Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 8 Ide Desain Panel Dinding untuk Mendukung Interior Rumah

8 Ide Desain Panel Dinding untuk Mendukung Interior Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 16 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Unsur dekorasi dalam interior rumah memang kini mulai beragam. Tampilan dalam rumah dapat terlihat berbeda dan menarik dengan pemilihan desain yang tepat. Desain panel dinding salah satunya. Masuk dalam komponen desain dinding rumah, panel tembok muncul sebagai ide out of the box dari desain tembok yang monoton. Kini tembok dapat terlihat lebih menarik dan membuat suasana rumah kian nyaman terlihat.

Pinhome – Fungsi menarik dari desain panel dinding selain sebagai pemanis ruangan juga dapat menutup dinding yang retak, tidak rata maupun ada instalasi yang terlihat. Inilah mengapa sering disebut juga sebagai penutup bagian dinding. Nah, apa Pins masih ragu menggunakannya pada hunian? Sebelum memakainya, simak dahulu yuk ragam desainnya terlampir. Siapa tahu salah satunya ada yang menarik perhatian.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Motif Garis Tembok Dengan Mudah Dan Rapi

Dinding Panel Klasik

(Ideal Home)

Dinding panel tipe klasik memang sudah sering dipakai dalam rumah bergaya Eropa dengan desain elegan. Dinding ini biasanya dibuat dengan warna coklat muda maupun putih sebagai pendukung ruang semakin indah. Salah satunya adalah ruangan tidur. Namun, kini desain penerapannya semakin luas. Pins bisa menaruh pada ruang tamu dengan warna yang ceria maupun tidak biasa, seperti warna abu-abu tua, hijau tosca bahkan warna kuning yang ceria. Tampilan ruang tetap terlihat klasik namun tetap kekinian.

Padukan dengan furnitur warna senada maupun kontras seperti warna coral dan abu-abu pada dinding panel, ataupun warna kuning pada dinding dengan furnitur berbahan kayu. Tambahkan karpet dengan desain menarik sebagai pemanis. Ruang milik Pins tentu akan sangat berbeda.

Baca Juga: Fungsi Plin Keramik Dinding

Panel Dinding 3D

(Ubuy)

Nah, untuk Pins yang menyukai tampilan dalam rumah yang menarik dan artistik, panel model 3D bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan tekstur yang dapat disesuaikan, kamu bisa memilih sesuai dengan tema rumah dan tampilan seperti apa yang kamu inginkan dalam ruang. Untuk kesan sederhana, pilihlah motif yang tidak terlalu menonjolkan pola-pola pada dinding. Namun, untuk kesan yang tidak biasa, Pins bisa bermain dalam pola horizontal maupun diagonal dengan aksen menarik di dalamnya.

Dinding Panel Dekoratif

panel dinding
(Panels Hub)

Selain fungsi-fungsinya yang menarik baik sebagai hiasan dinding dan penutup dinding yang retak, panel tembok juga dapat difungsikan sebagai peredam suara. Dengan menggunakan model dekoratif, Pins bisa meredam suara. Seperti penggunaan bahan bivalen dan trivalen pada panel dindingmu. Kamu tetap dapat nonton film favorit bersama keluarga dengan suara keras namun tidak mengganggu.

Tidak hanya itu Pins, kini panel dinding dekoratif pun bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Contohnya penggunaan material kayu yang dibuat miring, tegak lurus hingga bergelombang. Ini akan menambah estetika tampilang menarik dalam ruang.

Panel Dinding Beton

(Archello)

Jenis panel satu ini memiliki tampilan elegan dengan ketahanan maksimal menghadapi api. Cocok ditempatkan dalam hunian modern bergaya minimalis, panel tembok memiliki pola yang dapat disesuaikan. Setiap panel dinding yang dibuat telah melalui tahapan pengecoran dari bahan beton asli. Hal tersebut untuk memastikan keaslian dalam tampilan maupun bahan.

Selain dalam tampilan dinding ruang tamu, Pins bisa menggunakannya pada sisi tangga dengan model tangga berbahan kayu. Kedua material ini menjadi sangat harmonis bila disandingkan. Model panel ini juga tidak dapat menyerap cairan Pins, jadi aman terhadap rembesan.

Desain Bahan Granit

(Home Designing)

Ternyata membuat rumah terlihat elegan itu mudah, seperti apa? Dengan penggunaan material granit. Batu granit yang memang mempunyai harga beli cukup tinggi selaras dengan tampilan berkelas yang dapat membuat hunian elegan. Baik lantai bahan granit maupun panel granit akan menampilkan suasana elegan tersendiri. 

Bila menggunakan panel berbahan granit, Pins bisa memadukan dengan dekorasi modern minim corak seperti salah satunya patung abstrak. Bila dalam ruang tv, dinding panel yang berfungsi pula sebagai rak tv akan membuat tampilan ruang tamu kian mewah. Coba gunakan warna lembut seperti putih, coklat muda, atau abu-abu muda pada panel tembok rumahmu.

Baca Juga: Solusi Jika Dinding Rumah Retak

Dinding Panel Batu Bata

panel dinding
(Home Designing)

Gaya industrial dalam tampilan ruang memang sungguh menarik terlihat. Beberapa diantaranya adalah penggunaan material bahan bangunan setengah jadi. Seperti penggunaan panel dengan model batu-bata, tembok tanpa pengecetan, hingga penggunaan barang bekas pakai. Hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai ciri khas tersendiri dari rumah milikmu. 

Panel dinding dengan tampilan batu bata dapat Pins jadikan pula sebagai penyekat ruang. Ini akan sekaligus mengemat ruang. Bila Pins ingin tampilan yang minimalis, Pins bisa menggunakan furnitur modern sebagai penyelaras didukung dengan pencahayaan alami yang natural.

Model Panel Kaca

panel dinding
(Max Houzez)

Glass wall panels atau biasa disebut dengan panel dinding kaca menjadi pilihan menarik pada kamar tidur. Ruang akan terlihat lebih luas dan dapat juga dibuat menarik dengan ornamen. Tambahkan beberapa tanaman hias di dalamnya agar kamar semakin nyaman dan padukan dengan furnitur sesuai tema dipilih.

Penempatan dinding panel ini pada hunian minimalis pun membuat rumah kian menarik. Tidak hanya itu Pins, kamu pun dapat bercermin secara leluasa tanpa gangguan. Siapa disini yang suka bercermin terus?

Baca Juga: Penyebab Dinding Tembok Retak

Panel Tembok Serbaguna

panel dinding
(Hello Embryo Interior Design)

Untuk panel dengan tipe serbaguna seperti di atas, memiliki fungsi ganda. Baik sebagai dekorasi penambah nilai estetika, panel tersebut juga dapat berfungsi sebagai tempat menaruh hiasan dinding atau barang kebutuhan rumah tangga. Panel ini biasanya berbahan kayu dengan variasi desain papan berlubang sebagai penyangga lukisan maupun rak.

Dalam penerapannya, Pins bisa memodifikasi sesuai keinginan. Contohnya penggunaan panel pada seluruh bagian dinding ataupun dibuat dekoratif dengan pemasangan 3 buah papan ataupun dibagi dalam dua bagian. Hal tersebut dapat disesuaikan dan juga membuat tampilan rumah lebih menawan.

Itulah rekomendasi desain panel dinding yang menarik diaplikasikan pada interior rumah. Pins bisa memilih sesuai kebutuhan, fungsi dan juga anggaran yang dimiliki. Dengan pemasangan panel tembok dekorasi dalam rumah, dijamin tampilan dalam rumah akan semakin menarik. Selamat mencoba!

Baca Juga: Penyebab Tembok Rumah Retak


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel