BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau
0
0

9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Lea Lyliana

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumahtop-right-banner

Taman dapat membuat rumah terlihat lebih cantik dan indah, sekalipun ukurannya tak terlalu luas. Sebetulnya, cara membuat taman kecil di depan rumah tidaklah sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuatnya, misalnya konsep taman depan rumah seperti apa yang ingin diterapkan.

Buatmu yang berniat bikin taman depan rumah berikut ini ada beberapa tips dan langkah yang perlu dipraktikkan. Cara ini dapat diterapkan pada halaman atau teras rumah yang sempit sehingga cocok pula diaplikasikan di rumah tipe 36 atau 45. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Tentukan Lokasi Pembuatan Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Cara bikin taman depan rumah sederhana tak semata-mata menempatkannya di teras atau halaman rumah. Namun, ada beberapa hal krusial dan aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya memilih titik yang terekspose langsung dengan sinar matahari supaya tanaman tumbuh subur.

Selain sinar matahari, kamu perlu memerhatikan area yang dekat sumber air. Seperti yang diketahui, tanaman membutuhkan air untuk berkembang sehingga sumber air tentu diperlukan. Khususnya dalam perawatan tanaman dan taman.

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Cek Ulang Ukuran Lahan

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Hal utama yang harus diperhatikan saat membuat taman minimalis yakni menentukan ukurannya. Oleh karenanya, dalam tahap perencanaan, kamu perlu cek ulang ukuran lahan. Hal ini penting dilakukan, karena dapat memengaruhi konsep hingga tata letak tanamannya nanti. Selain itu, berpengaruh pula pada elemen dekorasi yang ingin ditambahkan, misalnya pembuatan kolam atau jalan setapak dengan batu alam.

Perlu diketahui, idealnya taman depan rumah memiliki jalur atau akses terpisah ke ruangan. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan taman, karena pijakan kaki.

Baca juga: 22 Inpsirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Tentukan Konsep Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Setelah perhitungan lahan dilakukan, maka kamu perlu memikirkan konsep. Dalam penentuannya, baiknya sesuaikan konsep dengan tema rumah keseluruhan. Di samping itu, pertimbangkan pula desain dengan klasifikasi tanamannya. Misalnya, taman tersebut ingin diisi bunga, pohon berbuah, kebun sayuran, atau tanaman bumbu. Walau sepele, tapi penerapan konsep yang tepat sesuai tanaman ini dapat memengaruhi perkembangan pertumbuhannya.

Buat Denah Kasar

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Lahan sudah diukur dan konsep pun sudah ditentukan, maka kamu bisa langsung mencoba buat denah kasar. Ini diperlukan untuk menentukan penataan tanaman dan elemen dekorasi lainnya, agar taman depan rumah terlihat lebih rapi. Sebagai panduan, idealnya tanaman hijau memenuhi sepertiga luas lahan. Oleh karena itu, pastikan telah mengukur dan mempertimbangkan betul-betul penataannya pada tahap ini.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Pilih Tanaman Hijau

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Cara menghias taman depan rumah tentu membutuhkan tanaman hijau apapun jenisnya. Dalam pemilihan tanamannya, pastikan menjadi representasi desain interior dan selera pemiliknya. Namun, di samping itu, kamu juga perlu memilih tanaman yang cocok dengan iklim atau kondisi cuaca lingkuan. Selain itu, pertimbangkan pula dimensi tanaman dengan luas taman depan rumah.

Jika taman rumahmu sempit, maka bisa menggunakan tanaman seperti bunga sepatu, mawar, bunga kertas, dan sri rejeki. Apabila ingin menambahkan tanaman gantung atau rambat, silakan gunakan sirih daging. Tak cuma tanaman hias, kamu pun bisa menambahkan tanaman herbal atau aromaterapi, seperti thyme, mint, kemangi, atau cabai.

Baca juga: 10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Siapkan Saluran Air

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat taman kecil depan rumah yakni memastikan ketersediaan airnya. Kamu bisa menambahkan keran air di sekitar taman untuk pengairannya. Namun, pastikan pula terdapat resapan atau tanah, untuk mengatur saluran air sehingga bisa menyerap kelebihannya. Hal ini pun dilakukan agar air tidak terlalu menggenang.

Jaga dan Maksimalkan Kualitas Tanah

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Selain air dan cahaya matahari, tanaman juga memerlukan tanah yang bagus agar bisa tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat taman di area yang tanahnya bagus, bernutrisi, serta memiliki unsur hara.

Pada proses pemeliharaannya, kamu perlu memberi pupuk dan memadatkan tanah dengan pencangkulan agar tanaman tumbuh subur. Di samping itu, cara ini bisa membuat air dan oksigen terserap dengan baik oleh tanaman.

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Lengkapi dengan Penerangan dan Dekorasi

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Untuk mempercantik tampilan taman, kamu bisa menambahkan elemen dekorasi lain dan lampu untuk penerangan. Dekorasi bisa dengan menambahkan air mancur kecil atau kolam ikan sederhana. Sementara, untuk lampu bisa menggunakan lampu taman kuning atau lampu vertikal yang ditempatkan di tembok.

Rawat Tanaman dan Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
Source : Unsplash

Apabila semua langkah sudah diterapkan, maka kamu memperhitungkan perawatannya. Terkait hal ini, kamu perlu melakukan penyiraman rutin sesuai tumbuhan yang ditanam. Di samping itu, jadwalkan perawatan rutin, seperti memberihkan taman dari sampah, hama, hingga memberikan pupuk yang sesuai. Tak lupa, pastikan pula unsur hara pada tanah tercukupi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pemeliharan atau perawatan taman ini dapat dilakukan dua hingga tiga kali dalam sebulan. Namun, untuk penyiraman baiknya lakukan rutin.

Demikian cara membuat taman kecil di depan rumah yang bisa kamu ikuti dan praktikkan. Sebetulnya, cara membuat taman ini gampang-gampang susah, tapi dengan perhitungan matang, dijamin taman mungilmu akan selalu terlihat indah, hijau, dan terawat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download