BlogPemilik PropertiDesain HunianDesain Rumah Pohon Sederhana yang Unik dan Cantik
0
0

Desain Rumah Pohon Sederhana yang Unik dan Cantik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah pohon sederhana biasanya sering dijumpai dalam film saja. Tak jarang rumah pohon dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak pada film. Sayangnya banyak sekali orang yang mengira bahwa rumah pohon sulit dibangun dan fungsinya yang sangat sedikit.

Padahal rumah pohon bisa dibangun dan bisa memiliki fungsi yang bermanfaat lho! Bagi Pins yang tertarik untuk membuat rumah pohon sederhana yang unik dan cantik, yuk simak daftar desain rumah pohon yang sederhana pada ulasan di bawah ini!

Namun sebelum itu jangan lupa untuk segera mengunduh aplikasi Pinhome. Tersedia layanan Titip Jual Sewa Rumah bagi pemilik hunian yang ingin membuka usaha di bidang properti. Kamu bisa pula mengiklankan hunian di sekitar Universitas Pertamina, sewa rumah di Pancoran hingga sewa apartemen di Ciputat.

Baca juga: Manfaat Menanam Pohon di Depan Rumah, Wujudkan Hunian Sehat!

Desain Rumah Pohon Sederhana

Desain rumah pohon sederhana ini bisa dijadikan rujukan untuk tempat bermain anak atau bersantai. Ketinggiannya bervariasi dan memiliki desain yang unik serta aktraktif bagi siapa saja yang melihatnya.

1. Rumah Pohon Sederhana Tanpa Atap

Desain Rumah Pohon Sederhana

Rumah pohon yang satu ini biasanya dibangun melingkar atau membentuk persegi yang memutari batang utama pohon. Desain rumah pohon yang sederhana ini dibangun tanpa dinding dan atap. 

Namun rumah pohon ini dilengkapi dengan lantai yang biasanya terbuat dari kayu disertai dengan model railing balkon. Meski tidak memiliki atap, rumah pohon yang satu ini kemungkinan besar tetap sejuk karena di atasnya terdapat ranting-ranting dan dedaunan dari pohon. 

Jadi jika dijadikan sebagai tempat bermain anak atau tempat berkumpul dengan keluarga rumah pohon yang satu ini tetap nyaman. Keuntungan membuat desain rumah pohon yang sederhana ini adalah cara membuat rumah pohon ini tergolong cukup mudah jika dibandingkan dengan desain rumah pohon lainnya.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Bentuk Rumah Minimalis

2. Rumah Pohon Sederhana Tanpa Dinding

Desain Rumah Pohon Sederhana

Inspirasi desain rumah pohon yang sederhana selanjutnya adalah rumah pohon tanpa dinding. Rumah pohon yang satu ini memiliki lantai yang terbuat dari kayu.

Berbeda dengan rumah pohon tanpa atap, rumah pohon ini memiliki atap namun tidak memiliki dinding. Biasanya rumah pohon ini menggunakan railing sebagai pembatas rumah pohon. Mirip dengan rumah pohon tanpa atap, cara membuat rumah pohon ini tergolong mudah.

Pins bisa menggunakan tangga menggunakan tali yang dibentuk menjadi jaring atau tangga kayu berbentuk vertikal sebagai jalan masuk ke dalam rumah pohon.

3. Rumah Pohon Dilengkapi Perosotan

Source : Pinterest

Rumah pohon ini memiliki atap limas dengan genteng abu-abu yang kontras pada cat dindingnya. Selain memiliki anak tangga untuk naik ke rumah pohonnya juga tersedia perosotan untuk turun dari rumah pohonnya.

4. Rumah Pohon Hexagon

Source : Pinterest

Apabila umumnya rumah memiliki atap datar maupun segitiga namun bangunan ini mempunyai atap heksagon. Tidak perlu ada jendela sebab rumah pohon melingkar tanpa dinding. Sebagai pengamannya cukup tambahkan jaring sebagai dinding pembatas.

5. Rumah Pohon Sederhana dengan Dinding ¾

Desain Rumah Pohon Sederhana

Rumah pohon yang sederhana yang satu ini memang telah banyak dibuat, terutama di luar negeri. Rumah pohon dengan dinding ¾ memiliki atap disertai dinding. Hanya saja dindingnya tidak dibuat semua, melainkan hanya tiga sisi saja yang dilengkapi dengan dinding. 

Pada bagian depan rumah pohon, Pins bisa menggunakan railing agar membuat rumah pohon menjadi tempat yang tetap aman untuk anak-anak.

Pins bisa menambahkan ayunan di bawah rumah pohon jika jarak antara permukaan tanah dan bagian dasar rumah pohon cukup tinggi (jauh). Pins juga bisa menambahkan tangga pada bagian depan atau samping rumah pohon.

6. Rumah Pohon Sederhana Berbentuk Tabung

Jika dibandingkan dengan rumah pohon yang sederhana lainnya, cara membuat rumah pohon yang satu ini memang lebih sulit. Pins harus membentuk bagian lantai, dinding dan atap menjadi lingkaran agar membentuk suatu kesatuan atau tabung.

Rumah pohon ini dapat diberi penyangga yang menyentuh bagian permukaan tanah atau dibuat penyangga yang menyandar pada batang utama pohon. Selain itu Pins bisa membuat jalan masuk kecil yang berbentuk balkon yang disertai anak tangga feng shui pada bagian ujung balkon.

7. Rumah Pohon Bertingkat

Source : Pinterest

Visualnya seperti benteng dengan rumah dua tingkatan. Bagian tingkat pertama dibuat layaknya balkon sementara lantai teratas memiliki atap sebagai pelindung. Terdapat jaring sebagai pengaman sekaligus area bersantai.

Baca juga: 9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Cara Membuat Rumah Pohon

Source : Pexels

Membuat rumah pohon memang tidaklah mudah. Namun Pins dapat menggunakan beberapa tips berikut ini untuk mempermudah proses pembangunan rumah pohon.

1. Memilih Pohon yang Tepat

Langkah pertama yang perlu Pins lakukan adalah memilih pohon yang kuat dan kokoh agar kuat jika dibangun rumah pada pohon tersebut. Pastikan pohon terdapat di lokasi yang strategis seperti tidak terlalu dekat dengan badan jalan, mudah diamati serta kuat.

2. Menginformasikan Dinas Tata Kota

Jika sudah menemukan pohon yang tepat untuk dibangun rumah pohon, tahap selanjutnya adalah menginformasikan Dinas Tata Kota sebelum Pins membangun rumah pohon. Usahakan pembangunan rumah pohon ini juga telah mendapat persetujuan orang-orang sekitar seperti tetangga maupun ketua RT di lingkungan tersebut.

3. Membuat Desain Rumah Pohon

Selanjutnya, Pins bisa mulai membuat desain rumah pohon. Hal ini diperlukan agar proses pembuatan rumah pohon lebih terarah dan jelas. Tuangkan segala ide dan inspirasi Pins ke dalam desain agar apa yang Pins inginkan dapat direalisasikan dengan lebih mudah.

4. Menyiapkan Material

Jika sudah membuat desain rumah pohon, Pins bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu menyiapkan material yang diperlukan untuk membangun rumah pohon. Pins bisa menyiapkan beberapa material penting seperti kayu, kayu penyangga serta peralatan yang akan digunakan saat akan membuat rumah pohon.

5. Mulai Membangun Rumah Pohon

Tahap selanjutnya adalah mulai membangun rumah pohon. Pins perlu memperhatikan desain rumah pohon yang telah Pins buat sebelumnya. Pastikan posisi dasar rumah pohon dibuat kuat dan kokoh serta tepat agar tidak jatuh dan membahayakan.

Itulah ulasan mengenai tips cara pembuatan rumah pohon sederhana dan desain-desain rumah pohon yang sederhana yang dapat Pins coba. Usahakan untuk membuat desain sematang mungkin agar mempermudah Pins saat pembangunan rumah pohon. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Baca juga:

Koordinator: Aileen

Editor: Febri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download