10 Inspirasi Taman Mini Belakang Rumah, Mungil dan Cantik!

Dipublikasikan oleh Putri Aprilia ∙ 20 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Punya lahan sempit di belakang rumah? Sayang sekali jika tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja. Kamu bisa membuatnya menjadi taman mini di belakang rumah. Ada banyak konsep yang bisa sangat bermanfaat. Tentunya juga membuat rumah kamu makin terlihat cantik dan estetik. 

Apa saja itu? Daripada penasaran, yuk simak inspirasi taman mini di belakang rumah. Bisa jadi tempat bersantai, mencuci baju, bahkan tempat beribadah. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini! 

Taman Belakang Rumah Memanfaatkan Lorong Kosong

bukalapk.com

Punya lorong kosong di belakang rumah? Kamu bisa membuatnya taman di belakang rumah. Area tanahnya bisa kamu tumpangi dengan batu kerikil berukuran kecil atau sedang. Kamu juga bisa menambahkan batuan untuk jalan setapak. 

Jangan lupa beberapa tanaman hijau untuk membuat taman semakin hidup. Terakhir, kamu bisa menambahkan pot gantung dinding yang membuat taman terlihat semakin cantik. Untuk nuansa yang lebih manis, kamu boleh mengecat dindingnya sesuai dengan tempa taman tersebut. 

Taman Lahan Sempit untuk Tempat Olahraga

Lorong sempit di belakang rumah dijadikan tempat untuk olahraga? Kenapa tidak? Kamu bisa hanya perlu menambahkan rumput untuk tempat jogging yang nyaman. Ditambahkan batu setapak berukuran persegi juga bisa jadi alternatifnya, lho

Taman belakang rumahmu yang sempit jadi bisa berguna untuk kesehatan, bukan? Jika sudah memiliki tempat cantik seperti ini, semangat untuk berolahraga jadi semakin meningkat, bukang?  

Baca juga: 9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Taman Belakang Rumah untuk Tempat Ibadah

pinterest.com

Suasana khusuk dan khidmat bisa didapatkan dari suasana tempat yang juga mendukung. Nah, taman sempit di belakang rumahmu juga bisa dijadikan tempat ibadah, lho. Untuk membuat tempat beribadah, kamu perlu membuat tempat beralaskan lantai kayu atau ubin. 

Di sisi-sisinya kamu bisa memberinya tanaman dalam pot untuk memberikan kesan menenangkan. Ingin lebih menarik? Kamu bisa menambahkan patung air untuk menciptakan suasana yang lebih tenang. 

Taman Belakang Rumah untuk Ngobrol dan Ngopi

Inspirasi lain taman belakang rumah lahan sempit selanjutnya bisa juga dibikin menjadi tempat ngobrol dan ngopi bersama keluarga. Kamu hanya perlu membuat area dengan meja dan kursi kecil untuk tempat nongkrong. 

Di sekelilingnya kamu bisa menambahkan tanaman dengan pot serta rumput untuk menambahkan kesan segar dan asri. Kamu bisa membuat taman terbuka atau tertutup. 

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Taman Dengan Kolam Ikan

infoakuakultur.com

Taman lahan sempit di belakang rumah seharusnya bisa disulap menjadi kolam ikan hias yang menarik. Kamu bisa membuat kolam kecil dari bebatuan yang disekelilingnya terdapat rumput dan pot bunga. 

Kolam ikan yang dibuat dapat menjadi tempat yang tenang dan nyaman. Bahkan, taman mini belakang rumah ini bisa jadi pereda stres atau tempat mencari ide-ide brilian, lho. Tertarik mencoba?  

Taman Sempit dengan Hammock

Spot bersantai di rumah bisa datang dari taman mini belakang rumah kamu. Lahan sempit di belakang rumah bisa kamu pasang hammock untuk bersantai. Hammock ini tak membutuhkan tempat yang luas, kok. 

Asalkan ada tempat untuk mengaitkan kedua sisi tali dan cukup untuk tempat kamu rebahan. Area sekitarnya juga bisa kamu hiasi dengan rumput sintetis, pot tanaman, atau pun bebatuan kecil berwarna putih. 

Baca juga: 7 Inspirasi Taman Kecil 1 Meter Persegi untuk Hunian Kamu

Taman dan Area Mencuci Baju 

mamikos.com

Taman mini di belakang rumah dijadikan area mencuci baju atau laundry, terdengar menarik bukan? Di area ini kamu bisa mencuci baju dan menjemur pakaian yang minimalis. 

Sebagai pemanis, tambahkan beberapa dekorasi seperti hiasan dinding dan pot berisi tumbuhan hijau. Kamu juga bisa menggunakan ubin lantai atau bebatuan untuk tempat mesin cuci. 

Taman Kecil untuk Bersantai Pagi 

rcti.plus.com

Taman kecil di belakang rumah juga bisa jadi tempat untuk berjemur atau bersantai pagi hari. Tambahkan beberapa interior seperti kursi untuk tempat duduk bersantai pagi. Jangan lupa memberikan interior tanaman hijau untuk membuat lebih segar dan asri. Bagaimana? Tertarik membuat nuansa santai pagi di belakang rumah? 

Baca juga: Kumpulan Tips dan Ide Taman di Dalam Rumah yang Bisa Dicoba

Taman Kecil untuk Tanaman Sayur

Hobi menanam sayur? Kamu bisa menanam sayuran hijau di area taman mini belakang rumah. Kamu bisa menanamnya di pot supaya lebih tertata. Kamu bisa menanam cabe, tomat, terong, dan sebagainya. 

Untuk tanahnya, kamu bisa membuatnya dengan rumput sintetis atau bebatuan kecil yang terlihat bersih dan nyaman. Menarik, bukan? 

Baca juga: 12 Ide Taman Samping Rumah yang Cocok untuk Segala Hunian!

Taman Mini Tempat Bermain Anak Belakang Rumah

Kamu punya anak-anak yang masih kecil? Membuat taman mini di belakang rumah menjadi tempat bermain anak juga bisa, lho. Kamu  bisa menggunakan rumput sintetis yang nyaman untuk anak bermain. 

Tambahkan beberapa bantal atau bean bag kecil untuk tempat beristirahat atau membaca buku untuk anak. Taman mini ini jadi multifungsi, bukan? Yuk, coba!

Demikianlah beberapa inspirasi taman di belakang rumah dengan lahan sempit. Kamu bisa membuatnya menjadi tempat yang multifungsi, seperti tempat bersantai, tempat laundry, atau bahkan tempat ibadah. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia