Kamus Istilah Properti

Quantity Surveyor

istilah properti

Quantity Surveyor

Quantity Surveyor (QS) adalah sebuah profesi dalam dunia konstruksi bangunan. Profesi ini memerlukan keahlian dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas menghitung volume pekerjaan sebagai acuan untuk menghitung anggaran sebuah proyek yang dilakukan.

Apa Peran Quantity Surveyor?

(melbourne land surveyor) 

Seorang QS di sektor konstruksi mempunyai peranan penting dalam berjalannya sebuah proyek. Hal ini karena pekerjaan seorang QS adalah untuk melakukan supervisi terhadap proyek yang sedang dilakukan oleh perusahaan konstruksi. 

Sebagai elemen penting dari sebuah tim, QS mempunyai peran yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Berikut ini peran seorang QS dalam mengerjakan sebuah proyek.

Berperan sebagai advisor

Di dalam sebuah tim, QS mempunyai peran paling krusial yaitu sebagai penasihat sebuah project. Nantinya input yang diberikan oleh QS akan digunakan untuk menentukan budget sebuah proyek. Selain itu QS juga bisa menjadi penasihat dalam hal memilih produk atau material yang akan dipilih. Harapannya agar material yang dipilih mempunyai kualitas terbaik.

Supervisor di area legal

Pada dasarnya peran QS tidak menggantikan fungsi tim legal pada sebuah perusahaan. Namun, QS bisa berkolaborasi dengan tim legal untuk memastikan kontrak proyek sudah sesuai ekspektasi kedua belah pihak. Tidak dapat dipungkiri, QS mempunyai pengalaman yang malang melintang di sektor konstruksi. Berbekal pengalaman tersebut, mereka tentu mempunyai kemampuan untuk memahami profil sebuah proyek di dalam kontrak.

Project Manager

Seorang QS pun bisa saja merangkap peran sebagai project manager. Hal ini berkaitan dengan kapasitas QS yang memang sudah terbiasa terlibat dalam menjadi supervisor sebuah proyek. Selain itu, karena berbekal pengalaman dalam penyediaan material maka seorang QS bisa mengkoordinir proyek konstruksi.

Apa Tugas Quantity Surveyor?

(Mojok)

Setelah Anda memahami apa peran penting seorang QS dalam sebuah tim, selanjutnya Anda bisa memahami tugas QS. Pada prinsipnya tugas QS ini mencakup hal yang berkaitan dengan perencanaan dan eksekusi. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai tugas dari Quantity Surveyor.

Menghitung Ukuran dan Kebutuhan Material

Menghitung ukuran meliputi luas, lebar, panjang, tinggi dan elemen-elemen lain. Hal ini untuk memastikan penghitungan budget bisa efisien. Setelah menghitung ukuran-ukuran bangunan berdasarkan kenyataan di lapangan, selanjutnya adalah menghitung kebutuhan material. Seorang QS diperlukan untuk menghitung kebutuhan material bangunan sesuai dengan pengukuran konstruksi di awal tadi.

Menjalin Relasi dengan Logistik

Seorang QS tentu mempunyai pengalaman yang kuat di bidang konstruksi bangunan. Berbekal pengalaman tersebut, diharapkan QS bisa menjalin relasi dengan pihak logistik. Hal yang paling penting adalah bisa memanfaatkan koneksi yang dimiliki untuk mendapatkan material terbaik dengan harga miring. Artinya sebuah proyek bisa mendapatkan material berkualitas baik dengan harga yang sudah dinegosiasi sebelumnya.

Memeriksa penggunaan material

Sebagai QS, tugas yang tidak kalah penting adalah menjadi Quality Assurance atau dengan kata lain adalah penjamin kualitas. Kualitas apa yang dimaksud? Nah, kualitas yang dimaksud adalah penggunaan material. Misalnya batu bata, semen, besi dan lain-lain. Kualitas barang-barang tersebut harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Mengecek gambar kerja

Gambar kerja menjadi elemen penting dalam sebuah proyek konstruksi. Hal ini berkaitan dengan panduan atau guideline yang diperlukan tim kontraktor membangun sebuah konstruksi. QS harus memastikan bahwa gambar kerja yang dipakai sebagai panduan sesuai dengan brief yang diberikan. Apabila terdapat perubahan pada gambar kerja, seorang QS wajib mengetahui dan menjelaskan pada tim.

Kebutuhan Utama untuk Menjadi Quantity Surveyor

(Pinhome)

Di dalam setiap profesi tentu ada banyak kriteria yang dibutuhkan. Baik itu menjadi seorang pengajar, tenaga kesehatan maupun pedagang. Hal ini juga berlaku dalam konteks profesi sebagai QS. 

Ada banyak persyaratan atau kebutuhan utama apabila seseorang ingin bekerja sebagai seorang Quantity Surveyor. Berikut ini adalah kebutuhan utama yang diperlukan dalam profesi tersebut,

Ketelitian

Seorang QS dituntut untuk mempunyai ketelitian yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan aktivitas menghitung ukuran konstruksi, mengamati gambar kerja, serta menghitung anggaran untuk proyek. Maka dari itu ketelitian tinggi menjadi hal paling prioritas yang diperlukan seorang tenaga QS. 

Kecakapan Mengoperasikan Tool

Kecakapan mengoperasikan tool ini mencakup microsoft excel, autocad, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk mempermudah alur pekerjaan dan juga aktivitas proyek. Hal ini berkaitan dengan hampir semua aktivitas saat ini menggunakan aplikasi pendukung, sehingga kemampuan mengoperasikan alat-alat di atas menjadi penting.

Mempunyai skill leadership

Leadership skill atau kepemimpinan merupakan keahlian yang mempunyai fungsi penting dalam masyarakat. Pada dasarnya leadership adalah sebuah kemampuan yang bisa dipelajari oleh siapapun. Skill ini bersifat universal artinya bisa dipelajari oleh siapa saja dan diaplikasikan di sektor apa saja. 

Project Management

Keahlian ini pada dasarnya diperlukan untuk mengatur atau memantau sebuah proyek yang sedang dilakukan. Harapannya hasil atau output dari sebuah proyek dapat bertemu dengan ekspektasi di awal. Project management ini meliputi aktivitas untuk memantau timeline, deadline, dan progres pekerjaan yang dilakukan oleh tim. 

Bisa bekerja di bawah tekanan

Proyek konstruksi biasanya akan membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Seorang QS harus mampu untuk bekerja di bawah tekanan. Hal ini untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan bisa tetap konsisten walaupun terdapat deadline yang berubah atau hal-hal lain di luar rencana.