Kamus Istilah Properti

Ruang Kerja

istilah properti

Ruang Kerja

Ruang kerja adalah tempat untuk melakukan kegiatan uang yang berhubungan dengan mata pencaharian atau sumber mencari nafkah.

Apa itu Ruang Kerja?

Berdasarkan KBBI ruang kerja adalah ruang yang dilengkapi dengans arana kerja seperti meja, kursi, komputer dan sebagainya untuk melakukan pekerjaan. Namun, ruang kerja tidak hanya sekedar administrasi saja melainkan bisa juga dalam bidang kreatif.

Fungsi dari Ruang Kerja

Ruang kerja tidak hanya ada pada kantor, tetapi bisa Pins aplikasikan di rumah. Ruang kerja di rumah bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun belajar. Bekerja di ruang kerja akan membawakan ambience berbeda dengan bekerja di ruangan lainnya. Ruang kerja membuat seseorang mampu bekerja dengan lebih produktif.

Jenis-Jenis Ruang Kerja

(iDEA-Grid.id)

Menurut Akmal pada buku Seri Menata Rumah Ruang kerja, kini SOHO atau Small Office Home Office menjadi pilihan banyak warga urban dalam mewujudkan keinginan untuk menjalankan bisnis di rumah masing-masing. Maka dari itu sudah lumrah rasanya membuat ruangan khusus untuk bekerja pada suatu rumah. Ini dia beberapa jenis ruang kerja pada sebuah hunian:

  • Ruang Kantor di Rumah

Mempunyai home office di dalam rumah sangat menyenangkan. Ruang kantor di rumah ini adalah area atau ruangan dalam rumah yang berguna untuk tempat bekerja atau tempat menghasilkan sebuah ide. Hal-hal pada home office ini tak jauh beda dengan yang ada pada ruang kantor pada umumnya. Agar Pins lebih berkonsentrasi, sebaiknya bangunlah home office pada bagian rumah yang tidak bising.

  • Sudut Membaca dan Bekerja

Ruangan yang satu ini bisa digunakan untuk bekerja, namun sifatnya temporer atau hanya dipakai pada saat-saat tertentu saja. Contohnya ketika Pins hendak meneruskan pekerjaan kantor yang belum rampung. Pins juga memakainya saat hendak membaca buku. Maka dari itu, sudut membaca dan bekerja tidak membutuhkan area yang luas. Cukup menempatkan kursi yang nyaman dan juga meja kecil yang bisa dibongkar pasang. 

  • Ruang Kerja Hobi

Tak semua pekerjaan berhubungan dengan laptop, komputer, kertas dan pulpen. Sebagian orang lebih memilih mengisi waktunya dengan melakukan kegiatan yang kreatif seperti melukis, menjahit, memainkan alat musik, dan lain sebagainya. Kegiatan kreatif tersebut sometimes bisa juga dijadikan sumber penghasilan atau bisnis. Maka dari itu, ruang kerja hobi ini dibangun khusus sesuai dengan hobi apa yang Pins sukai.

  • Perpustakaan di Dalam Rumah

Jika Pins suka membaca, perpustakaan di dalam rumah adalah sebuah ide terbaik. Dalam perpustakaan akan dipenuhi dengan berbagai buku favorit. Pins juga bisa meletakkan sudut kerja dan meja kantor di tengah-tengah ruangan perpustakaan ini. Praktis bukan?

Baca Juga: Desain Ruang Kerja yang Baik

Perlengkapan dan Furniture untuk Ruang Kerja

(IDN Times)

Setelah ruang kerja selesai dibangun, Pins perlu memikirkan perlengkapan serta furniture yang dibutuhkan untuk ruang kerja. Perlengkapan ini berguna untuk menopang kinerja seseorang dalam bekerja. Ini dia beberapa yang harus Pins pikirkan:

  • Kursi

Apapun jenis kerja yang dilakukan, seperti kursi akan selalu dibutuhkan. Namun, jenis kursi berbeda-beda. Pins bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Pada dasarnya kursi yang baik adalah kursi yang tingkat tingginya bisa diatur, sandaran punggungnya bisa diatur, serta dilapisi dengan bahan yang nyaman saat diduduki. Akan lebih nyaman jika kursi tersebut punya tekstur yang empuk, sehingga Pins tidak akan sakit walaupun harus duduk selama berjam-jam.

  • Meja

Dalam ruang kerja, biasanya terdapat dua jenis meja. Pertama adalah meja built-in yang memang sengaja dipilih dan dibuat sesuai dengan ukuran ruang kerja tersebut. Kedua, meja yang dapat dipindah-pindahkan. Lalu, ketiga meja komputer. Meja kerja pada umumnya dilengkapi dengan rak di bawahnya. Rak ini berguna untuk menyimpan perkakas untuk bekerja dengan rapi.

  • Tempat Penyimpanan / Rak

Rak atau tempat penyimpanan sangat dibutuhkan dalam ruang kerja. Menjadi tempat untuk menyimpan berbagai perkakas untuk kerja dengan rapi dan tertata. Rak yang biasanya digunakan adalah rak terbuka, lemari tertutup dan juga laci.

  • Lampu Belajar

Agar penglihatan tetap jelas walaupun di malam hari, letakkanlah lampu belajar pada meja kerja. Lampu belajar sangat berguna bagi kamu yang butuh bekerja dengan memperhatikan detail. Dengan lampu ini, jangkauan penglihatan Pins menjadi lebih jelas.

Pencahayaan pada Ruang Kerja

(liputan6.com)

Seperti apa yang sudah dibicarakan sebelumnya, pencahayaan pada ruang kerja merupakan sesuatu yang penting untuk mendapatkan kondisi kerja yang ideal. Pins bisa menggunakan dua jenis pencahayaan yaitu:

  • Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami bisa Pins dapatkan dengan memberikan jendela dengan ukuran besar pada sisi ruang bekerja. Namun, jangan lupa untuk memberikan filter pada jendela seperti kerai, roller blind, kerai vertikal, kerai kain dan lain sebagainya agar cahaya yang masuk tetap bisa dikontrol.

  • Pencahayaan Buatan

Jika ruang kerja tidak memungkinkan untuk diberikan jendela pada sisi-sisinya. Gunakanlah pencahayaan buatan seperti general lighting (lampu yang dipasang pada langit-langit) dan task lighting (lampu dengan fungsi tertentu misalnya untuk membaca, menjahit atau melukis). 

Bekerja membutuhkan konsentrasi dan fokus yang jelas. Sementara aktifitas didalam rumah lebih berkesan eklektif, santai dan jauh dari kesan formal. Dengan beberapa tips ini, rumah bisa ditata selayaknya kantor yang mampu mendukung kerja profesional tapi tetapi tak meninggalkan kesan santai selayaknya sebuah hunian.

Space Khusus untuk bekerja

Hal pertama sebagai syarat untuk menghadirkan sebuah nuansa profesional di dalam rumah adalah adanya space khusus. Tak perlu besar berikan space tersebut sebagai tempat untuk mendukung kegiatan profesional kerja seperti misalnya bekerja di depan laptop atau komputer. Sementara sisanya bisa tetap dipakai sebagai sarana beraktifitas keluarga.

Workshop Pribadi

Desain Ruang Kerja Di Rumah

Jika pekerjaan membutuhkan workshop tentu harus terdapat ruang tersendiri yang tersedia. Bagi rumah dengan space lahan , hal tersebut akan sangat sempurna untuk dimanfaatkan. Jadikan ini sebagai ruangan khusus workshop dan kerja. Selain jauh dari gangguan, konsentrasi saat bekerja juga tak akan terpecah dengan aktifitas keluarga.

Tata Peralatan dan Perlengkapan Kerja Pada Satu Titik Saja

Agar tak berserakan serta mendukung fokus saat bekerja, ada baiknya untuk memusatkan peralatan dan perlengkapan pendukung pekerjaan pada satu titik saja. Ini akan memudahkan pada saat beraktifitas kerja. Tak hanya itu, menata pada satu titik bisa memusatkan seluruh perlengkapan kerja dari jangkauan anak.

Bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan. Selain tak perlu jauh dari keluarga sehingga konsentrasi tidak terpecah.  Hal ini bisa menjadikan keluarga mengerti tentang aktifitas pekerjaan yang dijalani. Tentunya akan menanamkan nilai positif yang terus berkembang antar anggota keluarga. Selain itu, dari segi budgeting juga sangat efektif, karena biaya-biaya yang biasa dihabiskan dijalan saat pergi kekantor dapat ditekan. 

Tips membuat ruang kerja

  • Pencahayaan yang cukup, ruang kerja yang terlalu gelap akan mengurangi produktifitas karena ada kemungkinan besar untuk mengantuk.
  • Sebisa mungkin mendapat sinar matahari secara langsung, hal ini untuk mengurangi penggunaan listrik sekaligus menjaga kelembaban ruangan agar benih-benih kuman tidak sempat berkembang biak.
  • Sirkulasi udara yang baik, ruang kerja sebaiknya terdapat jendela atau lobang ventilasi sebagai tempat lalu lintas udara bersih masuk dan keluar ruangan.
  • Pemadangan yang bagus, jika ada sisi yang memungkinkan untuk melihat pemandangan alam secara langsung maka bisa ditaruh jendela pada sisi dinding tersebut.

Baca juga: 5 Desain Ruang Meeting Kecil Kekinian yang Buat Kerja Jadi Nyaman

  • Ruangan tidak terlalu bising, jika rumah terletak disamping jalan raya dengan lalu lintas kendaraan padat maka bisa membangun dinding tebal disertai material pelapis yang mampu meredam suara dari luar.
  • Dekat dengan fasilitas kamar mandi atau WC namun tetap terjaga kebersihanya sehingga tidak bau saat bekerja.
  • Jika ada anggota keluarga yang tergolong masih anak-anak maka perlu diatur sedemikian rupa agar aktifitas bermain anak tetap dapat berjalan dengan baik namun tidak mengganggu kegiatan bekerja di rumah.
  • Menggunakan material bangunan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga kesehatan anggota keluarga tetap terjaga dengan baik.

Baca juga:

Desain Ruang Kerja Terbaik dan Nyaman
4 Tips Membangun Ruang Kerja di Rumah, Wajib Tahu!
  • Penataan furniture juga perlu didesain sedemikian rupa agar efisien, rapi dan mendukung semangat dalam bekerja.
  • Ketinggian plafond yang cukup, minimal 2,8m agar ruangan tidak terasa panas. Sehingga diharapkan dapat mengurangi penggunaan AC.
  • Hiasan dinding yang sesuai dengan tema pekerjaan, contohnya jenis pekerjaan perbankan akan lebih baik jika memasang lukisan bunga.
  • Mengatur perletakan instalasi listrik dengan rapi dan aman dari bahaya konsleting. Menghindari adanya kabel yang terpasang berantakan. Jika lokasi meja berada ditengah ruangan maka bisa menggunakan floor dak sebagai tempat memasang stop kontak dibawah lantai.

Baca Juga: 5 Desain Ruang Meeting Kecil Kekinian yang Buat Kerja Jadi Nyaman

Demikian informasi mengenai ruang kerja yang bisa kami sampaikan. Semoga berguna ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.