Kamus Istilah Properti

Open Space

istilah properti

Open Space

Open space bisa diartikan sebagai ruangan terbuka yang tidak dibatasi oleh penghalang. Umumnya istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan ruang kantor terbuka tanpa cubicle atau sekat.

Definisi Open Space

(WeWork)

Secara umum definisi open space adalah ruangan tanpa sekat. Istilah open space sering kali digunakan pada area kantor. Area terbuka tanpa sekat ini memberikan kesan luas dan megah sehingga memudahkan aktivitas bekerja dan komunikasi antar karyawan. Area terbuka seperti di atas memberikan kesan transparansi di antara karyawan. 

Selain itu, dengan kondisi tanpa sekat tersebut akan mengurangi gap antara atasan dan bawahan. Tujuannya supaya tercipta relasi profesional yang bisa saling mendukung. Area terbuka seperti pada gambar sering ditemukan di kantor-kantor perusahaan rintisan atau startup. Desain interior seperti gambar tersebut memungkinkan terjalinnya kolaborasi positif antar individu dan lintas divisi. 

Keunggulan Ruangan Open Space di Kantor

(Gensler On)

Pada prinsipnya setiap tipe ruangan mempunyai keunggulan dan keuntungan masing-masing. Hal ini karena berkaitan dengan kebutuhan setiap individu atau perusahaan. Berikut ini ada beberapa keunggulan dan keuntungan dari area open space. Yuk kita simak bersama!

Mudah dibersihkan

Area terbuka tanpa sekat seperti pada gambar di atas tentu akan memudahkan tenaga kebersihan. Pasalnya para tenaga kebersihan bisa langsung menggunakan vacum cleaner dengan bebas, tanpa harus masuk dari satu ruangan ke ruangan lain. Selain itu tenaga kebersihan bisa dengan mudah membersihkan meja. Mereka pun bisa dengan mudah mengetahui bagian mana yang masih berantakan dan kotor. 

Lebih hemat dalam segi maintenance

Ruangan sekat biasanya akan lebih boros dari segi perawatan. Misalnya saja jika di kantor terdapat banyak ruangan bersekat, maka diperlukan banyak pendingin ruangan. Hal ini akan membuat perusahaan lebih banyak mengeluarkan dana untuk perawatan. Namun, dengan open space, perusahaan bisa lebih berhemat karena dapat menggunakan AC central yang terpusat di beberapa titik saja.

Mempermudah ruang gerak

Tak dapat kita hindari bahwa ruang gerak menjadi salah satu hal penting di dalam sebuah kantor. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan kamu untuk bergerak dan melakukan banyak hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Area open spcae akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk lebih bebas bergerak dan berinteraksi dengan rekan kerja lain.

Meningkatkan produktivitas karyawan 

Ruang cubicle biasanya akan membuat suntuk dan pikiran menjadi terhimpit. Hal ini bisa mengurangi tingkat kreativitas dan juga produktivitas karyawan. Namun hal ini bisa dicegah dengan area open space. Kondisi lingkungan yang terbuka dan transparan bisa memicu kreativitas karyawan lebih terbuka lebar. 

Jenis-jenis ruangan open spcae

(Interior Desain)

Setelah kamu mengetahui keunggulan dari ruangan open space, kini saatnya untuk mengetahui jenis-jenis ruangan terbuka. Faktanya, istilah open space ternyata tidak hanya berkaitan dengan kantor lho. Istilah ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan area di rumah atau bangunan lain. Berikut ini jenis-jenis ruangan terbuka yang bisa kamu tahu.

Rumah 

Rumah dengan konsep open space bisa sangat menyegarkan bagi penghuni rumah. Pasalnya sirkulasi udara akan terjaga dengan baik. Hal ini akan membuat seisi rumah menjadi lebih sehat karena pertukaran udara terjadi dengan lancar. Selain itu dengan rumah yang mengusung open space bisa meminmalisir penumpukan debu di rumah. Kamu pun bisa dengan mudah membersihkan rumah.

Perpustakaan 

Perpustakaan yang mengusung konsep ruang terbuka juga bisa sangat menyenangkan. Kamu akan lebih mudah menemukan katalog buku yang kamu perlukan. Selain itu suasana sepi pada perpustakaan bisa lenyap dengan konsep open spcae, karena kamu bisa menyaksikan orang lain berada di sekitarmu.

Gym atau Fitness Center

Area untuk olahraga yang mengaplikasikan konsep ruang terbuka bisa menjadi opsi yang menarik. Dengan begini maka pertukaran udara atau sirkulasi bisa terjadi dengan baik. Mengingat pusat olahraga akan dipenuhi banyak orang. Selain itu anggota gym yang berolahraga akan memproduksi keringat sehingga ruangan terbuka bisa memberikan kemudahan untuk bernapas. 

Hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan di ruangan open space

(Konig Neurath)

Setelah kamu memahami jenis-jenis ruangan terbuka, berikut ini ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada open space. Yuk kita simak apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada ruang terbuka tanpa sekat.

Hal yang seharusnya dilakukan

Beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah menyapa siapa saja yang duduk di dekatmu. Hal ini penting dilakukan agar suasana lingkungan bekerja bisa lebih nyaman. Selain itu kamu pun bisa berbagi roti atau makanan yang kamu bawa, dengan begini area bekerja akan lebih hangat. 

Hal yang tidak boleh dilakukan

Hal yang tidak boleh kamu lakukan di area open space, khususnya kantor adalah berteriak dengan sesuka hati atau tertawa terbahak-bahak. Selain mengganggu orang lain, ini juga akan membuat kamu dianggap kurang menghargai orang lain. Selain itu jangan meletakkan barang milikmu sembarangan. Hal ini karena bisa saja barang milikmu tertukar atau terbawa oleh orang lain.

Berada di ruang open space sangat menyenangkan dan membuat kamu lega. Namun, agar kondisi yang nyaman terus tercipta, kamu pun harus bisa menghargai orang lain di area terbuka tersebut. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.