Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Jenis Palem Hias untuk Mempercantik Hunian Kamu

Hobi

Jenis Palem Hias untuk Mempercantik Hunian Kamu

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 2 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Dulunya, tanaman palem masuk ke dalam kategori suku Palmae. Kini, seluruh tumbuhan yang mencakup palem atau palma, termasuk kelapa, pinang, enau, sagu, hingga berbagai jenis palem hias masuk ke dalam suku Arecaceae.

Pinhome – Memilih tanaman hias untuk mempercantik halaman atau teras rumah sebenarnya tidaklah sulit. Tantangannya justru ada pada bagaimana merawatnya sehari-hari. Banyak ragam tanaman hias yang sedang digandrungi, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, hampir semua tanaman hias laris manis diburu para penghobi. Tidak terkecuali dengan berbagai jenis palem hias, peminatnya semakin meningkat.

Pohon palem memang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Sudah sejak lama pula tanaman ini digunakan sebagai penghias rumah, halaman, ataupun jalan. Selain mempercantik tampilan rumah atau jalanan, tumbuhan palem juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. Ada macam-macam pohon palem yang bisa dipilih untuk mempercantik hunian, di antaranya seperti :

(Tanaman Mart)

Salah satu jenis palem hias yang umum dijumpai di berbagai rumah adalah palem kuning. Berasal dari Madagaskar, palem kuning kini sudah mudah ditemui di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Pertumbuhan tanaman ini tidak terlalu tinggi, maksimal hanya tumbuh sekitar 3 meter, sehingga masih bisa ditempatkan di dalam pot di depan rumah.

Tampilannya cantik dengan daun berwarna hijau kekuningan yang menyirip. Dinamakan palem kuning karena warna pelepahnya yang berwarna kuning terang. Karena warnanya, tampilan palem kuning akan semakin mencolok bila terkena cahaya matahari membuat teras atau halaman rumah menjadi semakin cantik. Palem kuning juga bisa ditanam baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah

Palem Bambu

(Hai Bunda)

Palem bambu memiliki karakteristik tumbuhan yang rindang sehingga bisa membuat tampilan rumah teras lebih sejuk dan rindang. Selain di halaman atau pekarangan rumah, palem bambu juga biasa ditemukan di gedung-gedung perkantoran atau sebagai dekorasi di berbagai acara resmi. Hal ini karena jenis palem hias satu ini bisa juga digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Tidak hanya rimbun dan lebat, palem bambu atau biasa pula disebut dengan palem parlor ini dikenal cukup kuat.

Mengapa cukup kuat? Karena dibanding dengan macam-macam pohon palem lainnya, palem bambu bisa tumbuh dalam kondisi cahaya matahari yang minim. Makanya, aman jika palem bambu ditaruh di dalam rumah sebagai salah satu penyegar ruangan.

Selain dapat hidup dengan cahaya matahari yang rendah, ternyata palem bambu juga kuat untuk tumbuh di bawah terpaan sinar matahari secara langsung. Cocok untuk menghiasi halaman rumah. Tinggi tumbuhan ini dapat mencapai sekitar 4 meter, tentunya dapat membuat lingkungan rumah semakin terasa asri.

Palem Kipas

(Tokopedia)

Sesuai namanya, palem kipas memiliki bentuk setengah lingkaran yang mirip dengan kipas. Bentuknya yang mudah dikenali inilah yang menjadi ciri khas dan keunikannya. Sama seperti palem kuning, palem kipas juga berasal dari Madagaskar dan keberadaannya sudah cukup dikenal. Nama lainnya adalah palem pelancong.

Untuk menjadi tanaman hias di rumah, palem kipas cocok bila ditanam di dalam pot. Ini karena batangnya yang cukup pendek sehingga cocok bila dijadikan tanaman indoor atau di pekarangan rumah. Namun, di habitat aslinya palem kipas mampu tumbuh hingga sekitar 10 meter.

Ada sekitar 7 varietas dari palem kipas, 2 yang populer di kalangan penghobi tanaman hias adalah palem sadeng dan palem waregu. Jenis palem hias satu ini tergolong tidak cukup rewel karena mampu tumbuh di tanah subur dan gersang, dapat hidup pula di iklim tropis maupun subtropis, bisa juga berkembang di dataran tinggi atau dataran rendah.

Palem Merah

(Rupa-Rupa)

Macam-macam pohon palem selanjutnya yang juga cukup populer di Indonesia adalah palem merah. Namanya berasal dari warna batang pohon, tangkai daun, dan daun pelindung yang berwarna merah menyala. Karena cukup unik dan elok, keberadaannya menjadi langka. Palem merah berasal dari Kalimantan, Sumatera, Thailand selatan, dan semenanjung malaya.

Jenis palem ini cocok bila ditanam di halaman atau pekarangan rumah karena dapat tumbuh hingga sekitar 16 meter. Pertumbuhannya juga membentuk rumpun yang memiliki banyak batang. Palem merah juga berbuah lo, Pins, buahnya berbentuk oval dan memiliki warna hitam ketika belum masak.

Palem Putri

(Tokopedia)

Memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau terang, palem putri berpenampilan mirip palem raja, hanya saja ukurannya lebih kecil. Sering difungsikan sebagai penghias taman dan pekarangan rumah, halaman gedung, hingga dekorasi jalan-jalan utama.

Palem putri dapat hidup baik di dataran rendah atau dataran tinggi dan pada iklim tropis ataupun subtropis. Perawatannya juga tidaklah terlalu sulit, Pins. Perlu diingat, berbeda dari jenis-jenis palem lainnya, palem putri membutuhkan pencahayaan sinar matahari secara penuh.

Palem Botol

(Bukalapak)

Asalnya dari Mauritius, memperoleh namanya dari bentuk batang pohon di bagian bawah yang menggembung menyerupai bagian bawah botol. Bentuknya yang sangat unik pastinya menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pencinta jenis palem hias. 

Cocoknya, palem botol ditanam di halaman atau pekarangan rumah karena tidak mungkin bila dipaksa ditanam di dalam pot. Bisa dijadikan sebagai tanaman dalam ruangan asalkan dibonsai terlebih dahulu.

Palem Palas Payung

(Rupa-Rupa)

Jenis palem hias selanjutnya adalah palem palas payung. Sekilas, bentuk daunnya mirip dengan palem kipas, tetapi sebetulnya sangatlah berbeda. Bentuknya lingkaran dengan garis tengah sepanjang kurang lebih 60 cm. Berasal dari Papua New Guinea dan New Britain, palem satu ini dapat tumbuh dengan subur pada ketinggian 500 mdpl.

Tekstur daunnya cukup kaku dan memiliki permukaan yang berombak serta mengikuti tulang-tulang daun yang terlihat tegas. Tingginya hanya mencapai 2 meter saja sehingga masih aman bila ditanam di dalam pot dan diletakkan di teras rumah ataupun di dalam rumah.

Palem Jepang

(Tokopedia)

Walaupun bernama palem Jepang, tetapi asalnya dari Australia, bukan Jepang. Tingginya bisa mencapai sekitar 8 meter dan tumbuh secara berumpun. Tanaman ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk di tanam di halaman rumah atau pekarangan.

Dalam setiap palem Jepang, nantinya akan menghasilkan sekitar 5 anakan pohon. Daunnya memiliki helai yang berpasangan dan memiliki masing-masing satu pasangannya sendiri serta bergerigi. Palem Jepang juga tangguh, sebab masih bisa tetap hidup subur meskipun tidak pernah disiram air.

Selain jenis-jenis palem seperti di atas, masih ada beberapa jenis palem hias lain yang bisa kamu pilih, Pins. Namun, karena ukurannya yang cenderung besar kamu perlu menyediakan lahan yang cukup luas untuk menanamnya. Palem-palem berukuran besar tersebut, seperti Palem Raja, Palem Ekor Tupai, dan Palem Segitiga Hijau.

Bagaimana, Pins? Tertarik untuk menanam macam-macam jenis palem hias di rumahmu?

_____

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel