9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 4 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Taman dapat membuat rumah terlihat lebih cantik dan indah, sekalipun ukurannya tak terlalu luas. Sebetulnya, cara membuat taman kecil di depan rumah tidaklah sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuatnya, misalnya konsep taman depan rumah seperti apa yang ingin diterapkan.

Nah, buatmu yang berniat bikin taman depan rumah berikut ini ada beberapa tips dan langkah yang perlu dipraktikkan. Cara ini dapat diterapkan pada halaman atau teras rumah yang sempit, sehingga cocok pula diaplikasikan di rumah tipe 36 atau 45. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Tentukan Lokasi Pembuatan Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Cara bikin taman depan rumah sederhana tak semata-mata menempatkannya di teras atau halaman rumah. Namun, ada beberapa hal krusial dan aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya memilih titik yang terekspose langsung dengan sinar matahari. Pasalnya, ini perlukan tanaman untuk tumbuha.

Selain sinar matahari, kamu perlu memerhatikan area yang dekat sumber air. Seperti yang diketahui, tanaman membutuhkan air untuk berkembang, sehingga sumber air tentu diperlukan. Khususnya dalam perawatan tanaman dan taman.

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Cek Ulang Ukuran Lahan

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Hal utama yang harus diperhatikan saat membuat taman minimalis yakni menentukan ukurannya. Oleh karenanya, dalam tahap perencanaan, kamu perlu cek ulang ukuran lahan. Hal ini penting dilakukan, karena dapat memengaruhi konsep hingga tata letak tanamannya nanti. Selain itu, berpengaruh pula pada elemen dekorasi yang ingin ditambahkan, misalnya pembuatan kolam atau jalan setapak dengan batu alam.

Perlu diketahui, idealnya taman depan rumah memiliki jalur atau akses terpisah ke ruangan. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan taman, karena pijakan kaki.

Baca juga: 22 Inpsirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Tentukan Konsep Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Setelah perhitungan lahan dilakukan, maka kamu perlu memikirkan konsep. Dalam penentuannya, baiknya sesuaikan konsep dengan tema rumah keseluruhan. Di samping itu, pertimbangkan pula desain dengan klasifikasi tanamannya. Misalnya, taman tersebut ingin diisi bunga, pohon berbuah, kebun sayuran, atau tanaman bumbu. Walau sepele, tapi penerapan konsep yang tepat sesuai tanaman ini dapat memengaruhi perkembangan pertumbuhannya.

Buat Denah Kasar

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Lahan sudah diukur dan konsep pun sudah ditentukan, maka kamu bisa langsung mencoba buat denah kasar. Ini diperlukan untuk menentukan penataan tanaman dan elemen dekorasi lainnya, agar taman depan rumah terlihat lebih rapi. Sebagai panduan, idealnya tanaman hijau memenuhi sepertiga luas lahan. Oleh karena itu, pastikan telah mengukur dan mempertimbangkan betul-betul penataannya pada tahap ini.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Pilih Tanaman Hijau

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Cara menghias taman depan rumah tentu membutuhkan tanaman hijau apapun jenisnya. Dalam pemilihan tanamannya, pastikan menjadi representasi desain interior dan selera pemiliknya. Namun, di samping itu, kamu juga perlu memilih tanaman yang cocok dengan iklim atau kondisi cuaca lingkuan. Selain itu, pertimbangkan pula dimensi tanaman dengan luas taman depan rumah.

Jika taman rumahmu sempit, maka bisa menggunakan tanaman seperti bunga sepatu, mawar, bunga kertas, dan sri rejeki. Apabila ingin menambahkan tanaman gantung atau rambat, silakan gunakan sirih daging. Tak cuma tanaman hias, kamu pun bisa menambahkan tanaman herbal atau aromaterapi, seperti thyme, mint, kemangi, atau cabai.

Baca juga: 10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Siapkan Saluran Air

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat taman kecil depan rumah yakni memastikan ketersediaan airnya. Kamu bisa menambahkan keran air di sekitar taman untuk pengairannya. Namun, pastikan pula terdapat resapan atau tanah, untuk mengatur saluran air sehingga bisa menyerap kelebihannya. Hal ini pun dilakukan agar air tidak terlalu menggenang.

Jaga dan Maksimalkan Kualitas Tanah

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Selain air dan cahaya matahari, tanaman juga memerlukan tanah yang bagus agar bisa tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat taman di area yang tanahnya bagus, bernutrisi, serta memiliki unsur hara.

Pada proses pemeliharaannya, kamu perlu memberi pupuk dan memadatkan tanah dengan pencangkulan agar tanaman tumbuh subur. Di samping itu, cara ini bisa membuat air dan oksigen terserap dengan baik oleh tanaman.

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Lengkapi dengan Penerangan dan Dekorasi

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Untuk mempercantik tampilan taman, kamu bisa menambahkan elemen dekorasi lain dan lampu untuk penerangan. Dekorasi bisa dengan menambahkan air mancur kecil atau kolam ikan sederhana. Sementara, untuk lampu bisa menggunakan lampu taman kuning atau lampu vertikal yang ditempatkan di tembok.

Rawat Tanaman dan Taman

cara membuat taman kecil di depan rumah
(Unsplash)

Nah, apabila semua langkah sudah diterapkan, maka kamu memperhitungkan perawatannya. Terkait hal ini, kamu perlu melakukan penyiraman rutin sesuai tumbuhan yang ditanam. Di samping itu, jadwalkan perawatan rutin, seperti memberihkan taman dari sampah, hama, hingga memberikan pupuk yang sesuai. Tak lupa, pastikan pula unsur hara pada tanah tercukupi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pemeliharan atau perawatan taman ini dapat dilakukan dua hingga tiga kali dalam sebulan. Namun, untuk penyiraman baiknya lakukan rutin.

Demikian cara membuat taman kecil di depan rumah yang bisa kamu ikuti dan praktikkan. Sebetulnya, cara membuat taman ini gampang-gampang susah, tapi dengan perhitungan matang, dijamin taman mungilmu akan selalu terlihat indah, hijau, dan terawat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia