Kamus Istilah Properti

Kontraktor

istilah properti

Kontraktor

Kontraktor adalah tenaga profesional yang memberikan keterampilan atau layanan kepada perusahaan untuk jangka waktu tertentu.   

Apa Itu Kontraktor? 

(Kompas.com) 

Arti kata kontraktor berasal dari kata “kontrak” yang artinya surat perjanjian atau kesepakatan kontrak bisa juga berarti sewa. Istilah tersebut merujuk pada tenaga profesional yang memberikan keterampilan atau layanan kepada perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Pekerjaan kontraktor dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya, dan hal-hal yang harus diselesaikan sesuai kontrak.  

Dalam lingkup properti, kontraktor adalah pihak yang bertanggung jawab melaksanakan semua atau sebagian pekerjaan konstruksi. Mereka akan bertanggung jawab menyediakan semua material, tenaga kerja, peralatan (seperti kendaraan teknik dan perkakas), dan layanan yang diperlukan untuk pembangunan proyek.  

Untuk mendapatkan proyek, kontraktor melakukannya dengan dua cara, antara lain:

  • Ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan.
  • Melalui lelang yang diselenggarakan oleh pemilik proyek. Pemenang lelang merupakan kontraktor yang mengajukan harga terbaik dan produk berkualitas serta memenuhi kriteria yang ditetapkan pemilik proyek. 

Jenis Kontraktor di Indonesia

(laptrinhx.com)

Di Indonesia, ada beberapa jenis kontraktor yang umum membantu dalam sebuah proyek. Mereka adalah:

  • Bidang arsitektural yang mencakup bangunan dengan teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. Selain itu, ada pula arsitektur untuk bagian interior properti, lanskap properti, dan perawatan properti.
  • Bidang pekerjaan sipil biasanya mengerjakan pembuatan jembatan, jalan, jalur kereta api, landasan pesawat, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, saluran drainase, dan jalur pengairan. 
  • Bidang tata lingkungan mencakup rencana penataan kota, analisis dampak properti pada lingkungan, teknik lingkungan, pengolahan air bersih dan limbah, juga perawatannya.
  • Bidang elektrikal yang berkaitan dengan kelistrikan, mulai dari instalasi pembangkit listrik, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, juga telekomunikasi.
  • Bidang mekanikal yang mencakup instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, pembuatan lift dan eskalator, pipa air, dan perawatannya. 

Kenali Perbedaan Kontraktor dan Pemborong 

kontraktor
(ehstoday.com)

Mungkin banyak orang yang menyamakan istilah kontraktor sebagai pemborong. Keduanya memang berfungsi untuk menjalankan proyek pekerjaan yang diminta oleh pemilik proyek. Namun, keduanya merupakan hal yang berbeda. 

Berikut ini beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut di dalam dunia properti: 

  • Sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis, tetapi pemborong bekerja berdasarkan perjanjian lisan. 
  • Kontraktor selalu berbadan hukum, sedangkan pemborong belum berbadan hukum. 

Layanan yang Disediakan Jasa Kontraktor 

kontraktor
(bgky.org)

Berikut ini adalah jenis jasa yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan jasa bangunan tersebut,

Jasa Bangunan 

Seringkali perusahaan jasa ini akan menggunakan alat-alat berat untuk mengerjakan jasa yang satu ini. Pihak mereka akan menawarkan jasa bangunan mencakup:

  • Pembersihan lahan.
  • Penggalian tanah untuk pembuatan pondasi.
  • Pembuatan sumur resapan.

Jasa Desain

Jasa desain yang ditawarkan oleh perusahaan meliput survei lahan dan memberikan jasa desain, mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas-fasilitas yang ada di properti tersebut.

Desain tersebut juga akan dibuat sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan anggaran pemilik proyek.

Jasa Renovasi dan Remodelling

Terakhir, jasa yang paling sering digunakan adalah renovasi dan remodelling seperti perbaikan dan pembongkaran pada properti.

Renovasi yang dikerjakan dapat berupa perombakan di area interior, eksterior, maupun fasilitas properti. 

Perhatikan, Ini Tips Memilih Kontraktor yang Baik 

kontraktor
(constructionplusasia.com)

Menggunakan perusahaan jasa bangunan menjadi pilihan yang paling realistis dan efektif untuk membangun rumah impian. Apalagi saat ini jasa tersebut bisa dengan mudah ditemukan. 

Namun, sebaiknya Pins harus berhati-hati ketika memilih kontraktor. Setidaknya, ada beberapa ciri jasa yang berkualitas, berikut ini diantaranya:

Memiliki Identitas dan Kontak Jelas

Namanya perusahaan profesional, sudah seharusnya memiliki identitas yang jelas. Identitas ini berupa nama perusahaan yang punya legalitas, kontak yang mudah dihubungi, dan alamat yang bisa didatangi. 

Nah, jika Pins menemukan perusahaan yang tidak memiliki kualitas-kualitas tersebut, lebih baik tidak perlu membuang-buang waktu dan carilah perusahaan lain yang mempunyai kejelasan.

Rekam Jejak dan Portofolio Bisa Dilacak 

Ciri paling mudah untuk menentukan profesionalisme perusahaan tersebut adalah dengan melihat portofolio dan klien yang sudah pernah mereka kerjakan. 

Jika mereka telah bekerja sama dengan banyak klien-klien dan punya bukti hasil pengerjaan yang berkualitas, Pins tidak perlu terlalu meragukan kontraktor tersebut.   

Perhitungan Harga Transparan

Penawaran harga dari perusahaan sangatlah penting ketika menggunakan jasa mereka. Sebaiknya, Pins menghindari dan jangan pernah tergiur dengan perusahaan yang menawarkan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. 

Bahkan, harga penawaran, jauh di bawah harga pasaran untuk jasa dan material. 

Selain itu, jangan pernah juga mencoba-coba mempercayakan rumah Anda kepada perusahaan atau pihak yang memberikan penawaran-penawaran terkait material bangunan yang harganya terlalu tinggi dari harga pasar. 

Memperhatikan Keselamatan Pekerja 

Kontraktor yang profesional pasti akan memperhatikan keselamatan dan keamanan pekerjanya di lokasi proyek. Bentuk perhatiannya berupa mewajibkan pekerjanya menggunakan helm, sepatu boot, dan rompi keselamatan, membayar upah tepat waktu, memberi tempat tinggal yang layak, makanan, minuman, dan kondisi kerja yang aman. 

Bila aspek-aspek ini tidak terpenuhi, bukan tidak mungkin para pekerja akan berpotensi untuk kabur atau tidak jujur.  

Contoh Perusahaan Kontraktor Terbesar di Indonesia

(mediabumn.com)

Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang sudah terlibat dalam banyak proyek. Berikut ini beberapa diantaranya: 

PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

PT Adhi Karya adalah salah satu perusahaan terbesar milik pemerintah yang sudah berdiri sejak tahun 1960. Perusahaan ini bergerak dalam jasa konstruksi, pembangunan infrastruktur, properti, real estate dan EPC (engineering, procurement & construction). 

Proyek-proyek infrastrukturnya mencakup jalan, jembatan, saluran irigasi, pembangkit listrik dan pelabuhan, gedung pencakar langit, hotel, rumah sakit hingga sekolah.

PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan terbesar berikutnya adalah PT Hutama Karya. Berdiri di bawah naungan BUMN, PT Hutama Karya menunjukkan karyanya melalui konstruksi bangunan bernilai sejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta. 

Perusahaan ini juga membangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi berupa jembatan bentang panjang seperti Jembatan Ampera di Palembang.

PT Total Bangunan Persada Tbk.

Diresmikan pada tahun 1970, 11 tahun kemudian nama perusahaan ini berubah menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk. 

Hasil karya perusahaan ini selama 40 tahun antara lain adalah JIExpo Convention and Theatre, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, BRI BSD Tower, dan lain-lain.

PT PP (Persero) Tbk.

Didirikan pada tahun 1953 dengan nama N.V Pembangunan Perumahan, saat itu perusahaan dipercaya untuk membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. 

Setelah itu, perusahaan ini membangun berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukmo Palace Hotel, dan Samudra Beach Hotel.  


Koordinator: Linda

Editor: Iko