Kamus Istilah Properti

Pantry

istilah properti

Pantry

Pantry adalah ruang khusus yang berfungsi sebagai tempat menyimpan perlengkapan masak, bahan-bahan makanan, hingga tempat menyiapkan bahan-bahan sebelum diolah.

Apa Itu Pantry?

(houzz.com) 

Kehadiran ruang penyimpanan ini sudah umum ditemukan di rumah-rumah Indonesia, terutama yang berukuran besar. 

Lalu, bagaimana menjelaskan definisi ruangan tersebut? 

Istilah pantry berasal dari kata Perancis yaitu panettiere yang berarti tempat menyimpan alat-alat dan perlengkapan memasak serta bahan-bahan makanan sebelum diolah.

Ukuran ruangan ini dibuat tidak terlalu besar. Biasanya, hanya mengambil ruang seadanya di antara dapur atau ruang makan dengan sebuah pintu. Ruangan penyimpanan ini bahkan cukup dengan lemari kecil di sudut dapur. Yang terpenting, dilengkapi oleh pintu agar kualitas benda yang disimpan didalamnya menjadi lebih terjaga. 

Jadi, dapat disimpulkan ruangan tersebut adalah ruang khusus yang berfungsi sebagai tempat menyimpan perlengkapan masak, bahan-bahan makanan, hingga tempat menyiapkan bahan-bahan sebelum diolah.

Fungsi Ruang Penyimpanan di Dalam Rumah

(glitterguide.com)

Berbeda dengan dapur, fungsi utama ruang penyimpanan adalah sebagai tempat menyimpan perlengkapan masakan dan alat-alat lainnya sebelum diolah. Namun, di rumah-rumah berukuran sedang dan kecil, fungsi ruang penyimpanan biasanya sudah diakomodasi oleh dapur.

Dalam perkembangannya, ruang penyimpanan juga seringkali dimanfaatkan sebagai area menyajikan makanan dan minuman. Terutama pada budaya Barat, yang biasa menyimpan dan menyajikan anggur (wine) untuk tamu mereka. 

Untuk memenuhi fungsi ini, ruang penyimpanan akan dilengkapi dengan meja bar atau meja saji mini. 

Selain itu dilengkapi pula dengan alat-alat elektronik untuk mengolah makanan, seperti microwave. 

Perbedaan Pantry dan Dapur 

(Zestakitchen.com.au)

Dapur dan ruang penyimpanan adalah dua hal yang berbeda, terutama dari segi fungsinya. Dapur sendiri adalah tempat di mana seseorang dapat melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan alias memasak.

Sementara ruang penyimpanan menjadi tempat penyimpanan bahan masakan itu sendiri, termasuk barang lain seperti alat makan dan alat masaknya.  

Artinya, pantry adalah ruangan pendukung bagi bahan-bahan makanan yang akan dimasak di dapur. 

Tips Menata Pantry Agar Lebih Rapi

(mansionglobal.com)

Kehadiran sebuah ruang penyimpanan di dalam rumah tentu akan menambah kerapian rumah tersebut. Apalagi, pantry menjadi tempat penyimpanan berbagai benda, baik koleksi peralatan masak hingga bahan memasak.

Untuk itu, Pins membutuhkan penataan pantry dan cara-cara menyimpan seluruh benda ini dengan tepat. Yuk, simak tips menata ruang penyimpanan berikut ini:

Selaraskan Warna Cat 

Lantaran ruang penyimpanan bukanlah ruangan yang besar, maka pastikan Pins cermat dalam memilih warna cat. Sebab, jika salah warna bentuk pantry yang kecil akan terlihat semakin sesak dan pengap.

Sebaiknya, pilihlah cat yang berwarna netral, misalnya putih dan abu. Dua warna ini memiliki sifat reflektif yang mana akan semakin terang jika disinari cahaya penerangan.

Jangan lupa, selaraskan juga warna keranjang, rak, toples dan storage. Usahakan untuk tetap memilih warna-warna yang berdekatan supaya pantry terlihat rapi dan bersih setiap saat.

Gunakan Rak Terbuka  

Selanjutnya Anda bisa memilih jenis rak terbuka untuk ruang penyimpanan. Tujuannya agar tak kesulitan melihat barang dan bahan yang dibutuhkan. Anda juga bisa mengisi kembali jika ada bahan yang terlihat mulai habis. 

Rak terbuka juga jauh lebih nyaman. Selain itu, pilihan ini tentunya juga akan lebih hemat dibandingkan lemari yang tertutup.

Pakai Toples Transparan 

Demi menjaga keteraturan ruang penyimpanan, dibanding menyimpan bahan makanan, seperti sereal, tepung terigu, gula, hingga bahan makanan lainnya dengan kemasan aslinya, lebih baik pindahkan dalam sebuah toples atau kontainer baru yang seragam. 

Sebaiknya, gunakan toples atau kontainer transparan karena mudah dicari saat dibutuhkan.  Toples transparan mudah didapat dan sangat berguna.  

Buat Kategori dan Beri Label 

Tips menata ruang penyimpanan selanjutnya yaitu dengan membagi setiap benda ke dalam kategori yang berbeda. Mulai dari camilan hingga bumbu. 

Kemudian, berikan label pada masing-masing toples. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mencari bahan masakan yang dibutuhkan. Tak hanya akan menghemat waktu, pemberian label pada setiap barang juga akan membuat proses memasak lebih nyaman dan cepat.

Jangan lupa untuk membuat catatan tanggal kadaluarsa setiap bahan, tempelkan saja pada penutup toples dan selalu update setiap kali kalian mengisinya.

Manfaatkan Bagian Pintu 

Agar bisa memuat banyak barang, Pins bisa memanfaatkan bagian pintu. Pasanglah berbagai hook, gantungan, atau rak untuk menyimpan berbagai tambahan benda. 

Sisi pintu ruang penyimpanan akan ideal untuk dijadikan tempat gantungan alat-alat memasak asalkan total berat benda yang digantung tidak sampai menghalangi akses pantry.

Hindari menyimpan barang berukuran berat karena sifat pintu pantry yang sering dibuka tutup untuk akses. 

Selalu Menjaga Kebersihan Pantry

Terakhir, pastikan Pins selalu menjaga kebersihan area ruang penyimpanan terutama bagian lantai. Sebaiknya, lantai pantry bebas dari berbagai benda agar tidak berantakan. Lantai pantry di bawah rak-rak dibiarkan tanpa barang, atau setidaknya menjadi tempat storage multifungsi. 

Jangan lupa untuk sisihkan waktu untuk membersihkan, menata dan merapikan pantry setidaknya sekali dalam seminggu. Pins juga bisa sekalian melakukan pengecekan bahan makanan, cek stok, tanggal kadaluarsanya. Cuci barang yang jarang digunakan agar terhindar dari debu.


Kontributor: Linda

Editor: Iko