BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Panel Dinding Untuk Interior Rumah
0
0

8 Desain Panel Dinding Untuk Interior Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
panel dindingtop-right-banner

Unsur dekorasi dalam interior rumah memang kini mulai beragam. Tampilan dalam rumah dapat terlihat berbeda dan menarik dengan pemilihan desain yang tepat. Seperti halnya dalam menentukan desain panel dinding. Panel dinding muncul sebagai ide out of the box dari desain tembok yang monoton. Kini tembok dapat terlihat lebih menarik dan membuat suasana rumah kian nyaman dengan panel dinding.

Selain berfungsi sebagai pemanis ruangan, panel dinding juga dapat menutup dinding yang retak, tidak rata, maupun ada instalasi yang terlihat. Inilah mengapa sering disebut juga sebagai penutup bagian dinding. Nah, apa Pins masih ragu menggunakannya pada hunian? Sebelum memakainya, simak dahulu yuk beragam desain panel dinding untuk interior rumah yang lebih cantik!

Baca juga: 3 Cara Membuat Motif Garis Tembok Dengan Mudah Dan Rapi

Desain Panel Dinding

Ada banyak pilihan model panel dinding yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera, model rumah, maupun karaktermu. Mulai dari desain klasik ala rumah eropa, desain 3D, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Dinding Panel Klasik

Source : Ideal Home

Dinding panel tipe klasik memang sudah sering dipakai dalam rumah klasik Eropa dengan desain elegan. Dinding ini biasanya dibuat dengan warna coklat muda maupun putih sebagai pendukung ruang semakin indah, salah satunya adalah ruangan tidur. Namun, kini desain penerapannya semakin luas.

Pins bisa menaruh pada ruang tamu dengan warna yang ceria maupun tidak biasa, seperti warna abu-abu tua, hijau tosca, bahkan warna kuning cerah. Tampilan ruang tetap terlihat klasik namun tetap kekinian.

Padukan dengan furnitur warna senada maupun kontras seperti warna coral dan abu-abu pada dinding panel, ataupun warna kuning pada dinding dengan furnitur berbahan kayu. Tambahkan karpet dengan desain menarik sebagai pemanis. Ruang milik Pins tentu akan sangat berbeda.

Baca juga: Desain Pattern Wallpaper Kotak-Kotak

Panel Dinding 3D

Source : Ubuy

Nah, untuk Pins yang menyukai desain interior rumah mewah yang menarik dan artistik, panel model 3D bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan tekstur yang dapat disesuaikan, kamu bisa memilih sesuai dengan tema rumah dan tampilan yang kamu inginkan dalam ruang.

Untuk kesan sederhana, pilihlah motif yang tidak terlalu menonjolkan pola-pola pada dinding. Namun, untuk kesan yang tidak biasa, Pins bisa bermain dalam pola horizontal maupun diagonal dengan aksen menarik di dalamnya.

Baca juga: Fungsi Plin Keramik Dinding Di Rumah

Dinding Panel Dekoratif

panel dinding
Source : Panels Hub

Selain fungsi-fungsinya yang menarik baik sebagai hiasan dinding dan penutup dinding yang retak, panel tembok juga dapat difungsikan sebagai peredam suara. Dengan menggunakan model dekoratif, Pins bisa meredam suara. Seperti penggunaan bahan bivalen dan trivalen pada panel dindingmu. Kamu tetap dapat nonton film favorit bersama keluarga dengan suara keras, tanpa harus mengganggu tetangga.

Tidak hanya itu, kini panel dinding dekoratif pun bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Contohnya penggunaan material kayu yang dibuat miring, tegak lurus hingga bergelombang. Ini akan menambah estetika tampilang menarik dalam ruang.

Baca juga: Ini Dia 11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Panel Dinding Beton

Source : Archello

Jenis panel satu ini memiliki tampilan elegan dengan ketahanan maksimal menghadapi api. Cocok ditempatkan dalam hunian modern bergaya minimalis, panel tembok memiliki pola yang dapat disesuaikan. Setiap panel dinding yang dibuat telah melalui tahapan pengecoran dari bahan beton asli. Hal tersebut untuk memastikan keaslian dalam tampilan maupun bahan.

Selain dalam tampilan dinding ruang tamu, Pins bisa menggunakannya pada sisi tangga dengan model tangga berbahan kayu. Kedua material ini menjadi sangat harmonis bila disandingkan. Model panel ini juga tidak dapat menyerap cairan Pins, jadi aman terhadap rembesan.

Desain Bahan Granit

Source : Home Designing

Ternyata membuat rumah terlihat elegan itu cukup mudah lho, Pins! Kamu bisa menggunakan material granit sebagai anel dinding. Batu granit yang memang mempunyai harga cukup tinggi, selaras dengan tampilan berkelas yang dapat membuat hunian elegan. Baik lantai bahan granit maupun panel granit akan menampilkan suasana elegan tersendiri. 

Bila menggunakan panel berbahan granit, Pins bisa memadukan dengan dekorasi modern minim corak seperti salah satunya patung abstrak. Bila dalam ruang tv, dinding panel yang berfungsi pula sebagai rak tv akan membuat tampilan ruang tamu kian mewah. Coba gunakan warna lembut seperti putih, coklat muda, atau abu-abu muda pada panel tembok rumahmu.

Baca juga: Solusi Jika Dinding Rumah Retak

Dinding Panel Batu Bata

panel dinding
Source : Home Designing

Gaya industrial dalam tampilan ruang memang sungguh menarik terlihat. Beberapa diantaranya adalah penggunaan material bahan bangunan setengah jadi. Seperti penggunaan panel dengan model batu-bata, tembok tanpa pengecetan, hingga penggunaan barang bekas pakai. Hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai ciri khas tersendiri dari rumah milikmu. 

Panel dinding dengan tampilan batu bata dapat Pins jadikan pula sebagai penyekat ruang. Ini akan sekaligus mengemat ruang. Bila Pins ingin tampilan yang minimalis, Pins bisa menggunakan furnitur modern sebagai penyelaras didukung dengan pencahayaan alami yang natural.

Baca juga Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget

Model Panel Kaca

panel dinding
Source : Max Houzez

Glass wall panels atau biasa disebut dengan panel dinding kaca menjadi pilihan menarik pada kamar tidur. Ruang akan terlihat lebih luas dan dapat juga dibuat menarik dengan ornamen. Tambahkan beberapa tanaman hias di dalamnya agar kamar semakin nyaman dan padukan dengan furnitur sesuai tema dipilih.

Penempatan dinding panel ini pada hunian minimalis pun membuat rumah kian menarik. Tidak hanya itu Pins, kamu pun dapat bercermin secara leluasa tanpa gangguan. Siapa disini yang suka bercermin terus?

Baca juga: Penyebab Dinding Tembok Retak

Panel Tembok Serbaguna

panel dinding
Source : Hello Embryo Interior Design

Untuk panel dengan tipe serbaguna seperti di atas, memiliki fungsi ganda. Baik sebagai dekorasi penambah nilai estetika, panel tersebut juga dapat berfungsi sebagai tempat menaruh hiasan dinding atau barang kebutuhan rumah tangga. Panel ini biasanya berbahan kayu dengan variasi desain papan berlubang sebagai penyangga lukisan maupun rak.

Dalam penerapannya, Pins bisa memodifikasi sesuai keinginan. Contohnya penggunaan panel pada seluruh bagian dinding ataupun dibuat dekoratif dengan pemasangan 3 buah papan ataupun dibagi dalam dua bagian. Hal tersebut dapat disesuaikan dan juga membuat tampilan rumah lebih menawan.

Itulah rekomendasi desain panel dinding yang menarik diaplikasikan pada interior rumah. Pins bisa memilih sesuai kebutuhan, fungsi dan juga anggaran yang dimiliki. Dengan pemasangan panel tembok dekorasi dalam rumah, dijamin tampilan dalam rumah akan semakin menarik. Selamat mencoba!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download