Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Mengenal Lebih Tentang Desain Futuristik Beserta Ciri Khasnya

Mengenal Lebih Tentang Desain Futuristik Beserta Ciri Khasnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Beberapa film mendunia seperti Matrix, Terminator, Blade Runner dan masih banyak lagi, menghadirkan genre tech-noir yang mengedepankan cerita fiksi yang dikemas dalam balutan teknologi canggih di masa depan. Hal tersebut membuat mata dunia memperhatikan bahwa apa yang ada di dalam film tersebut menjadi gambaran bagaimana masa depan nanti terlihat. Di dalam dunia desain, Pins bisa mengenalnya sebagai desain futuristik.

Pinhome – Dilansir dari Oxford Dictionary, desain futuristik yang diserap dalam bahasa inggris futuristic dapat dikatakan sebagai desain yang sangat modern dan tidak biasa dalam tampilan luar, seolah-olah hal tersebut milik masa depan. Beberapa contoh pengaplikasian desain tersebut cenderung bergerak lebih bebas, seperti tidak ada batasnya dan mengutamakan desain masa depan tanpa melihat ke belakang. Inilah mengapa banyak dari desainnya berpenampilan nyentrik, unik dan terkadang menurut sebagian orang terkesan berlebihan dan tidak masuk akal. 

Namun, bagaimana bila diterapkan di dalam hunian? Desain rumah futuristik dengan arsitektur canggih akan tampak berbeda tetapi tetap bisa dibuat senyaman mungkin. Untuk lebih mengenal desain yang dikatakan hadir dari masa depan ini, mari simak detail penjelasannya dalam artikel terlampir.

Baca Juga:

Mau Desain Rumah Sederhana tapi Mewah? Begini Caranya!

Ciri Khas Desain Futuristik

Di dalam desain arsitektur sebuah bangunan, banyak ornamen dan pola di dalamnya yang membuat sebuah bangunan terlihat indah. Unsur-unsur tersebut saling melengkapi dan menyatu sebagai satu kesatuan yang dapat dikatakan sebuah desain. Desain futuristik hadir di tengah masyarakat modern dengan pencapaian yang luar biasa tetapi banyak pula yang tidak menyukainya.

Namun, lambat laun penerapannya pada arsitektur bangunan mulai bisa diterima dan menjadi bagian dari kaum milenial. Sebenarnya apa saja ciri khas dari futuristik desain ini?

Mengedepankan Tampilan Unik

(Home Design Lover)

Tampilan pertama dalam desain rumah futuristik memang cukup unik. Eksterior yang dibangun sengaja dibuat menarik dan nyentrik untuk kesan masa depan yang mewah. Beberapa garis dan pola sengaja dibuat tak beraturan namun tetap menyelaraskan dengan bentuk dari rumah itu sendiri. Pins tidak akan menemukan genteng tanah liat ataupun atap rumah pada umumnya dalam desain rumah futuristik.

Penggunaannya lebih banyak bermaterial kaca, baja, beton maupun besi. Namun jangan salah Pins, banyak pula yang menerapkan teknologi ramah lingkungan pada futuristik desain dengan menambahkan beberapa tanaman hidup di dalamnya ataupun sebagai pelengkap tampilan depan rumah.

Permainan Cahaya yang Memukau

desain futuristik
(Pinterest)

Ada hal yang menjadi karakter utama dalam penerapan futuristik desain yaitu permainan cahaya lampu di dalamnya. Lampu LED yang memedihkan mata, sengaja ditaruh dalam ruang dengan pencahayaan yang bisa diatur. Warna-warnanya pun beragam dan tidak sedikit pula yang menggunakan warna-warna RGB di dalamnya.

Pins bisa menaruh lampu yang disembunyikan atau biasa disebut dengan wall washer lamp pada ruang tamu ataupun ruang tidur agar bias cahaya lebih redup. Namun, bila Pins menyukai pencahayaan yang cukup maksimal, Pins bisa menerapkannya di lantai maupun plafon dengan desain yang tidak biasa dan cukup meriah.

Baca Juga:

Kelebihan lampu LED, Cahaya Lebih Nyaman dan Hemat Energi!

Sistem Teknologi Tingkat Tinggi dalam Desain Futuristik

desain futuristik
(Freepik)

Apa Pins pernah mengetahui informasi mengenai bagaimana rumah Bill Gates? Salah satunya adalah teknologi super canggih yang berada di dalam rumahnya. Semua hal yang ada di dalam rumahnya sudah terintegrasi dengan komputer yang dapat dipantau oleh bagian keamanan dan mempermudah dirinya dalam menjalani aktivitas di dalamnya. Desain rumah futuristik dengan teknologi canggih di dalamnya sudah seperti sendok dan garpu.

Keduanya saling melengkapi dan tentunya menyempurnakan tujuan utama dari desain futuristik sendiri. Di dalam sebuah hunian contohnya, Pins bisa menambahkan teknologi smart home. Semua perangkat elektronik dalam rumah bisa terhubung lewat ponsel dan dimonitor. Baik cctv hingga cahaya lampu bisa Pins atur lewat ponsel. Hal tersebut tentu akan melengkapi desain hunian bergaya futuristik milikmu.

Penggunaan Material Berpenampilan Mengkilap

desain futuristik
(Pinterest)

Ubin lantai, dinding hingga plafon usahakan menggunakan material yang mengkilap sebagai bagian dari gaya futuristik. Pins bisa memilih lantai dengan material granit maupun panel dinding dengan desain canggih dan menawan. Tampilan akhir mengkilap dari ragam material tersebut, membuat hunian terasa mewah. Namun, tidak lupa untuk selalu merawatnya ya Pins, agar warna perabot tetap bercahaya, bertekstur licin, dan tidak berubah warna.

Dekorasi Menawan Tampak Tidak Biasa

desain futuristik
(Pinterest)

Di dalam interior futuristik desain, Pins akan menemukan hal-hal yang tampak tidak biasa. Jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan beberapa orang baru pertama kali melihatnya. Inilah mengapa dekorasi di dalam desain satu ini menjadi mencolok. Menemukan desain yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan cukup sulit dalam pengaplikasian desain ini. Namun, bila sudah menemukan jasa atau orang yang tepat, Pins tidak akan beralih darinya.

Penggunaan dekorasi di dalam desain rumah futuristik bisa dibuat dari benda-benda daur ulang yang diperbaharui, hingga membuatnya secara custom. Kamu dapat mengasah kreativitasmu dalam hunian ini. Hal yang terpenting adalah selalu utamakan kenyamanan ya!

Bagaimana, apa matamu tidak bisa berkedip? Ragam desain luar biasa di atas memang menjadi ciri khas utama pada penerapan desain futuristik. Tampilannya menawan dan pastinya membuat Pins akan berhenti sejenak menatapnya. Tertarik menerapkannya pada hunian?


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel