BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Tips dan Cara Membuat Batako Secara Manual
0
0

15 Tips dan Cara Membuat Batako Secara Manual

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat ini banyak bangunan yang mulai memakai batako jika dibandingkan dengan hebel ataupun bata merah. Hal tersebut pastinya mempunyai alasan tersendiri, alasan umumnya dikarenakan harga satuan yang lebih murah dan pemasangan yang terbilang lebih cepat juga. Nah kali ini, Pinhome akan memberikan tips dan cara membuat batako secara manual.

Batako tidak hanya cocok untuk sebuah bangunan gedung, rumah, atau ruko saja, batako juga dapat digunakan untuk pembuatan pagar keliling dan dinilai efisien dan memakan waktu pengerjaan yang lebih cepat. Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membuat batako secara manual, ada baiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu, apa itu batako? Sini biar Pinhome jelaskan sedikit ya!

Cek juga penjelasan soal simulasi KPR dan cara cek estimasi harga rumah di Pinhome. Kamu juga bisa cek daftar rumah dijual di bogor dan rumah second di kota Jakarta Pusat di sini, lho. 

Baca juga: 

Apa Itu Batako

Source : Arto Brick

Batako merupakan sebuah batu bata padatan atau biasa disebut dengan concrete brick dimana terbuat dari beberapa bahan seperti kapur, pasir, kericak, dan semen. Adapun dalam proses pembuatannya Kamu harus mempunyai cetakannya terlebih dahulu, mau itu otomatis ataupun manual juga ada.

Material yang satu ini sangat berbeda dengan bata merah mulai ari warnanya seperti beton, ukuran yang jauh lebih besar dan memiliki teksutr jelas lebih keras. Unutuk itu banyak orang yang lebih suka menggunakan material satu ini, selain kuat untuk proses pemasangannya juga terbilang lebih cepat karena ukurannya yang lebih panjang dan besar.

Material untuk Membuat Batako

Source : Pixabay

Pada penjelasan diatas telah disebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat batako, tapi untuk lebih jelasnya akan Pinhome jelaskan lebih detail lagi sebagai berikut.

Bahan Utama

  • Semen
  • Kericak
  • Kapur
  • Pasir

Bahan Pendukung

  • Palu
  • Alat Cetak

Catatan :

Beberapa material seperti kapur dan kericak dapat di hilangkan, sehingga kalian hanya cukup menggunakan pasir dan semen sebagai bahan utamanya. Walaupun hanya itu saja bahan yang dipakai, akan tetapi tetap mempunyai kualitas yang sama, sehingga Kamu dapat pilih ingin menggunakan cara yang mana.

Kisaran Biaya Membuat Batako Manual

Source : Houzz

Lalu berapa besar sih biaya yang dibutuhkan untuk membuat batako sendiri manual? untuk biaya bisa disesuaikan berapa banyak yang mau Kamu buat. Untuk perhitungan kali ini merupakan hitungam per kubik, agar lebih detailnya, Kamu dapat simak penjelasan berikut ini.

  • Semen : Rp 56.000 per sak
  • Kapur : Rp 15.000 per kandi
  • Kerical : Rp 400.000 per kol
  • Alat Cetak : Rp 300.000
  • Palu : Rp 35.000
  • Pasir : Rp 300.000 per kol

Jika melihat biaya per material yang telah diuraikan di atas maka modal awal yang dibutuhkan untuk membuat batako per kubik yaitu sekitar Rp 1.106.000, dengan modal segitu Kamu dapat membuat lebih dari satu kubik. Karena pembelian pasir hanya dapat per kol, tidak dapat eceran seperti semen.

Baca juga: Tips Membeli Air Purifier dan Perbedaanya dengan Diffuser serta Humidifier

Cara Membuat Batako Manual

Source : Wonderwall Fashions

Nah, akhirnya kita masuk ke pembahasan utamanya nih Pins yaitu cara membuat batako secara manual, sebelumnya pastikan Kamu sudah memiliki semua bahan yang dibahas diatas ya. Proses pembuatannya dapat Kamu simak berikut ini:

1. Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu saring atau ayak agar batu yang ada di pasir tidak ikut terbawa, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik Kamu dapat menggunakan stremin dengan ukuran 1 cm agar tidak banyak batu yang akan terbawa.

2. Jika pasir telah halus, maka langkah selanjutnya yaitu mencampurkan bahan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, maka takarannya 7 banding 1 yang berarti 7 ember pasir dicampur dengan 1 ember semen.

3. Langkah berikutnya aduk semua menjadi satu hingga rata dan pastikan jika adonan tersebut sampai berwarna hijau seperti semen, jika dirasa telah merata semua maka tinggal melakukan proses pencetakan.

4. Lalu, Kamu dapat mengambil adonan lalu dimasukan kedalam alat cetakan manual, pastika pada saat memasukkan harus padat agar semua ruang terisi dan tidak ada ruang kosong.

5. Kemudia tinggal menutup dengan tutup alat cetakan, kemudian tinggal dipadatkan dengan cara dipukul menggunakan palu. Pada saat proses pemadatan usahakan Kamu melakukannya lebih dari 5 menit agar hasilnya lebih optimal.

6. Jika Kamu merasa sudah padat, maka langkah berikutnya tinggal melepaskan dari alat cetakan dan pada proses ini harus dilakukan dengan hati hati agar adonan tidak pecah atau terbawa pada cetakan manual tersebut.

7. Sampai tahap ini Kamu telah berhasil membuat sendiri batako dirumah, silahkan lakukan hingga semua adonan telah Kamu buat habis.

8. Jika semua bahan telah habis di cetak, maka langkah terakhir yaitu tinggal dijemur agar batako lebih keras.

Kesimpulan

Setelah Kamu memahami pembahasan yang telah Pinhome sampaikan di atas, tentunya Kamu dapat menyimpulkan bahwa caranya memang terbilang sangat mudah. Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara membuat batako secara manual disertai dengan bahan-bahan untuk pembuatannya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Lesehan Hemat Budget

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download