Kamus Istilah Properti

Kapasitas Parkir

istilah properti

Kapasitas Parkir

Kapasitas parkir adalah luas dan cakupan parkir kendaraan yang tersedia dalam suatu bangunan.

Apa itu Kapasitas Parkir?

kapasitas parkir
(John Matychuk dari Unsplash)

Kapasitas parkir adalah luas dan cakupan parkir kendaraan yang tersedia dalam suatu bangunan. Pada beberapa properti residensial seperti apartemen dan rumah susun kapasitas parkir menjadi salah satu hal yang selalu menjadi perdebatan.

Lahan parkir selalu menjadi dilema bagi pengembang. Hal ini karena kebutuhan parkir penghuni apartemen yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini juga berpengaruh secara langsung terhadap harga jual apartemen yang bisa melambung tinggi. Oleh karena itu, sebelum Pins memilih apartemen untuk dihuni, pastikan bahwa apartemen menyediakan lahan dengan kapasitas yang banyak dan fasilitas yang cukup memadai untuk kendaraan Pins.

Perhitungan Kapasitas Parkir

(Aaron Lutas dari Unsplash)

Setiap apartemen dan rumah susun memiliki peraturan parkirnya masing-masing. Pada umumnya apartemen atau rumah susun memiliki rasio paling tidak 1:1, yakni setiap satu unit apartemen memiliki satu tempat parkir untuk kendaraannya. Selain itu, parkir capacity juga bisa dihitung berdasarkan luas lantai. Misalnya, luas lantai adalah 500 m2, dan 1 mobil seperti sedan atau minibus membutuhkan lebar 2,25 meter dan panjang 6 meter dalam keadaan parkir tegak lurus, maka satu mobil membutuhkan luas 25 meter persegi. Sehingga, jika per satu lantai bangunan memiliki luas lantai parkir 500m2, diketahui kapasitasnya sebanyak 15-20 mobil per lantai parkir.

Alasan Penting Mengetahui Kapasitas Parkir

kapasitas parkir
(Ruffa Jane Reyes dari Unsplash)

Banyak sekali penghuni unit apartemen dan rumah susun yang mengeluhkan kapasitas yang sangat sedikit. Hal ini tidak hanya terjadi pada pemilik unit apartemen atau rumah susun, bahkan pemilik atau penyewa gedung perkantoran pun sering mengalami hal yang sama. 

Salah satu alasan penting mengetahui kapasitas parkir dalam pada sebuah properti adalah untuk memperhitungkan muatan kendaraan yang bisa ditampung dalam lahan parkir properti tersebut. Jika kapasitas tidak memadai, tentu Pins perlu mencari lahan parkir lain untuk kendaraan Pins atau kendaraan karyawan. Hal ini tentu menambah pengeluaran karena Pins harus menyewa lahan parkir lain.

Selain itu, akibat kapasitas yang sedikit dapat membuat Pins berebut lahan park dengan penghuni unit apartemen lainnya. Hal ini dapat memicu keributan antar penghuni apartemen. Selain itu pada waktu orang mulai beraktivitas, kapasitas yang sempit dapat menimbulkan antrean kendaraan yang panjang. Sehingga lagi-lagi sangat penting untuk Pins memilih apartemen, rumah susun, atau properti lainnya dengan kapasitas yang memadai.

3 Hal Penting Sebelum Membeli / Menyewa Properti

(Pixabay)

Bagi Pins yang tetap ingin memilih hunian vertikal seperti apartemen dan rumah susun, atau bahkan menyewa gedung untuk perkantoran, perlu menaati aturan parkir yang berlaku pada properti tersebut. Jadilah calon pembeli atau penyewa yang cermat sebelum Pins membeli atau menyewa sebuah properti. Beberapa hal yang perlu Pins pertimbangkan mengenai parkir properti antara lain :

1. Kapasitas Parkir dengan Perkiraan Jumlah Kendaraan

Saat memilih properti, tentu Pins menginginkan lahan parkir luas dengan kapasitas parkir yang banyak. Namun, Pins perlu mempertimbangkan, apakah kapasitas yang tersedia dengan jumlah kendaraan telah sesuai atau belum. Terutama jika Pins ingin menyewa gedung untuk perkantoran. Pins perlu memperkirakan jumlah kendaraan karyawan dengan capacity parkir gedung. Jangan sampai kapasitasnya terlalu besar sedangkan jumlah kendaraan tidak terlalu banyak. Hal ini tentu akan membuat Pins membayarkan sewa gedung yang cukup mahal.

2. Tarif Parkir

Selain kapasitas parkir dan perkiraan jumlah kendaraan, hal yang perlu Pins pertimbangkan selanjutnya adalah tarif parkir. Bagi Pins yang ingin menyewa sebuah properti untuk perkantoran, Pins perlu memikirkan tarif parkir gedung. Jika tarif sangat mahal, tentu hal ini akan membuat Pins sebagai pengelola perusahaan mengeluarkan dana lebih besar atau bahkan membebankan karyawan akibat tarif parkir yang mahal.

3. Biaya Lain

Sebelum membeli atau menyewa sebuah properti, penting bagi Pins untuk menanyakan biaya apalagi yang perlu dikeluarkan. Biasanya pada parkiran gedung terdapat tempat penyimpanan helm atau barang lainnya yang kemungkinan akan menambah biaya. Jadi pastikan bahwa biaya yang akan dikeluarkan telah mencakup semuanya. Jangan sampai Pins harus mengeluarkan biaya tambahan yang Pins tidak ketahui di kemudian hari.

Itulah informasi mengenai apa itu kapasitas parkir, cara perhitungan, alasan penting mengetahuinya, dan tips membeli atau menyewa properti. Pastikan Pins menjadi pembeli / penyewa yang jeli sebelum membeli atau menyewa sebuah properti ya!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti