Kamus Istilah Properti

Onboarding

istilah properti

Onboarding

Onboarding adalah proses memperkenalkan karyawan baru pada pekerjaan, budaya, dan peraturan yang terdapat di tempat kerja.

Apa itu Onboarding?

onboarding
(Pixabay)

Onboarding adalah proses memperkenalkan karyawan baru pada pekerjaan, budaya, dan peraturan yang terdapat di tempat kerja. Proses ini akan membantu karyawan untuk cepat beradaptasi dan bekerja secara efektif.

Manfaat Onboarding

onboarding
(Pixabay)

Onboarding adalah salah satu tahapan penting bagi seorang karyawan. Karena pada tahap ini karyawan akan mengenal pekerjaannya, budaya kerja, rekan kerja, dan peraturan yang terdapat dalam tempat kerjanya. Namun, apa sih sesungguhnya manfaat dari melakukan onboarding ini? Ini lah penjelasannya.

1. Membantu Karyawan Beradaptasi

Ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan melakukan onboarding atau orientasi akan membantu karyawan baru dalam beradaptasi terhadap lingkungan kerjanya yang baru. Biasanya onboarding akan dilakukan dengan cara berkeliling kantor memperkenalkan orang-orang dan lingkungan perusahaan.

2. Memahami Deskripsi Pekerjaan

Saat proses onboarding karyawan baru juga akan diperkenalkan dengan deskripsi pekerjaan yang akan ia kerjakan. Jika Pins akan melakukan onboarding dengan HR, pastikan bahwa Pins memahami deskripsi pekerjaan saat dijelaskan. Karena hal ini berkaitan erat dengan kelancaran Pins bekerja nantinya. Jadi jika masih ada hal yang belum Pins mengerti, tanyakan pada HR atau atasan langsung Pins agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Visi dan Misi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki visi dan misi. Kedua hal tersebutlah yang terus memacu perusahaan untuk terus bergerak maju. Nah, pada tahap onboarding, biasanya HR akan menjelaskan mengenai visi dan misi perusahaan.

4. Memperkenalkan Peraturan dan Budaya Kerja

Sama seperti visi dan  misi, setiap perusahaan juga memiliki peraturan dan budaya kerja yang harus ditaati. Namun, budaya dan peraturan ini dapat berbeda-beda di tiap perusahaan. Misalnya di perusahaan A diperbolehkan menggunakan pakaian yang santai dan fleksibel, namun tidak di perusahaan B. Nah, pada tahap ini, Pins sebagai karyawan baru harus benar-benar mendengarkan apa saja peraturan kerja yang perlu ditaati agar tidak melanggarnya, ya! 

Selain itu pada tahap onboarding, Pins juga akan diperkenalkan dengan budaya kerja yang ada di perusahaan. Di tahap ini, Pins akan mempelajari budaya kerja baru yang ada di tempat kerja. Pins akan melihat bagaimana orang-orang bekerja dengan budaya yang berbeda.

Cara Melakukan Onboarding dengan Efektif

onboarding
(Pixabay)

Jika Pins adalah orang yang bekerja dalam tim Sumber Daya Manusia (atau Human Resources (HR), terdapat beberapa cara yang dapat Pins coba agar kegiatan onboarding untuk karyawan baru berjalan secara efektif. Cara-cara tersebut, antara lain :

1. Menyiapkan dan Menjelaskan Kontrak Kerja

Langkah pertama yang perlu Pins lakukan sebagai pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) adalah menyiapkan dan menjelaskan kontrak kerja pada karyawan baru. Hal ini adalah proses yang sangat penting, karena pada tahap ini adalah dimulainya kesepakatan antara karyawan dengan pihak perusahaan. 

Selain itu, Pins juga perlu menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kontrak kerja seperti upah, waktu kerja, dan hal-hal sensitif lainnya yang berkaitan dengan kesepakatan kerja. Ini perlu disampaikan kepada karyawan dengan jelas agar karyawan tidak salah mengerti tentang perjanjian yang telah dibuat bersama.

2. Menyiapkan Kebutuhan Karyawan

Selain menyiapkan kontrak kerja, hal selanjutnya yang perlu Pins persiapkan adalah kebutuhan karyawan saat bekerja. Misalnya meja dan peralatan kerja karyawan, absensi, serta hal-hal lain yang dapat menunjang kelancaran pekerjaan karyawan. Hal ini perlu dipersiapkan oleh HR agar karyawan tidak bingung dan kesulitan saat bekerja.

3. Menjelaskan Visi Misi, Peraturan, dan Budaya Kerja

Tahap selanjutnya adalah menjelaskan visi misi, peraturan dan budaya kerja yang ada di perusahaan. Hal ini telah dijelaskan sebelumnya. Dengan menjelaskan visi misi, peraturan dan budaya kerja, tentu Pins sebagai pengelola SDM dapat mempermudah karyawan dapat beradaptasi terhadap lingkungan kerja barunya.

4. Memperkenalkan Karyawan Baru Kepada Seluruh Karyawan

Selain menjelaskan visi misi, peraturan dan budaya kerja, memperkenalkan karyawan baru juga sangat penting loh! Dengan ini seluruh karyawan perusahaan akan mengenal karyawan baru. Hal ini juga mempermudah karyawan baru untuk berkenalan dengan rekan kerjanya. Sehingga proses ini akan mempermudah karyawan bekerja dengan karyawan lainnya.

Itulah informasi mengenai apa itu onboarding, apa pentingnya onboarding, manfaat onboarding, dan cara melakukannya dengan efektif. Semoga bermanfaat!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.