Kamus Istilah Properti

Kanto (Kantor Toko)

istilah properti

Kanto (Kantor Toko)

Kanto (Kantor Toko) adalah bangunan tinggi lebih dari satu lantai yang memiliki fungsi sebagai kantor dan toko.

Apa Itu Kanto (Kantor Toko)?

(Bisnis.com)

Ada berbagai jenis properti yang diperuntukan sebagai bangunan komersial. Bangunan-bangunan ini memiliki fungsi sebagai tempat yang sengaja dibangun untuk kebutuhan aktivitas perniagaan di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu dari sekian banyak bangunan komersial yang ada di Indonesia adalah kanto yang merupakan singkatan dari kantor dan toko.  

Kanto (kantor toko) adalah sebuah bangunan yang dibuat meninggi lebih dari satu lantai yang memiliki dua fungsi berbeda, yaitu satu lantai berfungsi sebagai kantor dan satu lagi sebagai toko.

Biasanya, kanto digunakan oleh toko online, swalayan, toko fashion seperti baju, sepatu, tas, dan sejenisnya.

Pemilik akan menjadikan lantai satu kanto sebagai toko fisik yang bisa didatangi oleh pembeli. Sementara di lantai dua akan difungsikan sebagai ruang kantor. 

Perbedaan Kanto dan Ruko 

(Berita Satu)

Dari pengertiannya, sudah jelas bahwa kanto berbeda dengan ruko alias rumah dan toko. Meskipun sama-sama terdiri lebih dari satu lantai, fungsi keduanya berbeda karena ruko di lantai atas sebagai tempat tinggal.

Perbedaan antara ruko dan kanto yang terakhir yaitu kanto tidak bisa dijadikan sebagai rumah tinggal karena seluruh bangunan berfungsi untuk bisnis. 

Namun, secara nilai baik ruko dan kanto jauh lebih ekonomis, ketimbang terus memperpanjang kontrak sewa dengan pusat perbelanjaan seperti mall. 

Kemudian, dibandingkan dengan tempat usaha lain, nilai komersil keduanya juga terbilang tinggi. Semakin strategis letak ruko maka harganya lebih tinggi.  

Untuk itulah, developer sudah pasti memilih lokasi strategis saat akan membangun ruko. Hal ini karena tujuan utama bangunan, sehingga membutuhkan akses yang mudah dicari.

Tips Menata Kantor Biar Nyaman dan Produktif

(Delious Post)

Membayangkan mengelola dua fungsi bisnis, yaitu area toko sebagai tempat memajang barang dagangan sekaligus kantor untuk fungsi administrasi, tentu bukanlah hal yang mudah. 

Perlu taktik untuk menciptakan suasana bekerja menjadi lebih nyaman serta membangun hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja memang penting.  

Namun, tak perlu khawatir, Pins bisa ikuti tips menata kantor dan toko sebagai berikut: 

Ciptakan Fasad Area Toko dengan Menarik 

Bagian depan kanto sangat penting untuk menarik pengunjung datang. Untuk itulah, Pins harus mendesain bagian depan atau fasad dengan menarik.  

Desain eksterior toko juga harusnya menggambarkan desain interior tokomu, sehingga calon pembeli bisa melihat keunikan toko yang kamu miliki. Untuk menarik perhatian, pajanglah produk di etalase bagian depan desain toko. 

Perhatikan Tata Letak Barang

Selanjutnya masuk ke area dalam, tentukan tema yang akan digunakan untuk keseluruhan area kanto. Ada baiknya, tema disesuaikan dengan jenis produk yang dijual.  

Misalnya, Pins bisa gunakan tema desain retro jika menjual baju-baju kemeja dan flanel. Bisa juga menggunakan tema monokrom jika menjual setelan jas. 

Pilih Furnitur yang Tepat 

Baik di area toko maupun kantor, pemilihan furnitur sangatlah penting. Interior di area bawah yang berfungsi sebagai toko ini sebaiknya dibuat untuk memudahkan akses calon pembeli saat menjelajah ke seluruh area toko. 

Dari bagian pintu masuk, calon pembeli sudah diarahkan untuk melihat-lihat ke rak display produk yang terdekat dari pintu masuk kemudian diarahkan menuju ke rak display produk selanjutnya.

Tempatkan furnitur rak display secara strategis. Pins bisa menata rak display ini berhadap-hadapan dengan memberikan jarak diantara kedua rak.   

Gunakan Desk Organizer di Area Kantor 

Naik ke area atas yaitu bagian kantornya, Pins, tentu  tak ingin melihat meja kerja yang berantakan. Selain bisa mempengaruhi mood, ini pun membuat bekerja pun menjadi kurang produktif apalagi harus bertemu pelanggan di toko. 

Maka, pada area kantor, Pins bisa memanfaatkan desk organizer yang membuat meja kantor menjadi lebih rapi dan terorganisir.

Kamu bisa membeli perlengkapan kantor ini untuk menata semua perlengkapan yang kamu butuhkan saat kerja mulai dari alat tulis, gelas kopi atau teh, handphone, hingga kertas coretan.

Jika ingin menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri, tak ada salahnya membuat desk organizer secara DIY. 

Maksimalkan Pencahayaan

Pencahayaan di kedua fungsi kanto sangatlah penting. Elemen penting ini harus kamu perhatikan dalam mengonsep desain toko kecil milikmu. Sebab, pencahayaan sangat mempengaruhi tampilan produk yang kamu jual. 

Pencahayaan lampu yang baik harus bisa memperlihatkan warna asli produk yang dijual, atau bahkan bisa membuat produk tersebut tampil lebih menarik dari aslinya.

Kemudian, di kantor pun pencahayaan tidak kalah penting. Apalagi jika mengingat cahaya yang masuk dalam ruangan kerja biasanya tidak terlalu banyak, penerangan dari dalam ruangan pun terkadang belum cukup. 

Untuk itu, Pins bisa menambahkan sedikit cahaya lebih di atas meja. Cobalah pasang lampu kecil atau desk lamp di samping meja kerja kamu, dengan begitu suasana kerja akan terasa lebih hangat dan nyaman. 

Meja dengan pencahayaan yang cukup juga bisa membuat lebih produktif, kreatif, dan tidak mudah mengantuk.

Itulah informasi seputar kanto. Semoga bermanfaat, ya, Pins! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko