Kamus Istilah Properti

Eskalator

istilah properti

Eskalator

Eskalator adalah anak tangga yang bergerak naik atau turun yang berfungsi sebagai transportasi vertikal yang mengangkut orang atau barang. 

Apa Itu Eskalator?

eskalator
(Schindler Elevator Corporation

Pins akan menemukan eskalator di berbagai bangunan, terutama tempat publik seperti mal, hotel, bandara, stasium, dan sebagainya. Istilah escalator berasal dari bahasa Latin, yaitu scala (tangga) dan elevator

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eskalator adalah tangga dengan anak-anak tangga yang bergerak naik atau turun, merupakan bagian dari rangkaian rantai angkut tidak berujung yang bergerak terus-menerus dengan motor listrik, biasanya diperlengkapi dengan pegangan yang turut bergerak (terdapat di hotel-hotel besar, toko serba ada, stasiun, bandar udara); tangga berjalan.

Sementara, jika melansir dari Wikipedia, esckalator atau tangga berjalan adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor.

Susunan tangga ini berjalan karena digerakan oleh motor listrik sehingga sanggup mengangkut banyak orang sekaligus untuk berpindah lantai.  

Dilihat dari fungsinya, eskalator mirip dengan lift, yaitu mengangkut orang atau barang secara vertikal. Perbedaaan keduanya terletak pada jumlah lantai yang dapat ditempuh. Sebuah lift, mampu menempuh sampai puluhan lantai, sementara escalator terbatas pada beberapa lantai saja. 

Kecepatan tangga berjalan ini juga terbilang tinggi, escalator bisa memindahkan 6000 hingga 9000 orang dalam satu jam dari satu lantai ke lantai lain. Pada bangunan publik, escalator dimanfaatkan sebagai moda transportasi vertikal utama untuk mengangkut pengunjungnya.

Sejarah dan Perkembangan Escalator

eskalator terpanjang
(The Jakarta Post)

Piramida Agung Giza menjadi pembuka sejarah tangga berjalan awal. Bentuk eskalator ini masih sederhana dan berbeda dengan yang saat ini digunakan oleh manusia di seluruh dunia. 

Sementara itu, penemu eskalator modern pertama adalah Nathan Ames dari Massachusetts,  Amerika Serikat, pada tahun 1859. Sayangnya, Ames tidak membuat hak paten eskalatornya secara nyata karena meninggal dunia sebelum dapat mewujudkan. 

Kemudian Charles Seeberger tahun 1898 dikenal sebagai orang yang mengembangkan versi pertama tangga berjalan modern bersama perusahaan Otis Elevator Company. Dia jugalah yang diakui sebagai pencipta nama escalator yang diambil dari kata Latin yaitu scala atau tangga dan elevator.

November 1989, eskalator pertama buatan perusahaan Prancis dipasang di pusat perbelanjaan di Harrod, London memakai sejenis sabuk dari kulit sebanyak 224 buah yang bergerak naik.  

Barulah tahun 16 Januari 1893 tangga berjalan pertama dibuat di wahana hiburan di Coney Island, Amerika Serikat. Kemudian, eskalator pertama untuk bangunan umum diterapkan di Toserba Harrods di Inggris pada tahun 1898. 

Tetapi, pertama di dunia ini dianggap aneh dan menyeramkan. Hal ini karena teknologi mekanikal yang diterapkan pada eskalator belum pernah ada sebelumnya. Pengunjung pun merasa trauma dan takut menaikinya karena mesin dan anak tangga seolah akan menelan mereka. 

Seiring berkembangnya zaman, escalator mulai diterima sebagai transportasi vertikal di dalam bangunan. Bentuk tangga berjalan ini juga makin beragam disesuaikan dengan bentuk arsitektur. Pins bisa menemukan escalator twist yang menyerupai tangga berputar elegan. 

Di Ngarai Enshi, Provinsi Hubei, China, terdapat escalator terpanjang di dunia jumlah 2260 anak tangga, dengan panjang 688 meter. Tangga berjalan ini dipakai oleh wisatawan yang menikmati pemandangan di ngarai tersebut. Pins memerlukan waktu 18 menit untuk mencapai ujungnya.  

Cara Kerja Eskalator

Cara Kerja Eskalator
(Quartz )

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, escalator dipasang motor listrik sehingga bisa membawa orang atau barang dari satu lantai ke lantai lainnya. 

Lalu, bagaimana cara kerja tangga berjalan ini? 

Sebagai transportasi vertikal berupa konveyor yang dipakai dalam mengangkut beban, eskalator terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak dari atas ke bawah atau sebaliknya. Ketika beroperasi, tangga berjalan ini memanfaatkan jalur yang ada dengan bantuan rantai yang digerakkan oleh mesin. Rantai dapat difungsikan sebagai alat penggerak.

Ketika dalam kondisi tidak bergerak, tangga berjalan ini ternyata tidak memiliki kemampuan menyangga beban. Alhasil, ketika dalam kondisi mati, sebaiknya tangga berjalan tidak digunakan oleh banyak orang. 

Jika dipaksakan, mekanik eskalator akan terganggu sehingga menyebabkan kerusakan. Tentu saja, ini tidak aman karena bisa mengancam keselamatan yang menaikinya.

Jenis-jenis Eskalator Berdasarkan Jalurnya

(Best Life )

Berikut ini dua jenis eskalator berdasarkan jalurnya:

Eskalator Tunggal 

Jenis yang pertama memiliki jalur tunggal yang digunakan untuk satu orang berdiri. Ukuran tangga berjalan ini lebih kecil, yaitu lebar 60 sampai 81 cm. Tipe tunggal ini memiliki kecepatan 0,45 m/s yang bisa mengangkut jumlah sebanyak 170 orang.

Sementara pada kecepatan 0,60 m/s, jenis ini mampu mengangkut 225 orang 

Eskalator Ganda

Eskalator jalur ganda digunakan dengan jalur dua orang berdiri secara bersamaan ditambah dengan satu anak tangga. Ukuran lebar adalah 100-120 cm, dengan sudut elevasi maksimal yang bisa diterima adalah 35 derajat dengan ketinggian maksimal 20 Meter. Pada bagian ramp yang berjalan, eskalator jenis ini memiliki sudut elevasi 15 derajat. 

Pada kecepatan 0,25 m/s, eskalator ganda mampu mengangkut 340 orang. Namun, dalam kecepatan 0,60 m/s, sebanyak 450 orang bisa diangkut. 

Hal-hal Penting Seputar Eskalator

(Schindler Group)

Dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang harus diketahui, antara lain: 

Sudut Kemiringan yang Disarankan 

Jika Pins menginginkan memasang alat angkut otomatis ini, maka perhatikan sudut kemiringannya. Sebaiknya, lantai memiliki sudut lebih dari 15 derajat supaya lebih aman. 

Selain itu, tinggi antar lantai, baik eskalator maupun elevator memiliki standarnya masing-masing. 

Tidak Boleh Menggunakan Eskalator yang Mati 

Demi keamanan, sebaiknya Pins tidak memakai tangga berjalan dalam keadaan mati di tempat umum. Pasalnya, banyak orang yang mengalihfungsikan escalator sebagai tangga jika alat ini tidak berfungsi.   

Pada kondisi ini, tangga berjalan otomatis hanya boleh dilalui oleh maksimal dua orang saja dalam satu kali naik atau turun. Jika lebih, akan membebani eskalator sehingga fungsi mekanik pada tangga berjalan akan terganggu. 

Jangan Menginjak Garis Kuning 

Ketika Pins akan naik atau turun memakai tangga berjalan otomoatis ini, jangan pernah menginjak garis kuning. Garis kuning merupakan penanda bahaya di dalamnya. Jika sampai terinjak, bisa-bisa sepatu atau sandal akan terjepit dan akan sulit untuk dilepaskan. 

Ketika Memakai Eskalator, Berdiri di Sisi Kanan 

Saat Pins memakai tangga berjalan ini pada sebuah bangunan, maka pastikan berdiri di sisi kanan, ya! Sementara bagian kiri sebaiknya dibiarkan kosong. Tujuannya untuk memberi jalan orang lain ketika mereka sedang terburu-buru ke tempat tujuan.

Jangan pernah berdiri di tengah atau sisi kiri karena bisa menghambat hingga menyebabkan Pins bisa tertabrak oleh orang yang berlari. 

Handraill Eskalator Tidak Dipakai Bersandar 

Meski terlihat sepele, ternyata bersandar di pegangan eskalator hal yang tidak boleh dilakukan. Pegangan akan membuat tubuh menjadi terseret sehingga Pins bisa berpotensi jatuh ke bawah eskalator.  

Sesuai namanya, handrail hanya berfungsi sebagai pegangan bagi orang-orang yang naik atau turun escalator saja.  


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.