Pinhome

Tips Properti

Desain Rumah Pohon Sederhana yang Unik dan Cantik

Dipublikasikan oleh Febrina Putri ∙ 9 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah pohon biasanya sering dijumpai dalam film saja. Tak jarang rumah pohon dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak pada film. Sayangnya banyak sekali orang yang mengira bahwa rumah pohon sulit dibangun dan fungsinya yang sangat sedikit. Padahal rumah pohon bisa dibangun dan bisa memiliki fungsi yang bermanfaat lho! Bagi Pins yang tertarik untuk membuat rumah pohon sederhana yang unik dan cantik, yuk simak daftar desain rumah pohon yang sederhana pada ulasan di bawah ini!

Cara Membuat Rumah Pohon

Membuat rumah pohon memang tidaklah mudah. Namun Pins dapat menggunakan beberapa tips berikut ini untuk mempermudah proses pembangunan rumah pohon.

Memilih Pohon yang Tepat

Langkah pertama yang perlu Pins lakukan adalah memilih pohon yang kuat dan kokoh agar kuat jika dibangun rumah pada pohon tersebut. Pastikan pohon terdapat di lokasi yang strategis seperti tidak terlalu dekat dengan badan jalan, mudah diamati serta kuat.

Menginformasikan Dinas Tata Kota

Jika sudah menemukan pohon yang tepat untuk dibangun rumah pohon, tahap selanjutnya adalah menginformasikan Dinas Tata Kota sebelum Pins membangun rumah pohon. Usahakan pembangunan rumah pohon ini juga telah mendapat persetujuan orang-orang sekitar seperti tetangga maupun ketua RT di lingkungan tersebut.

Membuat Desain Rumah Pohon

Selanjutnya, Pins bisa mulai membuat desain rumah pohon. Hal ini diperlukan agar proses pembuatan rumah pohon lebih terarah dan jelas. Tuangkan segala ide dan inspirasi Pins ke dalam desain agar apa yang Pins inginkan dapat direalisasikan dengan lebih mudah.

Menyiapkan Material

Jika sudah membuat desain rumah pohon, Pins bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu menyiapkan material yang diperlukan untuk membangun rumah pohon. Pins bisa menyiapkan beberapa material penting seperti kayu, kayu penyangga serta peralatan yang akan digunakan saat akan membuat rumah pohon.

Mulai Membangun Rumah Pohon

Tahap selanjutnya adalah mulai membangun rumah pohon. Pins perlu memperhatikan desain rumah pohon yang telah Pins buat sebelumnya. Pastikan posisi dasar rumah pohon dibuat kuat dan kokoh serta tepat agar tidak jatuh dan membahayakan.

Rumah Pohon Sederhana Tanpa Atap

Desain Rumah Pohon Sederhana

(Pinterest)

Rumah pohon yang satu ini biasanya dibangun melingkar atau membentuk persegi yang memutari batang utama pohon. Desain rumah pohon yang sederhana ini dibangun tanpa dinding dan atap. 

Namun rumah pohon ini dilengkapi dengan lantai yang biasanya terbuat dari kayu disertai dengan railing. Meski tidak memiliki atap, rumah pohon yang satu ini kemungkinan besar tetap sejuk karena di atasnya terdapat ranting-ranting dan dedaunan dari pohon. 

Jadi jika dijadikan sebagai tempat bermain anak atau tempat berkumpul dengan keluarga rumah pohon yang satu ini tetap nyaman. Keuntungan membuat desain rumah pohon yang sederhana ini adalah cara membuat rumah pohon ini tergolong cukup mudah jika dibandingkan dengan desain rumah pohon lainnya.

Rumah Pohon Sederhana Tanpa Dinding

Desain Rumah Pohon Sederhana

(Pinterest)

Inspirasi desain rumah pohon yang sederhana selanjutnya adalah rumah pohon tanpa dinding. Rumah pohon yang satu ini memiliki lantai yang terbuat dari kayu. Berbeda dengan rumah pohon tanpa atap, rumah pohon ini memiliki atap namun tidak memiliki dinding. 

Biasanya rumah pohon ini menggunakan railing sebagai pembatas rumah pohon. Mirip dengan rumah pohon tanpa atap, cara membuat rumah pohon ini tergolong mudah. Pins bisa menggunakan tangga menggunakan tali yang dibentuk menjadi jaring atau tangga kayu berbentuk vertikal sebagai jalan masuk ke dalam rumah pohon.

Rumah Pohon Sederhana dengan Dinding ¾

Desain Rumah Pohon Sederhana

(Pinterest)

Rumah pohon yang sederhana yang satu ini memang telah banyak dibuat, terutama di luar negeri. Rumah pohon dengan dinding ¾ memiliki atap disertai dinding. Hanya saja dindingnya tidak dibuat semua, melainkan hanya tiga sisi saja yang dilengkapi dengan dinding. 

Pada bagian depan rumah pohon, Pins bisa menggunakan railing agar membuat rumah pohon menjadi tempat yang tetap aman untuk anak-anak. Pins bisa menambahkan ayunan di bawah rumah pohon jika jarak antara permukaan tanah dan bagian dasar rumah pohon cukup tinggi (jauh). Pins juga bisa menambahkan tangga pada bagian depan atau samping rumah pohon.

Rumah Pohon Sederhana Berbentuk Tabung

(Pinterest)

Jika dibandingkan dengan rumah pohon yang sederhana lainnya, cara membuat rumah pohon yang satu ini memang lebih sulit. Pins harus membentuk bagian lantai, dinding dan atap menjadi lingkaran agar membentuk suatu kesatuan atau tabung. Rumah pohon ini dapat diberi penyangga yang menyentuh bagian permukaan tanah atau dibuat penyangga yang menyandar pada batang utama pohon. Selain itu Pins bisa membuat jalan masuk kecil yang berbentuk balkon yang disertai anak tangga pada bagian ujung balkon.

Itulah ulasan mengenai tips cara pembuatan rumah pohon dan desain-desain rumah pohon yang sederhana yang dapat Pins coba. Usahakan untuk membuat desain sematang mungkin agar mempermudah Pins saat pembangunan rumah pohon. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Febri

Tags :

Bagikan Artikel