BlogPemilik PropertiDesain HunianPilihan Model Rumah Batako Unik Untuk Hunian
0
0

Pilihan Model Rumah Batako Unik Untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 18, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
rumah batako uniktop-right-banner

Dalam membangun sebah rumah pastinya perlu banyak pertimbangan dalam memilih material. Mulai dari pondasi rumah, bagian eksterior, dan bagian interior memerlukan material yang mumpuni supaya rumah tegak dengan kuat. Zaman dahulu banyak orang yang membangun rumah dengan menggunakan batu bata merah, namun penggunaan batu bata merah mulai tergeser oleh batako sehingga memunculkan banyak rumah batako unik.

Keunikan dari penggunaan material batako ini nyatanya bisa kamu peroleh melalui berbagai hal. Lewat artikel ini, Pins bisa mendapat inspirasi model rumah batako unik, lho!

Jika Pins tidak ingin repot membangun dari nol, maka kamu bisa memperoleh tempat tinggal baru yang nyaman dan siap untuk dihuni tanpa harus renovasi di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, ada opsi Take Over KPR di aplikasi Pinhome untuk membantumu membeli hunian KPR orang lain.

Baca juga:

Mengenal Material Batako

Source : Pinterest

Batako atau bisa juga Pins sebut dengan batu bata merupakan batu yang dipadatkan yang terbuat dari campuran material seperti pasir, semen, kapur, dan kricak. Batako memiliki istilah concrete brick yang berarti batu bata betok. Istilah itu tersemat karena batako cukup mirip dengan paving block yang biasa digunakan untuk membangun jalan. 

Namun berbeda dalam pembuatannya, pada umumnya batako dibuat dengan cara dicetak dari bahan pasir, semen, dan air yang dijadikan satu. Selain itu berbeda juga dengan batu bata merah yang dalam pembuatannya dengan dibakar dalam suhu tinggi, batako setelah tercetak hanya perlu dijemur di tempat yang teduh. 

Baca juga: Model Paving Block Halaman Rumah Sederhana

Inspirasi Model Rumah Batako Cantik untuk Hunianmu

Setelah mengenal batako dengan lebih rinci, tentu Pins juga penasaran dengan desain rumah batako unik yang sederhana namun elegan. Seiring perubahan zaman, banyak orang yang membangun rumah bernuansa alam dengan menerapkan konsep model rumah batako. Berikut ada beberapa rekomendasi desain rumah dengan batako yang dapat Pins jadikan inspirasi.

1. Dinding Rumah dengan Batako Beton

Source : Pinterest

Jenis batako yang satu ini merupakan campuran dari semen portland (PC), pasir, dan air yang dicetak berbentuk persegi panjang atau bisa juga sesuai pesanan yang diinginkan. Seperti namanya, batako beton memiliki ketahanan yang cukup kuat. Selain kuat, batako beton atau bataton dapat Pins gunakan sebagai komponen utama dalam membangun dinding rumah. 

Dinding rumah dengan bataton yang disusun dengan rapi dapat menghasilkan desain eksterior rumah yang keren lho. Penggunaan bataton sebagai dinding rumah sangat memberikan kesan alam yang kuat. 

Bila ingin, Pins tidak perlu menambahkan cat untuk melapisi bataton tersebut. Pada dasarnya bataton sudah memiliki warna yang cukup bagus, Pins cukup menghaluskan bagian yang masih kasar atau kurang rata. Lalu haluskan permukaan dinding sehingga dapat menghasilkan dinding rustic yang tetap elegan. 

Baca juga: Perbedaan Interior dan Eksterior Pada Desain Rumah

2. Dinding Batako dengan Ukiran Benua

Source : Pinterest

Inspirasi model rumah batako unik selanjutnya yang dapat Pins aplikasikan adalah highlight pada dinding rumah. Kamu dapat mengukir atau membuat karya seni seperti ukiran benua pada dinding rumah. Desain dinding ini dapat kamu aplikasikan untuk bata merah maupun batako. Tentunya tidak seluruh dinding yang mendapat sentuhan ukiran benua. Kamu bisa memilih dinding bagian dalam di ruang tamu atau ruang kumpul keluarga. 

Dengan batako yang tersusun rapi dan telah dihaluskan, Pins dapat melapisi dinding dengan cat putih sebagai warna dasar. Namun tidak seluruhnya, sebelum itu bentuk dahulu pola-pola gambar benua yang akan menjadi konsep pada desain ini. 

Jika sudah, biarkan bagian dalam gambar benua tersebut tidak ikut dicat. Dengan warna dasar batako yang elegan sudah cukup untuk menjadi warna pada pola benua. Desain ukiran benua ini seperti memberikan kesan unik pada dinding ruang rumah Pins. 

Konsep deconstructed seperti ini sudah cukup banyak digunakan pada rumah atau cafe tempat nongkrong lho! Jadi dinding ini sangat cocok untuk menjadi pilihan rumah batako unik milik kamu.

Baca juga: Perbandingan Dinding Batu Bata dan Batako

3. Dinding Rumah dengan Batako Roster

Source : Pinterest

Batako memiliki beberapa macam jenis yang cukup unik, salah satunya adalah batako roster yang akan mengesankan. Bentuk dari batako roster ini berbeda dengan batako pada umumnya karena terdapat lubang-lubang yang sengaja dibuat. Batako roster ini cocok untuk Pins bangun sebagai dinding sekat di dalam rumah. 

Dengan bentuknya yang berongga-rongga dapat berfungsi sebagai tambahan sirkulasi udara di dalam rumah. Selain itu, dengan batako roster rumah Pins dapat terasa lebih lega dan adem karena tidak sepenuhnya tertutup. 

Batako roster dapat Pins pilih atau pesan sesuai keinginan. Jenis batako ini juga dapat dengan mudah Pins temukan di toko material atau pasar bahan bangunan dengan ragam bentuk dan motif yang unik. Jika ingin lebih berwarna, Pins dapat melapisi dinding batako roster ini dengan cat yang sesuai dengan desain rumah agar lebih cantik. 

Baca juga: 8 Ide Desain Panel Dinding untuk Mendukung Interior Rumah

4. Dinding Batako Gaya Scandinavian

Source : Pinterest

Bila Pins ingin membangun rumah dengan sentuhan alam dan sederhana namun tetap terkesan elegan, jangan lupa dengan gaya yang satu ini. Model scandinavian adalah sebuah konsep yang berasal dari bangsa Nordic yang tersebar pada beberapa negara seperti Denmark, Swedia, Norwegia, dan lainnya. 

Penggunaan batako pada dinding rumah dengan gaya scandinavian sangat cocok karena pada dasarnya konsep scandinavian mengutamakan kesan sederhana, sehingga rumah batako unik bisa terwujud dengan dinding yang satu ini. 

Pada gaya ini Pins perlu menata susunan batako dengan rapi sesuai dengan model scandinavian yang mengedepankan keelokan dan fungsional. Dinding batako tidak melulu dengan warna abu-abu yang pucat seperti gaya industrial, Pins dapat menggunakan batako yang memiliki warna agak putih ke abu-abuan karena bahan pembuatannya dengan semen putih. Dinding seperti ini cocok dengan gaya ruangan scandinavian yang sedikit akan perpaduan warna. 

Baca juga: 6 Model Dinding Batu Alam Agar Teras Rumah Terasa Lebih Menyejukkan

5. Dinding Batako Half and Half

Source : Pinterest

Jika Pins ragu dalam mengaplikasikan konsep batako ekspos pada dinding rumah karena karakternya yang terlalu rustic, Pins dapat menggunakan desain yang satu ini. Desain rumah batako yang satu ini mengesankan rumah dengan gaya setengah industrial dan setengah minimalis. 

Setengah dinding ke atas dapat Pins gunakan batako yang tersusun rapi dan setengah ke bawah Pins dapat gunakan pelapis dinding dengan kusen kayu berwarna putih. Dengan begitu Pins tetap dapat menghasilkan model rumah batako yang minimalis dengan nuansa alam. 

Baca juga: Desain Rumah Pohon Sederhana yang Unik dan Cantik

6. Fasad Dinding Batako

Source : Batako Pandawaland

Selanjutnya adalah rumah dengan fasad bangunan menggunakan batako. Di model ini, batako memiliki peranan penting untuk visual rumah yang unik karena pengaplikasiannya menyeluruh pada dinding bangunan.

Rumah batako unik ini menggunakan konsep industrial sehingga bangunan terlihat mencolok dibandingkan bangunan sekitar. Batako menjadi pilihan bijak untuk konsep ini karena tekturnya yang kasar.

Baca juga: 7 Model Pagar Industrial Minimalis, Bisa Jadi Spot Foto!

7. Ruang Tamu atau Ruang Keluarga dengan Dinding Batako

Source : Paraboaboa

Pins juga dapat memanfaatkan looks batako untuk ruang keluarga atau ruang tamu. Padukan dinding dengan hiasan seperti lukisan atau pajangan agar terasa lebih hidup.

Perabot dari kayu dengan dominasi warna coklat dan juga sofa abu-abu bisa menjadi kombinasi yang sempurna. Tambahan tanaman di dalam rumah untuk memberikan nuansa segar.

Baca juga: 15 Desain Pagar Batako Unik Tanpa Plester

8. Meja Dapur Batako

Source : Dezeen

Kamu juga dapat memanfaatkan batako untuk membuat dapur lebih unik. Pilihan lain di luar penggunaan batako untuk bagian dinding, Pins dapat menggunakannya sebagai meja dapur.

Susunan batako di dalam dapur memberikan kesan tegas melalui konsep industrial. Warnanya juga terlihat bersih karena dominasi warna abu-abu.

Itulah pembahasan mengenai batako dan beberapa inspirasi pengaplikasian desain rumah batako unik untuk Pins. Semoga bermanfaat dan membantu Pins dalam membangun rumah yang cantik, alami, dan sederhana. 

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Green Nature Parung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download