BlogPemilik PropertiDesain HunianModel Paving Block Halaman Rumah Sederhana
0
0

Model Paving Block Halaman Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Bekti 

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Model Paving Block Halaman Rumahtop-right-banner

Rumah dengan halaman yang indah tentunya dapat memikat hati banyak orang. Untuk membuat halaman menjadi indah, kita bisa menatanya dengan menambahkan taman, kolam ikan, atau memakai model paving block halaman rumah yang sesuai.

Pinhome – Rumahku istanaku, adalah jargon yang biasa kita dengar untuk mendeskripsikan betapa nyamannya sebuah rumah ketika ditempati. Banyak aspek yang membuat rumah dikategorikan sebagai sebuah hunian yang nyaman, salah satunya adalah aspek estetika. Keindahan rumah juga perlu diperhatikan, karena tidak hanya dinikmati oleh pemilik rumah saja, tetapi juga para tamu yang datang. Mempercantik tampilan rumah bisa dimulai dengan menggunakan model paving block halaman rumah yang tepat.

Walaupun biasanya paving block digunakan untuk jalanan, tetapi sekarang juga bisa diterapkan pada halaman depan rumah, Pins. Penasaran dengan model paving depan rumah yang sesuai untuk halaman rumahmu? Berikut beberapa rekomendasi dan penjelasannya.

Mengenal Paving Block

Source : Vagusnet

Paving block juga biasa disebut dengan conblock merupakan salah satu material bangunan dan terbuat dari bahan keras berupa campuran semen dan pasir. Proses pembuatannya sendiri yaitu dengan cara dipress atau ditekan sedemikian rupa sehingga campuran semen dan pasir menjadi padat dan mengeras. Paving block tersedia dalam berbagai pilihan bentuk dan warna.

Beberapa jenis paving block yang biasa digunakan, seperti :

  • Model Batu Bata
  • Model Persegi
  • Model Heksagon
  • Model Trihex (Tri Heksagon)
  • Model Unipave

Selain jenis di atas, masih ada juga berbagai jenis paving block lainnya.

Memilih Paving Block dengan Tepat

Source : Paving Block Indonesia

Sebelum mulai membuat desain paving block, kita wajib memilih paving block dengan tepat. Jika asal pilih dan tidak memperhatikan kualitas, tentunya conblock yang dipasang di halaman rumah akan cepat mengalami kerusakan. Hal ini tentu tidak kamu inginkan ya, Pins. Nah, perhatikan hal-hal berikut ini pada saat memilih paving block :

Memakai Bahan Berkualitas

Source : Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paving block terbuat dari material semen dan pasir yang dicampurkan kemudian dipress. Agar dapat bertahan lama, pastikan kamu memilih paving block yang menggunakan material berkualitas. Penggunaan bahan baku terbaik menjadikan conblock menjadi kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah pecah atau hancur.

Memiliki Tekstur Kasar

Source : Pixabay

Paving block yang berkualitas tidak hanya kuat dan kokoh, tetapi juga memiliki tekstur yang kasar jika diraba. Contoh paving block yang bagus menggunakan bahan pasir yang telah diayak halus tanpa campuran lain kecuali semen. Jika conblock teksturnya halus, kemungkinan kandungan tanah di dalamnya cukup tinggi. Bila mudah patah atau pecah ketika tergores, berarti campuran semen yang digunakan terlalu sedikit.

Ukuran Presisi yang Tepat

Source : Putra Alam Sari

Model paving block halaman rumah yang bagus adalah yang memiliki ukuran presisi tepat. Mempunyai hasil cetakan yang rapi dan rata serta tidak berlubang. Sudut yang dimiliki juga runcing di setiap ujungnya. Hati-hati memilih paving dengan kerikil di dalamnya, bisa jadi tidak memiliki kualitas yang bagus.

Ukuran Seragam

Source : Indonesia Conblock

Selain memiliki presisi yang tepat, paving block yang baik juga memiliki ukuran yang seragam. Keseragaman ukuran ini akan memudahkan proses pemasangan paving block selanjutnya. Jika ukurannya tidak seragam, sudah pasti tidak akan bisa dipasang dengan benar.

Pilihan Model Paving Block untuk Halaman Rumah

Source : Liputan 6

Nah, Pins setelah mengetahui apa itu paving block dan bagaimana cara memilihnya, kini saatnya memilih model paving block halaman rumah yang sesuai. Berikut beberapa pilihannya :

Model Persegi Berwarna Hitam

Source : Ruang Arsitek

Model ini paling sering digunakan di berbagai hunian, baik sebagai bagian dari carport atau halaman depan rumah. Model persegi berwarna hitam bisa dikombinasikan dengan rumput hijau untuk membuat tampilan halaman rumah menjadi lebih berwarna.

Model Heksagon Berwarna

Source : Pavecon

Jika model persegi seperti di atas terlalu umum, maka kamu bisa menggunakan desain paving block model heksagon berwarna. Pilihan warna juga bisa disesuaikan, sesuai dengan keinginan kamu pribadi, Pins. Dengan model ini, halaman rumah menjadi lebih berwarna dan tentunya lebih elok dipandang mata.

Model Batu Bata Tertata Rapi

Source : Sarana Karya Abadi

Conblock model batu bata bisa menjadi alternatif selanjutnya. Mirip seperti model persegi, paving block jenis ini juga bisa dipadukan dengan rumput hijau untuk mempercantik halaman. Disusun secara rapat, halaman rumah sudah pasti terlihat lebih rapi.

Model Moonstone untuk Halaman Lebih Luas

Source : Insyinyur Bangunan

Paving block model moonstone memang memiliki bentuk desain yang unik. Penggunaannya, terutama pada halaman yang luas, dapat memberikan sentuhan keindahan tersendiri. Sebaiknya pilih model moonstone yang berwarna-warni agar halaman rumah lebih hidup.

Model Mirror untuk Jalan Setapak

Source : Shutterstock

Bagi Pins yang ingin membuat jalan setapak dari halaman menuju pintu masuk rumah, model paving block halaman rumah jenis mirror ini bisa menjadi pilihan. Bentuknya juga terbilang unik, sehingga ketika diaplikasikan bisa memberikan kesan indah pada halaman rumah.

Model Unipave untuk Dikreasikan

Source : Mahribeton

Paving block biasanya sudah memiliki bentuk dan cara penyusunan yang pasti. Jika Pins ingin berkreasi dengan membuat desain paving block lain, bisa menggunakan model unipave yang bisa dikreasikan ke dalam berbagai macam desain. Warna yang digunakan tentunya sesuai selera dan keinginan.

Itu dia, Pins berbagai macam model paving block halaman rumah yang bisa kalian aplikasikan di rumah. Kira-kira, kamu suka dengan model yang mana?

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download