Kamus Istilah Properti

Water Curtain

istilah properti

Water Curtain

Water curtain merupakan pembatas sebuah area atau ruangan yang dibentuk dari aliran air. Aliran air yang deras akan membentuk tetesan yang jatuh ke bawah sehingga menyerupai sebuah gorden raksasa. 

Apa itu Water Curtain

(WaterCraft Global)

Secara definisi Water Curtain bisa didefinisikan sebagai gorden atau tirai dengan memanfaatkan tenaga air. Air mempunyai banyak kelebihan, selain sebagai sumber kehidupan manusia, air yang dibentuk dengan bantuan teknologi bisa menjadi ornamen menarik. 

Penggunaan tirai dengan air seperti ini bisa menjadi hiasan yang elegan di lobby hotel, restoran atau bahkan gedung perkantoran. Selain sebagai penghias sebuah area, water curtain atau tirai air bisa menjadi pembatas satu ruangan dengan ruangan lain. Bisa juga menjadi sebuah sekat untuk area umum dan private. 

Penggunaan Water Curtain

Tirai air mempunyai banyak keunggulan dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini beberapa fungsi dari tirai air yang bisa kamu ketahui, yuk kita cek bersama-sama.

Wahana wisata air

(Air mancur menari)

Contoh penggunaan tirai air yang pertama adalah sebagai wahana wisata air. Beberapa kota besar di dunia mempunyai wisata air. Wisata ini memanfaatkan tenaga listrik untuk menghidupkan mesin yang nantinya akan memproyeksikan air dalam bentuk yang sudah ditentukan. Biasanya penyelenggara wahana akan menambahkan hiasan tambahan berupa lampu untuk memberikan pencahayaan yang cantik. Pemanfaatan air sebagai wahana hiburan bisa menjadi obat penghilang penat yang membuat pikiran dan diri menjadi lebih rileks. Gemercik air pada wahana tirai air bisa membuat kamu lebih segar.

Hiasan pada fasilitas umum

(Kompas)

Air melambangkan kehidupan dan juga ketenangan. Menambahkan unsur air di ruang publik akan memberikan suasana nyaman yang menenangkan bagi siapa saja yang lewat atau melihat tirai air. Di bandara Singapura, terdapat tirai air raksasa yang menyambut semua penumpang yang hilir mudik. Jewel Changi Airport merupakan sebuah hiasan dari water curtain yang apik. Gemercik air yang ditimbulkan oleh air akan menyejukkan hati dan pikiran yang mendengarnya. 

Pembatas ruangan

(Pinterest)

Selain sebagai hiasan dan juga ornamen di tempat umum, tirai air bisa berfungsi sebagai pembatas ruangan. Kamu bisa melihat ide menarik ini, bukan? Sebuah gedung memanfaatkan tirai air sebagai pembatas yang menggantikan semen atau dinding kaca. Air akan memisahkan bagian jalan untuk pejalan kaki dengan akses transportasi mobil atau motor. Hal ini bisa menjadi alternatif yang unik dan cerdas untuk menghias area perkantoran atau mall.

Penyekat Ruangan

(Archi Expo)

Selain itu, water curtain juga bisa diaplikasikan di dalam gedung. Penggunaan tirai air di dalam gedung bisa menjadi pembatas ruangan yang cantik namun unik. Di sini, penggunaan air dikombinasikan dengan kaca. Tirai air ini menjadi pembatas yang memperkuat desain interior minimalis modern sebuah bangunan. Umumnya di bagian lobby dan resepsionis hotel atau sebuah tower bisa memanfaatkan tirai air ini untuk dinding pembatas.

Pemanfaatan Water Curtain pada kolam renang

(Euo Spa Pool News)

Di dunia olahraga, pengelola kolam renang bisa memanfaatkan teknologi tirai air sebagai air mancur untuk kegiatan spa. Tekanan pada air yang dihasilkan bisa menjadi media pijat untuk punggung pengunjung spa. Kamu hanya perlu berdiri di depan air yang terjun dari pancuran tersebut. Sensasi massage yang diberikan dari tirai air bisa meregangkan otot-otot yang kaku. Terapi ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mendapatkan suasana tenang dan juga nyaman.

Hal yang harus diperhatikan untuk membangun water curtain

Apabila kamu merupakan pengelola bangunan kantor atau hotel, maka ada beberapa hal yang harus kamu pahami untuk membangun water curtain. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membangun tirai air,

Tentukan ukuran 

Ukuran yang dimaksud berupa tinggi, lebar dan panjang dari tirai air tersebut. Kamu harus melakukan pengukuran terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah mempunyai atau menentukan area yang akan digunakan untuk membangun tirai air. Dengan begitu, pengukuran akan jauh lebih mudah.

Lokasi 

Lokasi selanjutnya adalah lokasi. Kamu harus menentukan di mana kamu akan membaangun tirai air. Apakah di area luar bangunan atau di dalam bangunan. Hal ini tentu akan mempengaruhi bentuk atau desain tirai air yang akan kamu bangun. Untuk lokasi indoor kamu pun harus memasang pelindung agar air tidak membasahi orang sekitar yang sedang beraktivitas. Sementara untuk lokasi outdoor, biasanya kamu perlu memasang drainase atau aliran air agar tidak membuat genangan air. 

Pencahayaan

Pemberian cahaya pada bagian tirai air akan memberikan keunikan tersendiri. Kamu akan melihat betapa cantiknya tirai air di malam hari dengan balutan cahaya lampu. Agar tampilan water curtain lebih meriah, memberikan sorotan cahaya tentu adalah langkah yang tepat.

Hitung Biaya pembuatan dan perawatan

Untuk membuat tirai air tentu kamu harus menghitung budget pembuatan dan juga perawatan. Di fase awal, akan lebih baik jika kamu sudah mempunyai anggaran biaya untuk membuat water curtain. Setelah itu, pastikan kamu juga sudah mengetahui biaya perawatan dan operasional bulanan yang harus dikeluarkan untuk merawat water curtain tersebut.

Nah Pins, sudah cukup paham ya mengenai apa itu water curtain? Semoga penjelasan di atas bisa menambah perspektif kamu ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.