BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Cara Mengatasi Limbah Rumah Tangga agar Tak Mencemari Lingkungan
0
0

12 Cara Mengatasi Limbah Rumah Tangga agar Tak Mencemari Lingkungan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Persoalan sampah dan pencemaran lingkungan memang dialami banyak negara di dunia. Jenis sampah yang cukup banyak jumlahnya adalah sampah rumah tangga. Ada beberapa cara mengatasi limbah yang dapat dibiasakan dari rumah.

Pinhome – Limbah dari sektor rumah tangga cukup berdampak pada lingkungan. Apalagi dengan jumlah penduduk yang begitu tinggi. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi limbah rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan.

1. Kurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai

(Pinterest)

Kantong plastik masih menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di Indonesia. Banyak rumah tangga yang menggunakan kantong plastik untuk berbagai kebutuhan. Kantong plastik sekali pakai ini akan menjadi sampah yang sulit terurai.

Pins yang cinta lingkungan sebaiknya mulai mengurangi atau stop penggunaan kantong plastik sekali pakai. Ada banyak alternatif untuk mengganti kantong plastik, seperti tote bag untuk belanja yang lebih ramah lingkungan.

2. Batasi penggunaan deterjen

(Pinterest)

Deterjen merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang menghasilkan limbah cair. Limbah deterjen adalah penyebab pencemaran air yang banyak ditemukan di kawasan perumahan. Kualitas air tanah pun akan menurun dan bahkan tidak layak konsumsi. Penggunaan deterjen mungkin tidak bisa  dihindari, namun Pins bisa membatasi penggunaannya untuk ikut serta menyelamatkan lingkungan.

3. Daur ulang barang bekas

(Pinterest)

Ada berbagai jenis limbah yang dihasilkan dari rumah tangga, tapi cara mengatasi limbah juga banyak jika Pins mau kreatif. Barang-barang yang tidak terpakai dan dibuang juga menjadi salah satu limbah rumah tangga yang membahayakan lingkungan.

Barang-barang bekas sebaiknya tidak langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah. Pins bisa mengolah barang-barang tidak terpakai tersebut, seperti menjadi kursi daur ulang, meja daur ulang, tas daur ulang, dan lain sebagainya.

4. Hindari penggunaan alat makan sekali pakai

(Pinterest)

Salah satu cara mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga adalah dengan menghindari penggunaan alat makan sekali pakai. Alat makan seperti piring, sendok, hingga sedotan plastik sekali pakai sebaiknya diganti dengan alternatif lain.

5. Mengolah sampah organik menjadi kompos

(Pinterest)

Setiap harinya, pasti ada limbah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga. Limbah ini mungkin dapat terurai di alam bebas. Namun jika jumlahnya banyak dan tergeletak lama di lingkungan, pastinya akan mengganggu.

Sampah organik biasanya menghasilkan bau yang tidak sedap. Selain itu, sampah organik juga bisa mengundang lalat yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi sebaiknya, limbah organik diolah dengan benar seperti diolah menjadi pupuk kompos.

6. Membatasi penggunaan pendingin ruangan

(Pinterest)

Pendingin ruangan yang digunakan di rumah dapat mencemari lingkungan. Alat ini menghasilkan limbah yang berupa zat freon yang bahkan berbahaya untuk ozon. Bijak menggunakan pendingin ruangan dapat membantu menyelamatkan bumi.

7. Hemat dalam penggunaan air

(Pinterest)

Air menjadi kebutuhan utama untuk kehidupan manusia. Namun penggunaan air yang berlebihan merupakan hal tidak baik karena akan meningkatkan jumlah limbah air rumah tangga. Pins yang sayang dengan lingkungan, sudah semestinya bijak dalam menggunakan air. Boros menggunakan air untuk mencuci, mandi, atau lainnya merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan segera.

8. Membuat ecobrick

(Pinterest)

Selanjutnya adalah dengan membuat ecobrick. Cara mengatasi limbah rumah tangga yang satu ini bahkan bisa menjadi sumber penghasilan baru. Ecobrick merupakan botol plastik bekas yang diisi dengan limbah-limbah plastik untuk membuat blok bangunan.

Beberapa produk dari hasil pengolahan sampah plastik ini antara lain furniture modular, dinding struktur, genteng plastik, perabotan indoor, dan masih banyak lagi. Mengolah sampah plastik seperti ini sangat baik untuk mencegah sampah menumpuk di TPA.

9. Memperbanyak tanaman di rumah

(Pinterest)

Cara mudah untuk membantu mengatasi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga adalah dengan memperbanyak tanaman di rumah. Menanam tanaman hias dan membuat taman di halaman dapat membantu menjaga kondisi udara di sekitar rumah.

Tanaman-tanaman yang di rumah dapat mengurangi polusi udara yang mungkin disebabkan oleh aktivitas rumah tangga. Selain itu, tanaman juga akan menghasilkan oksigen yang penting untuk kehidupan.

10. Menggunakan pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan

(Pinterest)

Ada banyak sekali jenis pembersih yang digunakan di rumah tangga. Sebagian besar memiliki kandungan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan. Limbah yang mengandung bahan kimia tersebut tidak jarang dibuang saja ke lingkungan.

Mulai sekarang, Pins bisa lebih menyayangi lingkungan dengan menggunakan produk pembersih secara bijak. Sebaiknya pilih produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Jangan lupa juga untuk membatasi penggunaannya.

11. Menggunakan kantong plastik berulang

(Pinterest)

Kantong plastik yang diperoleh saat belanja sebaiknya tidak langsung dibuang. Pins bisa menggunakan kantong plastik tersebut untuk keperluan lain seperti membungkus barang-barang di rumah agar tidak berdebu atau menggunakannya secara berulang.

12. Membatasi konsumsi air kemasan

(Pinterest)

Air minum kemasan mungkin menjadi bagian dari budaya masyarakat modern. Namun jumlahnya yang sangat banyak, limbah kemasannya membuat masalah pencemaran lingkungan yang cukup serius.

Sebaiknya mulai sekarang batasi konsumsi air kemasan. Pins bisa membawa botol air minum sendiri yang dapat digunakan berulang dan tentunya dapat mengurangi sampah.

Itulah 12 cara untuk mengatasi persoalan limbah rumah tangga yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan. Cara sederhana yang bisa dilakukan semua orang untuk mengurangi jumlah sampah di tempat pembuangan akhir.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download