Kamus Istilah Properti

Ruang Kerja

istilah properti

Ruang Kerja

Ruang kerja adalah tempat untuk melakukan kegiatan uang yang berhubungan dengan mata pencaharian atau sumber mencari nafkah.

Apa itu Ruang Kerja?

Berdasarkan KBBI ruang kerja adalah ruang yang dilengkapi dengans arana kerja seperti meja, kursi, komputer dan sebagainya untuk melakukan pekerjaan. Namun, ruang kerja tidak hanya sekedar administrasi saja melainkan bisa juga dalam bidang kreatif.

Fungsi dari Ruang Kerja

Ruang kerja tidak hanya ada pada kantor, tetapi bisa Pins aplikasikan di rumah. Ruang kerja di rumah bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun belajar. Bekerja di ruang kerja akan membawakan ambience berbeda dengan bekerja di ruangan lainnya. Ruang kerja membuat seseorang mampu bekerja dengan lebih produktif.

Jenis-Jenis Ruang Kerja

(iDEA-Grid.id)

Menurut Akmal pada buku Seri Menata Rumah Ruang kerja, kini SOHO atau Small Office Home Office menjadi pilihan banyak warga urban dalam mewujudkan keinginan untuk menjalankan bisnis di rumah masing-masing. Maka dari itu sudah lumrah rasanya membuat ruangan khusus untuk bekerja pada suatu rumah. Ini dia beberapa jenis ruang kerja pada sebuah hunian:

  • Ruang Kantor di Rumah

Mempunyai home office di dalam rumah sangat menyenangkan. Ruang kantor di rumah ini adalah area atau ruangan dalam rumah yang berguna untuk tempat bekerja atau tempat menghasilkan sebuah ide. Hal-hal pada home office ini tak jauh beda dengan yang ada pada ruang kantor pada umumnya. Agar Pins lebih berkonsentrasi, sebaiknya bangunlah home office pada bagian rumah yang tidak bising.

  • Sudut Membaca dan Bekerja

Ruangan yang satu ini bisa digunakan untuk bekerja, namun sifatnya temporer atau hanya dipakai pada saat-saat tertentu saja. Contohnya ketika Pins hendak meneruskan pekerjaan kantor yang belum rampung. Pins juga memakainya saat hendak membaca buku. Maka dari itu, sudut membaca dan bekerja tidak membutuhkan area yang luas. Cukup menempatkan kursi yang nyaman dan juga meja kecil yang bisa dibongkar pasang. 

  • Ruang Kerja Hobi

Tak semua pekerjaan berhubungan dengan laptop, komputer, kertas dan pulpen. Sebagian orang lebih memilih mengisi waktunya dengan melakukan kegiatan yang kreatif seperti melukis, menjahit, memainkan alat musik, dan lain sebagainya. Kegiatan kreatif tersebut sometimes bisa juga dijadikan sumber penghasilan atau bisnis. Maka dari itu, ruang kerja hobi ini dibangun khusus sesuai dengan hobi apa yang Pins sukai.

  • Perpustakaan di Dalam Rumah

Jika Pins suka membaca, perpustakaan di dalam rumah adalah sebuah ide terbaik. Dalam perpustakaan akan dipenuhi dengan berbagai buku favorit. Pins juga bisa meletakkan sudut kerja dan meja kantor di tengah-tengah ruangan perpustakaan ini. Praktis bukan?

Perlengkapan dan Furniture untuk Ruang Kerja

(IDN Times)

Setelah ruang kerja selesai dibangun, Pins perlu memikirkan perlengkapan serta furniture yang dibutuhkan untuk ruang kerja. Perlengkapan ini berguna untuk menopang kinerja seseorang dalam bekerja. Ini dia beberapa yang harus Pins pikirkan:

  • Kursi

Apapun jenis kerja yang dilakukan, seperti kursi akan selalu dibutuhkan. Namun, jenis kursi berbeda-beda. Pins bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Pada dasarnya kursi yang baik adalah kursi yang tingkat tingginya bisa diatur, sandaran punggungnya bisa diatur, serta dilapisi dengan bahan yang nyaman saat diduduki. Akan lebih nyaman jika kursi tersebut punya tekstur yang empuk, sehingga Pins tidak akan sakit walaupun harus duduk selama berjam-jam.

  • Meja

Dalam ruang kerja, biasanya terdapat dua jenis meja. Pertama adalah meja built-in yang memang sengaja dipilih dan dibuat sesuai dengan ukuran ruang kerja tersebut. Kedua, meja yang dapat dipindah-pindahkan. Lalu, ketiga meja komputer. Meja kerja pada umumnya dilengkapi dengan rak di bawahnya. Rak ini berguna untuk menyimpan perkakas untuk bekerja dengan rapi.

  • Tempat Penyimpanan / Rak

Rak atau tempat penyimpanan sangat dibutuhkan dalam ruang kerja. Menjadi tempat untuk menyimpan berbagai perkakas untuk kerja dengan rapi dan tertata. Rak yang biasanya digunakan adalah rak terbuka, lemari tertutup dan juga laci.

  • Lampu Belajar

Agar penglihatan tetap jelas walaupun di malam hari, letakkanlah lampu belajar pada meja kerja. Lampu belajar sangat berguna bagi kamu yang butuh bekerja dengan memperhatikan detail. Dengan lampu ini, jangkauan penglihatan Pins menjadi lebih jelas.

Pencahayaan pada Ruang Kerja

(liputan6.com)

Seperti apa yang sudah dibicarakan sebelumnya, pencahayaan pada ruang kerja merupakan sesuatu yang penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang ideal. Pins bisa menggunakan dua jenis pencahayaan yaitu:

  • Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami bisa Pins dapatkan dengan memberikan jendela dengan ukuran besar pada sisi ruang bekerja. Namun, jangan lupa untuk memberikan filter pada jendela seperti kerai, roller blind, kerai vertikal, kerai kain dan lain sebagainya agar cahaya yang masuk tetap bisa dikontrol.

  • Pencahayaan Buatan

Jika ruang kerja tidak memungkinkan untuk diberikan jendela pada sisi-sisinya. Gunakanlah pencahayaan buatan seperti general lighting (lampu yang dipasang pada langit-langit) dan task lighting (lampu dengan fungsi tertentu misalnya untuk membaca, menjahit atau melukis). 

Demikian informasi mengenai ruang kerja yang bisa kami sampaikan. Semoga berguna ya, Pins!