Kamus Istilah Properti

Step Nosing

istilah properti

Step Nosing

Step nosing adalah bagian pinggir dari pijakan tangga berupa lapisan bergerigi atau bertekstur kasar yang berguna sebagai pengaman.

Apa Itu Step Nosing?

step nosing
(Tarkett)

Step nosing disebut juga stair nosing, berasal dari kata ‘nose’ (hidung). Istilah ini merujuk pada bagian ujung tangga yang berbentuk horizontal dan menonjol seperti hidung. Alasan utama penggunaan stepnosing adalah untuk fungsi keamanan tangga.

Arti step nosing adalah bagian pinggir dari pijakan tangga berupa lapisan bergerigi atau bertekstur kasar yang berguna sebagai pengaman. Teksturnya yang bergerigi atau kasar membuatnya tidak licin sehingga dapat mengurangi kemungkinan pinggiran anak tangga itu melukai penggunanya.  

Pins akan menemukan tangga yang dilapisi nosing pada berbagai macam bangunan, baik itu tempat tinggal, bangunan komersial, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, bangunan publik, dan sebagainya. 

Fungsi Step Nosing

fungsi step nosing
(Gowling Stairs)

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi stair nosing, Pins bisa melihat penjelasannya berikut ini:

Fitur Keamanan

Tujuan utama dari step nosing adalah untuk meningkatkan keamanan tangga. Karena sedikit menonjol di tepi tapak, ini memberikan ruang ekstra bagi pengguna untuk meletakkan kaki mereka. 

Kebanyakan nosing tangga memiliki tonjolan atau properti anti-selip pada bagian tapak profil. Ini memberi Pins permukaan yang kuat dan kokoh untuk diinjak alih-alih lapisan karpet, vinil, atau ubin yang licin. Hal ini tidak hanya membuat berjalan naik dan turun tangga lebih nyaman, tetapi juga dapat membantu mengurangi terjadinya kecelakaan akibat terpeleset dan jatuh.

Melindungi Tangga

Ternyata, pemasangan stair nosing akan membuatnya lebih awet. Penyebabnya karena stair nosing dapat membantu melindungi bagian tapak tangga dari kerusakan dan keausan. Karena stair nosing adalah tempat orang menginjak tangga, maka bagian inilah yang cenderung aus terlebih dahulu. 

Alhasil, bagian tangga secara keseluruhan cenderung lebih tahan lama dan perawatannya pun menjadi lebih mudah.

Peningkatan Visibilitas

Salah melangkah atau salah menilai lebar tangga, akan membuat orang akan jatuh dari tangga. Kalau di tangga bangunan terdapat stair nosing, dapat meningkatkan visibilitas setiap tapak, dengan jelas menentukan di mana ujungnya dan memberi pengguna kepercayaan diri untuk berjalan naik dan turun. 

Step nosing akan sangat berguna bagi penghuni rumah yang memiliki penglihatan buruk atau dalam pencahayaan yang buruk.

Bisa Jadi Penambah Estetika Tangga

Pins bisa memilih stair nosing dengan banyak pilihan warna, finishing, ukuran dan bentuk. Tidak masalah jika Pins mencoba mencocokkan lantai. Dari sisi tekstur, berglasur, dan polanya pun dapat ditemukan dalam variasi yang berbeda.

Jadi, nosing pada tangga bisa menjadi aksesori yang tepat untuk menambah keindahan tangga. 

Material untuk Step Nosing

material step nosing
(Supplier Vinyl Lantai)

Step nosing bisa dibuat dari berbagai macam material. Pins bisa memilih yang paling tepat sesuai dengan budget dan juga gaya rumahmu secara keseluruhan. Berikut ini beberapa material yang bisa dipilih:

Step Nosing Keramik

Penggunaan keramik sebagai stair nosing banyak dipilih jika material penutup pijakan tangga juga terbuat dari keramik. Biasanya, step nosing keramik permukaannya digerinda membentuk tekstur atau guratan kasar. 

Kelebihan keramik terbuat dari bahan alami sehingga tidak beracun dan tidak menyebabkan alergi. Selain itu, keramik juga lebih tahan air dan tidak lembab.

Step Nosing Granit

Selain keramik, stair nosing juga bisa dibuat dari marmer atau granit. Sama seperti keramik, jika granit digunakan sebagai material utama penutup pijakan, maka permukaannya digerinda membentuk tekstur atau guratan kasar.

Kelebihan granit yaitu desain dan warna yang lebih variatif serta lebih kuat. Kemudian, soal perawatannya pun granit cenderung lebih mudah dibersihkan.

Step Nosing dari Parket

Stair nosing yang terbuat dari parket, baik kayu solid maupun laminated, memiliki warna cantik dan alami. Bahan parket sebagai stair nosing tidak dapat dibuat kasar. Sebagai gantinya, pada bagian ujungnya dibuat tumpul sehingga tetap aman. 

Parket sebagai stair nosing sangat cocok bagi Pins yang menyukai suasana alam sehingga memberikan keindahan pada tangga. 

Step Nosing Karet 

Material ini paling sering ditemukan sebagai step nosing, terutama pada bangunan yang memungkinkan banyak orang datang. Stair nosing karet dapat melindungi sudut tangga dengan baik sehingga tangga menjadi tidak licin. 

Step Nosing Aluminium 

Selain itu juga tersedia stair nosing yang terbuat dari aluminium. Bahan ini dapat lebih mudah disesuaikan dengan jenis dan warna pijakan anak tangga, apapun jenisnya, termasuk keramik, granit, marmer, bahkan parket.

Cara Memasang Step Nosing

cara memasang step nosing
(The Spruce)

Memasang anti slip tangga ini bisa dilakukan sendiri karena cenderung mudah. Pemasangannya berbeda tergantung dari materialnya, berikut ini cara memasang step nosing tangga yang bisa Pins lakukan:

  • Jika step nosingmu terbuat dari keramik, maka bisa dipasang terakhir pada ujung siku anak tangga setelah seluruh anak tangga tertutup keramik dengan menggunakan perekat keramik.
  • Sedangkan jika step nosingmu terbuat dari karet, vinil, atau aluminium, maka caranya bisa ditempelkan setelah seluruh bahan penutup anak tangga terpasang. 
  • Potong material sesuai ukuran tapak. Usahakan pemotongan sesuai karena kalau material kurang maka mengganggu proses pemasangan.
  • Bersihkan ujung tangga area yang akan dipasang nosing. 
  • Oleskan lem pada bagian bawah stair nosing secara merata, kemudian oleskan juga pada ujung tangga yang sudah dibersihkan.
  • Tempelkan stair nosing secara merata, berikan sedikit tekanan agar lebih rekan. 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.