Kamus Istilah Properti

Wiring Diagram

istilah properti

Wiring Diagram

Wiring Diagram adalah gambar pengkabelan dalam instalasi listrik, yang menggambarkan posisi kabel dan simbol kelistrikan.

Apa Itu Wiring Diagram?

(Unsplash) 

Wiring diagram adalah gambar pengkabelan dalam instalasi listrik, yang menggambarkan posisi kabel dan simbol kelistrikan. Gambar ini merupakan representasi visual dari komponen dan kabel yang terkait dengan sambungan listrik. 

Diagram ini menunjukkan tautan fisik yang jauh lebih mudah dipahami dari rangkaian atau sistem listrik. Satu diagram pengkabelan dapat menandakan semua interkoneksi, dengan demikian menandakan lokasi relatif.

Penggunaan wiring diagram dapat dikenali secara positif dalam proyek-proyek manufaktur atau pemecahan masalah listrik. Hal ini dapat mencegah banyak kerusakan yang bahkan menggagalkan rencana listrik.

Fungsi Wiring Diagram 

(Smart Draw)

Diagram pengkabelan ini sangat penting untuk digunakan dalam pembuatan sirkuit atau proyek perangkat elektronik lainnya. Tata letak yang benar akan memudahkan teknisi listrik yang merancang sirkuit listrik dan mengimplementasikannya. 

Gambar-gambar ini juga membantu dalam melakukan perbaikan di kemudian harus. Melalui wiring diagram maka akan diketahui apakah instalasi telah dirancang dan diterapkan dengan tepat, serta mengkonfirmasi keselamatannya.

Selain itu, dan manfaat menggambar wiring diagram sebelum melakukan instalasi listrik, juga akan memudahkan kontraktor ketika merealisasikan rancangan pembangunan.

Jenis-jenis Wiring Diagram

(Mister Sparky)

Dalam melakukan pembuatan wiring diagram, Pins bisa memilih jenis sebagai berikut:

Diagram Skema

Jenis diagram satu ini menunjukkan aliran sirkuit yang memuat informasi umum dan tidak dapat digunakan untuk memperbaiki atau memeriksa sirkuit. 

Fungsi peralatan yang berbeda yang digunakan dalam rangkaian disajikan dengan bantuan diagram skematik yang simbolnya umumnya mencakup garis vertikal dan horizontal. Namun, garis-garis ini diketahui menunjukkan aliran sistem daripada kabelnya.

Diagrams 

Jenis diagrams menunjukan tata letak asli dan fisik interkoneksi listrik. Pengkabelan pada gambar dengan simbol yang berbeda menunjukkan lokasi peralatan yang tepat di seluruh rangkaian. 

Jenis satu ini bisa dijadikan sebagai panduan tentang sistem kelistrikan rumahmu. Komponen-komponennya ditunjukkan dengan gambar sehingga lebih mudah dikenali.

Pictorial

Wiring diagram pictorial disajikan dalam bentuk foto yang dilampirkan dengan gambar atau label komponen fisik yang sangat detail. Jenis ini sulit dimengerti dan hanya bisa dipahami oleh mereka memiliki pengetahuan yang kuat tentang pengkabelan listrik.

Mengenal Simbol Pengkabelan Melalui Wiring Diagram

Dengan wiring diagram, Pins bisa memahami jalur kabel di rumah dan melakukan perbaikan ketika membutuhkannya. 

Namun, untuk bisa membacanya, Pins harus tahu dulu berbagai simbol yang digunakan, seperti simbol utama, garis, dan berbagai koneksi. 

Biar Pins memiliki sedikit pengetahuan soal simbol-simbol dalam wiring diagram, simak gambar berikut.

Berikut ini arti dari simbol di atas:

  • Switch adalah jalur untuk sakelar dalam wiring diagram. Sakelas ini mencakup sub-simbol seperti switch push-to-break, switch push-to-make, sakelar 2 arah, sakelar DPST, sakelar DPDT, dan sebagainya. 
  • Battery yang mewakili lebih dari satu sel untuk menunjukkan energi listrik. Selain itu, ia bekerja pada tegangan konstan.
  • Resistor yang menunjukkan pembatasan aliran arus. Ini digunakan bersama dengan kapasitor dalam rangkaian waktu.
  • Wire and Connection merupakan simbol Kawat dan Sambungan meliputi kawat, kawat yang disambung, dan yang tidak disambung. Kawat yang disambung umumnya membentuk sambungan dua-T, sedangkan kabel yang tidak disambung hanyalah kabel persilangan yang tidak tersambung.
  • Capacitor adalah unit penyimpanan muatan listrik. Simbol digunakan dengan resistor dan juga dapat ditampilkan sebagai filter untuk melewatkan sinyal AC dan untuk memblokir sinyal DC.
  • Logic Gate adalah sejenis sinyal proses yang digunakan untuk mewakili Benar (Tinggi, 1, aktif, +Vs) atau Salah (rendah, 0, mati, OV). Ini juga berisi sub-simbol seperti AND, NOT, NAND, NOR, dan OR.
  • Semiconduktor yang umum digunakan untuk menunjukkan komponen seperti MOSFET, Penyearah Terkendali, Sakelar Terkendali, Dioda, Diac, Triac, dll.
  • Motor yang mewakili transduser yang dengannya energi listrik diubah menjadi energi kinetik.
  • Speaker adalah input digital yang diubah menjadi gelombang suara analog. Ini adalah salah satu bagian penting dari berbagai produk seperti telepon dan TV.
  • Inductor adalah komponen dari rangkaian listrik yang memiliki induktansi yang mencakup simbol yang berbeda seperti induktor pemancar posisi, induktor setengah, induktor timbal balik dan sebagainya.

Tips Aman Menjaga Kelistrikan di Rumah

(Unsplash)

Setelah mengetahui apa itu wiring diagram dan fungsinya dalam kelistrikan, Pins juga sebaiknya menjaga keamanan listrik di rumah.

Agar pemakaian listrik aman sehingga terhindar dari kecelakaan dan konsleting, berikut ini aturannya: 

  • Pastikan untuk menggunakan satu outlet untuk satu alat listrik saja.
  • Jangan menggunakan alat penghasil panas seperti setrika pada multi outlet. Ingat, penggunaan daya yang besar dapat mengakibatkan korsleting.
  • Hindari menyalakan barang elektronik seperti setrikaan dan meninggalkannya dalam ruangan. Jika terlupakan, ini bisa menyebabkan kebakaran.  
  • Ketika mencabut colokan, pegang bagian ujungnya dan bukan kabelnya. Hal ini dapat mencegah kabel listrik menjadi cepat rusak. 
  • Periksa perkabelan dengan benar dan teliti secara berkala untuk mendeteksi jika ada bagian yang rusak atau berpotensi membahayakan penghuni rumah. 
  • Jangan meletakkan kabel listrik pada bagian bawah perabotan karena mempercepat kerusakan kabel. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai wiring diagram. Pastikan pemasangan kabel sesuai dengan kondisi ruangan, ya, Pins agar memastikan keamanan rumah.  


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko