BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Ide Taman Samping Rumah yang Cocok untuk Segala Rumah!
0
0

12 Ide Taman Samping Rumah yang Cocok untuk Segala Rumah!

Dipublikasikan oleh  

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
taman samping rumahtop-right-banner

Taman di rumah memiliki banyak fungsi. Tak hanya tempat tanaman saja, taman juga bisa menjadi tempat bersantai dan tempat yang akan mempercantik rumah kamu. 

Nah, jika kamu tak memiliki halaman yang cukup di depan atau belakang rumah untuk membuat taman, kamu bisa memiliki taman di samping rumah. Lokasi yang tak terlalu luas dan bentuknya memanjang mungkin perlu sedikit tricky dalam membuatnya. 

Namun, kamu tak perlu bingung, ada inspirasi desain taman samping rumah yang lahannya cukup sempit. Kamu tinggal pilih sesuai dengan selera saja. Yuk, cek daftarnya! 

Taman Samping Rumah Konsep Vertikal 

kompas.com

Lahan yang tak terlalu luas alias sempit mungkin menjadi tantangan tersendiri dalam membuat taman samping rumah. Namun, hal itu bisa diakali dengan membuat konsep taman vertikal. 

Bagian dinding taman bisa dihiasi dengan tanaman seperti pot gantung atau tumbuhan merambat yang ditata rapi. Kombinasi keduanya pun akan membuat taman semakin indah dipandang. 

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Taman Bidang Miring 

Kalau tidak ingin konsep bidang yang terlalu vertikal, kamu bisa menggunakan konsep bidang miring yang membuat taman samping rumah lebih cantik. 

Bidang undakannya bisa kamu tanami dengan bunga-bunga atau rumput yang berwarna-warni. Bagian lahan yang datar dapat dibuat jalan setapak dengan ubin batuan yang memanjang. Terdengar menarik, bukan? Yuk, coba! 

Baca juga: Inspirasi Taman Dalam Rumah!

Taman Minimalis ala Zen

pinterest.com

Taman yang menenangkan bisa jadi salah satu referensi taman samping rumah yang bisa kamu coba. Taman jenis ini terinspirasi rumah gaya Jepang atau ala Zen.

Konsep taman ini secara umum memakai dominasi batu kerikil dan batu setapak. Desain taman ini akan tampak lebih menawan dengan tambahan patung miniatur, jembatan kayu, hingga bambu-bambu kecil di sekitar taman. 

Kamu bisa menambahkan kursi juga di sekitar taman untuk bisa sekadar duduk-duduk dengan keluarga. 

Taman dengan Kolam Ikan

Kamu ingin taman samping rumah yang lebih hidup? Menambahkan kolam ikan mas atau koi bisa jadi pilihan terbaik. Suasana kolam ikan dengan gemericik air akan membuat nuansa ketenangan yang alami. 

Taman jenis ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan dalam rumah. Hari-harimu jauh dari stres, deh. 

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Taman Lansekap Jalan Setapak 

okezone.com

Lansekpa jalan setapak merupakan salah satu model taman samping rumah yang menarik. Jalan setapak bisa menggunakan batuan alami dengan warna natural. batuan jalan setapak ini sangat cocok dipadukan dengan taman hijau yang segar. 

Perpaduan warna antara tanaman hijau dengan batuan membuat suasana taman alami yang menyejukkan. Taman jenis ini juga tak membutuhkan terlalu banyak lahan, sehingga lahan yang sempit pun dapat dimanfaatkan. 

Baca juga: 20 Desain Taman Di Atas Rumah yang Keren!

Taman dengan Pot Dinding 

Pot dinding bisa jadi properti untuk membuat taman samping rumah yang menarik. pot yang yang ditempel di dinding akan membuat taman tampak membuat lebih menarik. Jenis taman dengan pot dinding ini cocok untuk taman dengan lahan sempit dan terbatas. 

Taman Konsep Wonderland

Masih bingung ingin konsep apa untuk taman samping rumah kamu? Coba konsep wonderland saja. Konsep ini secara umum adalah konsep yang cukup abstrak namun memberikan kesan estetik. 

Jalan setapak dengan batu meliuk-meliuk dapat menambahkan kesan imajinatif yang tak terbatas. Untuk perpaduan warnanya, kamu bisa memadukan warna putih dan abu-abu. 

Baca juga: 22 Inpsirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Taman Samping Rumah Tempat Ngopi

kompas.com

Ingin punya tempat ngopi sendiri di rumah? Kamu bisa kok bikin sendiri di taman samping rumah. Taman dengan gaya estetik, dengan meja serta kursi yang minimalis tentu bisa membuat taman menjadi lebih cantik. 

Nah, dengan memiliki taman sendiri di rumah, kamu bisa kapan saja untuk nongki sambil ngopi cantik di rumah. 

Taman Gaya Industrial 

Taman gaya industrial saat ini merupakan salah satu konsep taman yang banyak diminati. Konsep industrial ini biasanya dapat diimplementasikan pada lahan yang sempit. Bahkan lahat berukuran satu meter pun sudah bisa menerapkan konsep ini. 

Taman Minimalis ala Jepang

Salah satu model taman samping rumah yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah taman minimalis ala Jepang. Taman ini berupa bebatuan kerikil dengan batu setapak putih atau abu-abu. Lalu ditambahkan tanaman bambu di sisi samping jalan setapak. 

Konsep ini sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis modern yang tak terlalu banyak ornamen. Dengan taman ini rumah kamu bisa jadi makin elegan. 

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral!

Taman Samping dengan Pagar Hijau

Taman dengan pagar hijau alias dari tanaman dapat membuat rumah semakin terlihat sejuk. Tanaman hijau yang tinggi juga tak memerlukan banyak tempat yang banyak. Rumah kamu dari akan terlihat semakin segar dan menenangkan dengan warna hijau ini.

Taman dengan Lantai Rapi

Referensi taman samping rumah yang bisa kamu pilih yang paling akhir adalah taman dengan lantai yang tertata rapi. Dengan perpaduan lantai berwarna earth tone dan dibentuk rapi natural, taman akan menjadi terasa indah. 

Nah, itu tadi beberapa referensi taman samping rumah yang bisa kamu terapkan di rumah. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan dengan rumah kamu. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download