuk renovasi rumah. Atas data tersebut akan terlihat daftar item pekerjaan yang akan dilaksanakan, biaya setiap item pekerjaan serta bahan atau tenaga kerja yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembangunan renovasi rumah.

Pins juga bisa menambahkan hasil perhitungan dengan perkiraan biaya tak terduga. Beberapa diantaranya seperti biaya izin tambahan di daerah setempat, perubahan harga material dan lain sebagainya.

Cara untuk menghitung RAB renovasi rumah bisa dilakukan dengan cara berikut: Harga renovasi rumah = (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + dan seterusnya meliputi seluruh item pekerjaan yang dilakukan.

Membuat Sistem Analisa Harga Satuan Sementara

Untuk melakukan perhitungan estimasi biaya renovasi rumah, Pins bisa menggunakan sistem analisa harga satuan secara sementara. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuannya. Seperti menjumlahkan semua harga dari masing-masing pekerjaan yang dilakukan, kemudian akan mendapatkan angka total yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah dapat dihitung setelah membuat data existing rumah kemudian membuat desain rumah baru yang akan dibangun.

Baca juga:

Tips Hemat untuk Melakukan Renovasi Rumah

(Yourmortgage.com.au)

Setelah mengetahui cara untuk membuat estimasi biaya renovasi rumah, langkah selanjutnya adalah mempelajari tips untuk merenovasi rumah dengan hemat. Berikut selengkapnya!

Menentukan Konsep dan Desain Rumah Idaman

Tips pertama yang harus Pins lakukan ketika akan merenovasi rumah adalah menentukan konsep rumah seperti apa yang akan diaplikasikan nantinya. Membuat desain dan konsep rumah dapat membantu Pins untuk membuat estimasi biaya yang dibutuhkan, termasuk menekan biaya renovasi yang dibutuhkan.

Menentukan Kualitas Bahan Bangunan yang Akan Digunakan

Memilih bahan bangunan seperti apa yang akan digunakan termasuk kualitasnya adalah cara terbaik untuk membuat estimasi biaya renovasi rumah yang murah. Langkah ini penting untuk diperhatikan agar hasil akhir dari renovasi rumah sesuai dengan harapan. Selain itu, kualitas bahan bangunan juga akan menetukan kekokohan rumah yang sedang direnovasi.

Baca juga: 

Membuat Kerangka Kerja Untuk Pekerja Bangunan

Pins tentunya tidak ingin menghabiskan biaya yang terlalu besar untuk para pekerja bangunan kan? Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah membuat kerangka kerja untuk para pekerja bangunan. Apalagi jika Pins berencana untuk menggunakan jasa borongan atau jasa konstruksi bangunan.

Melakukan Survey Harga Bahan Bangunan

Langkah terakhir untuk menekan budget renovasi rumah adalah dengan melakukan survey bahan bangunan yang akan digunakan. Pins bisa melakukan riset data secara online atau bisa langsung mendatangi beberapa lokasi toko bahan bangunan terdekat.

Itulah beberapa informasi sekitar estimasi biaya renovasi rumah yang bisa Pins aplikasikan untuk melakukan renovasi rumah yang murah dan berkualitas. Selain perlu melakukan riset estimasi biaya, pemilihan bahan bangunan juga akan menentukan biaya yang dibutuhkan nantinya. Selamat mencoba!

Baca juga :

Featured Image Source: Entrepreneur.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia