10 Inspirasi Desain Rak Buku Minimalis Untuk Ruangan Sempit

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 9 November 2021 ∙ 8 menit membaca

Ketika membahas bagaimana kami menampilkan tatanan buku-buku kami, rak buku selalu menarik perhatian banyak orang karena desain dan daya tarik rak buku minimalis mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir.

Pada pebahasan kali ini, Pinhome akan memberikan rekomendasi desain rak buku minimalis yang bisa kamu jadikan referensi sebagai pilihan desain rak buku yang tepat untukmu. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap berikut ini.

Rak Buku Minimalis

Seperti yang diketahui setiap pencinta buku, penting untuk memiliki sistem untuk mengatur rak buku. Baik kamu yang memilih untuk mengurutkan berdasarkan pengarang, judul, atau sistem Desimal Dewey, kamu harus selalu menjaga kerapian. Dengan begitu, kamu akan selalu tahu di mana buku favoritmu berada setiap saat.

Atau mungkin kamu tidak harus selalu menjaga kerapian – sedikit berantakan bisa menyenangkan, dan alangkah baiknya jika kamu tahu bahwa untuk menjaga buku tetap terorganisir itu cukup sulit dilakujan setelah kamu memiliki jumlah buku yang menumpuk di sekitar ruangan.

Sejak Revolusi Industri dan penemuan Percetakan Pers, rak buku telah menjadi kebutuhan dan keharusan di setiap rumah tangga. Mereka tidak hanya dimaksudkan untuk penyimpanan buku tetapi juga untuk menampilkan rasa dan budaya pemilik dan keluarga rumah yang halus.

Dengan kata lain, rak buku menampilkan standar, selera, dan budaya keluarga atau rumah tangga. Terlepas dari alasan-alasan seperti itu, rak-rak tidak hanya membuat buku-buku itu berguna tetapi juga meningkatkan dekorasi rumah.

Bahkan di rumah-rumah kecil, selalu ada ruang untuk satu atau dua rak. Nah jika ruang adalah masalah, kamu dapat memeriksa beberapa ide menghemat ruang pintar. Seringkali ada rak antik tua yang tergeletak di sekitar, yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Atau, kamu dapat membeli rak buku baru. Namun, sebelum memutuskan untuk beli rak buku baru, kamu harus memiliki pengetahuan tentang hal-hal penting yang wajib kamu ketahui. Rak buku dapat dikategorikan atau diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, beberapa di antaranya disajikan di sini.

Baca juga: Uji Kreativitasmu dengan Membuat Rak Buku Kardus, Lebih Ramah Kantong Pula.

Material

cara membuat rak buku

Seseorang dapat mengklasifikasikan rak buku berdasarkan materi yang digunakan di dalamnya. Rak buku umumnya semua terbuat dari kayu, sama seperti semua perabotan terbuat dari kayu. Sekarang, rak bingkai logam paling populer. Banyak rak buku yang seluruhnya terbuat dari logam, atau logam dan kaca. Beberapa rak bingkai logam berisi kayu, laminasi, marmer atau rak batu, tergantung pada desain, gaya dan penempatan rak.

Desain

cara membuat rak buku

Memilih desain adalah pilihan pribadi dan sering disesuaikan dengan anggaran, preferensi dan elemen desain kontekstual di mana rak buku harus dipasang atau ditempatkan. Namun di waktu sekarang ini banyak orang yang suka dengan konsep desain rak buku minimalis, sebab sangat mudah untuk disesuaikan mulai dari anggaran hingga desain yang akan dibuat.

Style

rak buku dari kayu

Saat memilih gaya untuk rak buku, ingat bahwa itu adalah bahan tahan lama yang akan bertahan selama beberapa dekade. Jadi, apakah itu harus memiliki tampilan klasik atau tampilan kontemporer, lebih merupakan pilihan pribadi. Juga, gaya rak  harus jeli, atau selaras dengan lingkungannya dan tidak boleh terlihat tidak pada tempatnya.

Macam-macam Rak Buku Minimalis

1. Rak Buku Sudut

Rak buku sudut adalah salah satu desain paling sederhana namun paling berguna di rak buku. Itu di tempatkan disudut ruangan, sehingga bagian yang tidak dapat diakses dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, ketika ditempatkan di sudut, karya seni dan dekorasi yang halus dan rapuh dilindungi dengan baik dan dijauhkan dari kecelakaan dan kerusakan.

2. Rak Buku Barrister

rak buku minimalis dari kayu

Ini adalah jenis rak buku minimalis yang kamu temukan di kantor setiap pengacara atau pengacara yang bereputasi. Mereka dirancang untuk menyimpan buku-buku tebal dan jurnal tentang keputusan Hukum dan Pengadilan. Mereka dibangun kuat dan kokoh dan memiliki pintu kaca tembus pandang dengan bingkai kayu.

Bagian depan kaca memungkinkan mereka untuk melihat jurnal terikat dan menemukan yang diperlukan untuk dibawa keluar. Kayu yang digunakan umumnya tahan lama dan mahal seperti mahoni atau jati.

Baca juga: Dijamin Bagus, Inilah Cara Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas Pakai

3. Rak Buku Tangga Miring

Tatakan buku dengan desain tangga miring umumnya terbuat dari logam sehingga kokoh dan bila disandarkan pada dinding pada suatu sudut, ia dapat berdiri dan menopang buku. Rak buku dengan tangga ini adalah salah satu rak buku paling kontemporer dan dicintai pada periode ini. Karena bentuknya dimaksudkan untuk bersandar, bingkai rak buku mungkin terlihat miring, namun, rak-rak disimpan horizontal.

Baca juga: 7 Tips Memilih Rak TV Minimalis Agar Ruang Keluarga Lebih Elegan

4. Rak Buku Kaca

rak buku simple

Rak buku kaca pada dasarnya adalah tempat dasar atau dukungan dan dinding samping terbuat dari panel kaca tebal yang kuat. Mereka dipegang bersama atau didukung oleh logam berkilau kromium atau bingkai stainless steel yang bersinar. Desain minimalis mereka terlihat sangat memikat dan bersih. Satu juga dapat memiliki rak serba kaca, bukan logam dan kaca.

Baca juga: Rak Dinding Minimalis

5. Rak Buku Industrial

desain rak buku minimalis

Rak buku industri memberi tampilan dan nuansa seolah-olah seseorang berada di dalam pabrik. Bingkai terbuat dari logam atau saluran industri berat yang tebal. Kadang-kadang bahkan pipa baja dapat digunakan bersama dengan sendi sudut industri atau fitting gaya pipa.

Ini memiliki periode yang unik dan tampilan tempat, yang merupakan campuran maskulin dan tangguh serta konsep rak buku minimalis. Rak yang tampak kuno ini akan menjadi perbincangan dan menarik perhatian pastinya.

6. Rak Buku Tak Terlihat

rak buku tempel

Rak buku ini membuat buku-buku tampak seperti menggantung di udara! Seperti namanya, rak yang tidak terlihat terbuat dari atau didukung oleh strip logam tipis yang sekrup langsung ke dinding. Flipside tidk dapat digunakan untuk beban berlebih, jadi taruh buku di rak ini sewajarnya saja.

Ini dapat menampung hingga 10 kg beban dan buku-buku harus ditumpuk hingga ketinggian satu setengah kaki saja, untuk benar-benar menciptakan ilusi rak yang tak terlihat.

7. Rak Buku Berbentuk Pohon

rak buku kayu minimalis

Rak-rak buku berbentuk seperti pohon, bentuk batang pohon membentuk dukungan vertikal dan cabang berfungsi sebagai rak untuk menyimpan buku. Ini memberi perasaan berada di luar ruangan di taman.

8. Rak Buku Bookworm

rak buku minimalis modern

Rak buku Bookworm terbuat dari logam ekstrusi, paling sering aluminium, karena merupakan bahan yang sangat ringan namun kuat. Ini berbentuk kurva bergelombang agar terlihat seperti cacing yang menggeliat. Kamu bebas bereksperimen dengan bentuk dan memilih jenis kurva yang kamu sukai.

9. Cube BookShelf

rak buku minimalis modern

Rak buku kubus berbentuk kubus, yang berarti memiliki tinggi dan keluasan yang sama. Seseorang dapat memiliki rak yang lebih besar yang terdiri dari beberapa kubus kecil seperti itu, baik dalam bentuk simetris atau asimetris.

10. Rak Buku Logam

rak buku modern

Rak buku logam adalah yang terbuat dari logam atau terutama menggunakan logam dengan jenis bahan lain seperti, kaca, kayu, laminasi, marmer dll. Mereka bisa lebih ringan dan langsing dalam penampilan, karena logam lebih tahan lama dan dapat menyimpan lebih banyak berat. Logam juga memungkinkan fleksibilitas dalam bentuk dan desain, dan sangat cocok untuk bentuk desain modern dan industri.

Cara Membersihkan Rak Buku yang Benar

rak buku

Setiap minggu, cukup untuk menyeka bagian atas dan sisi rak buku dengan kain mikrofiber. Ambil kesempatan ini juga untuk menghapus item apa pun yang tidak ada di rak buku, dan untuk mengembalikan buku yang salah tempat ke lokasi yang tepat.

  1. Buang semuanya dari rak. Jangan repot-repot menyortir pada titik ini, kosongkan rak hingga kosong.
  2. Rapihkan rak lalu, lap semua bagian rak yang berdebu , ini adalah kesempatanmu untuk membuat rak buku bersih dan cantik.
  3. Bersihkan buku-buku secara individual dan teratur, baik bagian sampul dan bagian dalam buku yang memiliki serpihan debu. Bersihkan sepanjang bagian atas halaman, atau gunakan vakum yang dipegang tangan.
  4. Atur kembali buku sesuai metode yang kamu rencanakan untuk tampilanya. Secara pribadi, saya menempatkan fiksi diurutkan berdasarkan judul dalam satu rak , dan buku-buku non-fiksi, diatur oleh subjek dan kemudian penulis, di rak lain.

Tips Merawat Buku

gambar rak buku minimalis

  • Simpan di tempat yang kering. Kelembaban menjadikan tempat berkembang biak serangga dan jamur, jadi jangan simpan buku di ruang bawah tanah atau loteng atau mereka akan menimbulkan \\\\\\\\\\\\\\\”bau buku tua\\\\\\\\\\\\\\\” yang dengan cepat kehilangan pesonanya saat kamu mencoba membaca. Serangga juga bersarang di buku-buku yang disimpan di mana ada kelembaban tinggi, terutama kecoak dan gegat, yang suka memakan kertas.
  • Jauhkan mereka dari sinar matahari langsung yang dapat membuat pudar sampul buku dan dapat merusak ikatan kulit kertas/sampul buku.
  • Beri mereka ruang dan perlakukan mereka dengan lembut. Menyimpan buku-buku terlalu erat dengan melengkungkan sampul buku mereka, membuat mereka sulit dibaca. Penutup melengkung dapat menyebabkan patah buku yang rusak yang memungkinkan halaman rontok.
  • Cara terbaik untuk mengambil buku adalah dengan mendorong buku lain ke samping, lalu menarik buku yang dipilih keluar dari tengah, ini seharusnya cukup mudah dilakukan.
  • Baca dan cintai mereka. Buku bagaikan kebun rahasia bagi pikiran kita, yang berisi tempat dan waktu yang dapat kita tempuh tanpa meninggalkan kenyamanan rumah. Buku yang belum dibaca adalah buku yang sepi. Jangan biarkan buku terasa sepi!
  • Rehome mereka dengan benar. Jika kamu memutuskan sudah waktunya untuk berpisah dengan buku, biarkan saja buku milikmu disukai oleh orang lain seperti sediakala, yang penting buku tidak kesepian.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia